Jumat, 03 Mei 2013

download software pendeteksi gempa

 Gempa Bumi

Ada beberapa software pendeteksi gempa, mudah-mudahan hasilnya adalah akurat.
  1. Software pendeteksi gempa hasil kerjasama antara BMG dan LSM Air Putih.
  2. Software pendeteksi gempa versi lainnya yang dikeluarkan oleh sebuah badan internasional.
Kedua software tidak perlu diinstall, download filenya, extrac pada satu folder, dan jalankan file exe nya.
Yang Pertama :
Software gratis dari BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika) yang berisi informasi mengenai semua kejadian gempa maupun tsunami sekalipun di sekitar kita khusunya tanah air. Dalam sofware tersebut kita dapat mengetahui waktu dan tempat kejadian gempa, lokasi secara rinci berdasar garis lintang dan garis bujur serta kekuatan dari gempa tersebut. 
Informasi Gempa Bumi dan Potensi Tsunami, hasil analisa Badan Meteorologi dan Geofisika yang bekerja sama dengan LSM Air Putih.. Penyebaran informasi gempa dan tsunami ditujukan agar masyarakat bisa melakukan tanggap darurat yang cepat dan tepat.
Aplikasi berjalan di komputer dengan sistem operasi Windows. Dimana Komputer harus memiliki speaker.
Setelah menginstall software tersebut anda harus terhubung dengan koneksi jaringan internet untuk dapat terus mengetahui kejadian terbaru. Setiap informasi gempa dan tsunami terbaru akan dikirim secara otomatis melalui internet.  Jika ada informasi terbaru yang masuk akan disertai suara sirine dari speaker komputer.
Sofware ini biarpun program mini tapi jangan kuatir banyak keunggulannya. diantanya
  • Kita bisa mengetahui Kekuatan gempa
  • Kita bisa mengetahui tanggal dan jamnya
  • Kita bisa mengetahui lokasi berdasarkan Garis Litang dan Bujur
  • Juga lokasi yang jelas berdasarkan kota besar
  • Jika terjadi di laut maka kedalamannya pun akan ditunjukkan.
Dalam sofware tersebut kita dapat mengetahui waktu dan tempat kejadian gempa, lokasi secara rinci berdasar garis lintang dan garis bujur serta kekuatan dari gempa tersebut.
Memang Aplikasi yang di kembangkan oleh BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika) terlihat sangat minimalis alias biasa-biasa aja tapi informasinya yang sangat amat penting, mengenai informasi gempa bumi yang berpotensi tsunami. 
Yang Kedua :
Silahkan mencoba program yang satu ini, program ini dibuat untuk menampilkan data - data gempa yang terjadi di Indonesia dengan mengambil data dari www.BMKG.go.id atau dengan menampilkan gempa yang terjadi di seluruh dunia dengan mengambil data langsung dari www.usgs.gov. Disini anda dapat mengetahui langsung informasi gempa terbaru dari komputer anda
Anda juga harus terkoneksi langsung ke internet untuk dapat menggunakan program ini.
Program juga dilengkapi dengan alarm yang dapat disetting sesuai kebutuhan.
Program ini masih dapat dikembangkan lebih luas lagi, misalkan dengan menghubungkannya ke sms gateway, email notigication, peta dll.
Nah kami rasa kedua aplikasi ini dah memadai penggunaannya, diharapkan kita sudah melakukan persiapan apabila terjadi gempa maupun tsunami secara dini sebagai peringatan hingga kita dapat meminimaliris kerugian dan korban dari setiap kejadian.
Yach....tidak salahnya kita berusaha untuk berjaga-jaga untuk melindungi diri-sendiri, keluarga, teman, dan bangsa ini. Ada banyak ragam software pendeteksi gempa mulai dikeluarkan, ini adalah wujud nyata kepedulian sesama untuk saling melindungi.
Kontroversi :
Dengan tidak mengurangi rasa hormat pada para pakar yang telah bersusah payah membuat aplikasi ini, anehnya kenapa ya, sudah ada software ini kok selalu saja kita tidak siap menghadapi gempa bahkan kerugian pun semakin besar karena tidak adanya antisipasi kali.
DOWNLOAD APLIKASI  dan INSTALL NYA :
Aplikasi Pertama Download sebagai berikut.
Download dan Copy 3 buah file ini :
  1. bmg.exe 
  2. alert.wav 
  3. tsunami.wav
Simpan 3 file ini bersamaan dalam satu folder di komputer anda, klik file bmg.exe, kemudian klik connect, tunggu beberapa saat, maka informasi gempa dan tsunami yang terakhir akan muncul, dan siap menerima informasi gempa dan tsunami yang terbaru berikutnya yang akan disertai suara sirene. 
Atau download aplikasi dalam satu paket disini
Aplikasi Kedua Download nya disini 
Untuk BlackBerry software info gempa tsunami BMKG bisa di download di http://loka.7langit.com/
Ok semoga dapat bermanfaat dan dimanfaatkan

0 komentar:

 

Kumpulan Aplikasi Lengkap Komputer,Handphone dan Pengetahuan Pendidikan Published @ 2014 by Ipietoon