Sabtu, 04 Februari 2012

Blinking pada printer Epson R230

Lagi enak-enaknya ngeprint buat tugas besok tiba-tiba printer macet, lagipula muncul lampu merah berkedip-kedip, jika anda mengalami hal semacam itu tentunya pikiran pertama printer anda adalah error/macet/rusak, dan pasti anda akan membawanya ke tukang servis printer terdekat. Pertama anda jangan panik jika mengalami hal semacam itu, memang jenis printer epson mempunyai sifat yang seperti tersebut di atas yaitu yang dinamakan dengan blink. Masalah seperti ini mungkin sering terjadi jika anda sering memakai dan mengunakan printer ini. Printer yang dipasaran dijual seharga 1,2 juta-an tapi sekarang kayaknya udah naek sekitar 1,5 juta-an.


Masalah blinking ini ditandai dengan dua lampu indikator epson berkedap kedip secara bergantian dan berwarna merah. Ternyata trouble tersebut disebut blinking dan solusinya harus di reset ulang.
Printer epson jika telah digunakan mengeprint banyak, misalnya 500 lembar maka otomatis printer tersebut harus di reset ulang (reset), istilahnya. Nah, daripada printer anda dibawa ke tukang servis, biasanya biayanya antara Rp 70 ribu - Rp 100. ribu, sesuai dengan lokasinya, kali ini saya mau berbagi tips untuk mengatasi masalah blink tersebut.
Berikut langkah-langkah mengatasi hal tersebut di atas:
1. Anda harus mempunyai software yang fungsinya untuk mereset ulang printer anda, yang namanya SSC Service utility v4.30, jika anda belum mempunyai software tersebut silahkan download disini.
2. Jika download sudah selesai, lalu di install ke komputer anda.
3. Setelah itu nyalakan printer anda.
4. Lalu buka program yang telah anda install, tampilannya akan nampak seperti ini:
5. Setelah itu pilihlah jenis printer sesuai dengan printer anda, misalnya kali ini printer yang saya pilih jenis Epson Stylus Photo R220/R230.
6. Setelah dipilih jenis printer, lalu tutup dengan klik tanda (x) (pojok kanan).
7. Kemudian beralih ke icon sscserve sebelah kanan bawah dan klik kanan akan tampil menu sscserve, kemudian pilih protection counter dan pilih reset counter.


8. Setelah itu matikan printer dan hidupkan kembali. Maka blinking akan hilang dan printer kembali normal kembali. Hanya dengan beberapa menit printer kembali normal dan tidak mengeluarkan biaya servis.
Demikian tutorial singkat dalam mengatasi masalah blink pada printer epson.

source: http://gammanet.byethost6.com/blinking-pada-printer-epson-r230/

0 komentar:

 

Kumpulan Aplikasi Lengkap Komputer,Handphone dan Pengetahuan Pendidikan Published @ 2014 by Ipietoon