Laman

Selasa, 14 April 2015

CONTOH MAKALH TENTANG PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DASAR BAGI PEMULA DALAM KEBIDANAN

KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya tugas makalah individu tentang “PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DASAR BAGI PEMULA” ini dapat terselesaikan dengan tepat waktu.
Terimakasih kepada Bapak Zaidir dosen mata kuliah KOMPUTER  yang telah membimbing saya dalam materi mata kuliah KOMPUTER dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam memberikan masukan.
Semoga tugas makalah individu ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kampus Universitas Respati Yogyakarta pada khususnya dan kalangan pembaca pada umumnya. Saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari para pembaca.
Demikian tugas makalah individu ini dibuat dan disampaikan kepada pihak Universitas Respati Yogyakarta semoga bermanfaat bagi kampus pada khususnya dan kalangan pembaca pada umumnya.

                                                                                                                  penulis
                                                         
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ......................................................................................       i
DAFTAR ISI ....................................................................................................       ii
BAB I PENDAHULUAN .................................................................................     1
A.    Latar Belakang ....................................................................................       1
B.     Perumusan Masalah ............................................................................       1
C.     Tujuan Penulisan ................................................................................        2
D.    Manfaat ..............................................................................................                     2
BAB II PEMBAHASAN ..................................................................................      3
A.    PTI (Pengantar/Pengenalan Teknologi Informasi) .............................        3
B.     Sistem Operasi Komputer ...................................................................       4
C.     Keamanan Komputer/Virus ................................................................       5
D.    Applikasi MS Word ............................................................................       8
E.     Applikasi MS Excel ............................................................................     23
F.      Internet ................................................................................................    28
BAB III PENUTUP ..........................................................................................    31
A.    Kesimpulan .........................................................................................     31
B.     Saran ...................................................................................................     31
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Teknologi informasi adalah suatu elektronik yang telah di program dengan perintah dan cara-cara tertentu untuk dapat di jalankan oleh komputer agar dapat menghasilkan suatu keinginan yang telah diolah. Teknologi informasi merupakan langkah awal untuk mencari informasi-informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat.
Komputer adalah alat untuk mengolah data menjadi suatu informasi-informasi yang bermanfaat bagi semua orang yang membutuhkan, dengan bantuan program yang telah diberikan kepadanya, serta informasi yang telah dikemas dengan baik sesuai keinginan pengguna.
Pertama kali komputer dikenal sebagai suatu alat hitung sejak 300 tahun SM oleh bangsawan Yunani yang menggunakan ABACUS (sempoa) yang merupakan perkembangan dari CALCULUS (batu).
Menurut Blissmer “Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu menerima input (data), memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari processing (penggolahan), menyediakan output dalam bentuk informasi yang baik.”
B.     Rumusan Masalah
Bagaimana mahasiswa pemula mampu menguasai serta mengoperasikan teknologi informasi dasar ?
C.     Tujuan
1.      Tujuan Umum
Mampu menjalankan program-program komputer dengan baik.
2.      Tujuan Khusus
a.       Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian teknologi informasi.
b.      Mahasiswa dapat memilih program yang sesuai dengan yang diinginkan.
c.       Mahasiswa dapat lebih jauh menjalankan program-program dengan baik dan benar.
d.      Mahasiswa dapat membuat tugas-tugas yang diberikan sesuai perintah atau petunjuk yang diberikan.
D.    Manfaat
1.      Bagi Institusi
Dapat memberikan ilmu yang bermanfaat dalam dunia pendidikan, serta menambah sumber ilmu dan pengetahuan bagi para pembaca.
2.      Bagi Mahasiswa
Menambah ilmu pengetahuan serta menunjang keterampilan untuk mahasiswa pemula.
BAB II
PEMBAHASAN
A.    PTI (Pengantar/Pengenalan Teknologi Informasi)
Teknologi informasi adalah suatu elektronik yang telah di program dengan perintah dan cara-cara tertentu untuk dapat di jalankan oleh komputer agar dapat menghasilkan suatu keinginan yang telah diolah. Teknologi informasi merupakan langkah awal untuk mencari informasi-informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat yang digunakan dalam pembentukan penyimpanan, dan penyebaran informasi.
Sistem Informasi adalah sistem yang menggunakan teknologi komputer untuk mencatat (record), menyimpan (store), mengolah (process), mengambil kembali (retrieve), mengirim (transmit), menerima (receive)mengumpulkan, memproses, menganalisis dan menyebarkan informasi.
Informasi adalah sekumpulan fakta (data) yang diorganisir dengan cara tertentu sehingga mereka mempunyai arti bagi si penerima. Sebagai contoh, bila kita memasukkan nama-nama murid dengan nilai rata-rata, nama-nama konsumen dengan saldo bank, jumlah gaji dengna jumlah jam bekerja, kita akan mendapatkan informasi yang berguna. Dengan kata lain, informasi datang dari data yang akan diproses.
Komputer adalah alat untuk mengolah data menjadi suatu informasi-informasi yang bermanfaat bagi semua orang yang membutuhkan, dengan bantuan program yang telah diberikan kepadanya, serta informasi yang telah dikemas dengan baik sesuai keinginan pengguna.
B.     Sistem Operasi Komputer
Sistem operasi komputer adalah perangkat untuk mengolah data menggunakan komputer, sistem komputer terdiri atas elemen-elemen dasar berupa perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan manusia/perangkat cerdas (brainware).
1.      Perangkat kersa (hardware)
Perangkat kersa (hardware) merupakan peralatan dalam sistem operasi komputer yang secara fisik dapat dilihat ataupun disentuh. Kompenen utama dari perangkat keras sistem operasi komputer yaitu:
a.       Unit masukan adalah perangkat keras yang berfingsi untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer. Unit masukan itu terdiri atas alat masukan langsung dan alat masukan tidak langsung, misalnya: keyboard, mouse, scanner, disk, drive, touch screen, light pen, OCR, OMR, barcode reader, sensor dan lain-lain.
b.      Unit pusat pengelola (Central Processing Unit) adalah otak dari sistem komputer yang berguna untuk mengolah perintah program yang ada pada komputer ukuran mikro.
c.       Unit keluaran adalah perangkat keras komputer berguna untuk menampilakan atau mencetak
d.      Media penyimpanan (memory) berfungsi untuk menyimpan data, informasi dan program pengolahan.
2.      Perangkat lunak (software)
Perangkat lunak (software) merupakan serangkaian perintah dengan aturan tertentu yang mengatur sistem operasi perangkat keras. Perangkat lunak terdiri atas 3 bagian yaitu:
a.       Sistem Operasi (operating system) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengendalikan resources selama proses berlangsung. Fungsi sistem operasi adalah mengatur memori dan pekerjaan. Contoh Operasi System yaitu DOS, Unix, Novell, Windows.
b.      Bahasa Pemprograman (Programming Language)  adalah perangkat lunak yang digunakan sebagaian alat untuk pengembangan program aplikasi.
c.       Bahasa Query (query language)
Bahasa Query (query language) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan informasi-informasi yang di inginkan hanya dengan menulis sedikit perintah saja.
d.      Aplikasis (application)
Aplikasi (application) merupakan perangkat lunak yang dikembangkan untuk digunakan pada aplikasi tertentu. Misalnya: program aplikasi MYOB,Payroll. Adapun program paket yaitu MS-Word, MS Excel, Lotus 125
3.      Manusia/Perangkat Cerdas (brainware).
Manusia/Perangkat Cerdas (brainware) merupakan persolan-personal yang terlibat dalam sistem komputer yaitu operato, programmer, system analyst, manajer sistem operasi, manajer pada tingkat operasional, manajer pada tingkat manajerial, teknisi, administator basis data.
Data adalah fakta-fakta mentah atau deskripsi-deskripsi dasar dari hal, event, aktivitas, dan traksaksi yang ditangkap, direkam, disimpan, diklasifikasikan, tetapi tidak diorganisasikan untuk tujuan spesifik tertentu. Contoh data antara lain terdiri dari saldo bank, atau jumlah jam pekerja yang bekerja dalam periode pembayaran.
C.     Keamanan Komputer/Virus
Keamanan komputer/Virus adalah suatu program komputer yang dapat menggandakan dirinya tanpa sepengetahuan pengguna, dimana virus dapat menampilkan suatu pesan tertentu dan dapat merusak file system, paling banyak ditemukan pada file yang berbentuk doc.
Virus komputer memiliki beberapa kemampuan dasar yaitu:
1.      Kemampuan untuk memperbayak diri
Kemampuan untuk memperbanyak diri yaitu kemampuan virus untuk membuat duplikat dirinya pada file atau disk yang belum tertular, sehingga lama-kelamaan wilayah penyebarannya semakin luas.
2.      Kemampuan untuk menyembunyikan diri
Kemampuan untuk menyembunyikan diri yaitu kemampuan virus untuk menyembunyikan dirinya dari perhatian pengguna komputer dengan cara menghalangi keluaran ke layar selama virus bekerja, sehingga pekerjaan virus tidak terlihat oleh pengguna.
3.      Kemampuan untuk menggandakan manipulasi
4.      Kemampuan untuk mendapatkan informasi
Kemampuan untuk mendapatkan informasi tentang struktur media penyimpanan, misal letak boot record asli, letak tabel partisi, letak FAT, posisi suatu file.
5.      Kemampuan untuk memeriksa keberadaan dirinya
Macam-macam virus komputer berdasarkan infeksi yang dilakukan yaitu:
1.      Virus boot sector
Virus boot sector adalah suatu virus yang memanfaatkan gerbang hubungan antara komputer dan media penyimpanan sebagai tempat untuk berkembangnya virus. Virus boot sector dibedakan menjadi dua yaitu virus yang menyerang disk dan virus yang menyerang disk dan tabel partisi.
2.      Virus file
3.      Virus file  adalah suatu virus yang memanfaatkan suatu file yang diproses langsung pada DOS, seperti file berekstensi COM, EXE. Virus file dibedakan menjadi dua yaitu virus file yang dapat tinggal di memory  dan virus file yang tidak dapat tinggal di memory.
4.      Virus system
Virus system adalah suatu virus yang memanfatkan file-file yang dipakai untuk membuat suatu sistem komputer. Misalnya: file dengan sistem SYS (IBMBIO.COM).
5.      Virus hybrid
Virus hybrid adalah suatu virus yang mempunyai dua kemampuan yaitu dapat masuk ke book dan dapat masuk ke file.
6.      Virus registry windows
Virus registry windows adalah suatu virus yang menginfeksi OS dan manipuilasi pada bagian registry windows sebagai tempat menampung seluruh informasi komputer, baik hardware maupun software.
7.      Virus software applikasi
Virus software applikasi adalah suatu virus macro yang menginfeksi data pada software aplikasi tertentu.
Cara-cara efektif untuk menghindari virus yaitu:
1.      Mengubah atribut software menjadi read only.
2.      Menghindari penggunaan disket/flesdisk yang tidak yakin bebas virus
3.      Melakukan Write Prtotect
4.      Membuat sub-directory untuk software-software baru
5.      Scan setiap disket/flesdisk yang akan digunakan
6.      Melakukan scan virus secara periodik pada harddisk
7.      Menginstal software resident pada komputer
8.      Menggunakan software anti virus terbaru
9.      Memeriksa registry windows







 

D.    Applikasi MS Word
Applikasi MS Word adalah suatu progam untuk mengolah kata (word processor) yang yang biasanya digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat undangan, membuat table pada dokumen, dan masih banyak lagi dokumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.
Sebelum kita memulai mengoperasikan atau menjalankan Microsoft Word, ada baik kita mengenal beberapa istilah yang akan dipakai dalam menjalankan Microsoft Word. Di antaranya adalah istilah Screen Layout (tampilan layar), Menu, dan Toolbar.
Screen Layout (tampilan layar), sesuai dengan arti dari fungsi simbol yang ada, merupakan sebuah tampilan yang ditunjukkan komputer saat mengoperasikan program. Untuk tampilan dalam Microsoft Word, dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Ada beberapa cara untuk memulai mengoperasikan Microsoft Wordn dengan mengklik ganda pada icon shortcut yang telahy kita buat didesktop, atau kita dapat juga menggunakan Start Menu untuk memulainya yaitu klik tombol Start, Pilih Menu Programs, Klik Microsoft Word yang telah ada pada sub menu yang muncul pada layar, atau klik tombol Start, Pilih menu New Office Document, Pilih Blank Document terus klik OK.
Layar Utama Microsoft Word
1.      Titel Bar yaitu berisi nama dokumen, nama program dan Size Buttons (Minimize, Restore, Maximize dan close).
2.      Menu Bar yaitu berisi kumpulan perintah-perintah yang dikemas menurut fungsi atau spesifikasi fasilitas yang disediakan Microsoft Word.
3.      Toolbar Standard yaitu berisi icon-icon yang memuat perintah-perintah dari Menu Bar yang sering digunakan, misalnya: pembuatan dokumen baru, penyimpanan dokumen, mencetak dokumen dan mengatur ukuran tampilan dari suatu dokumen pada layar.
4.      Toolbar Formating yaitu berisi icon-icon yang menurut perintah-perintah yang terdapat pada menu Formatpada menu bar yang sering digunakan, misalnya: Font, Font Size, dan Alignment.
5.      Ruller adalah fsilitas yang disediakan untuk pengaturan Margin, Indentasi dan Tabulasi.
6.      Scroll Bar adalah perangkat yang berfungsi untuk menggulung layar secara vertikal maupun horizontal.
1.      Membuat Dan Menyimpan Dokumen Kerja
1)      Langkah Detail Menjalankan Microsofr Word 2007


 

Cara 1 : Klik tombol Start > All program > Microsoft Office >Microsoft Office Word 2007
Cara 2 : Klik tombol Start > Run > ketikkan “winword” > Enter.
Pengenalan Interface/Tampilan Microsoft Word 2007.
Langkah Detailnya :
Pada windows Microsoft Word 2007 yang muncul, terdapat beberapa tampilan sebagai berikut (tunjukkan dengan mouse anda masing–masing komponen berikut) : Office Button, Quick Access Toolbar, Title Bar, Tabmenu Ribbon, Ribbon, Status Bar, Horizontal Scroll Bar, Vertical Scroll Bar, Document Area.
2)      Mengaktifkan Menu-Menu Pada Microsoft Word 2007.
a.       Untuk mengaktifkan Menu Home, coba anda klik tab Menu Home pada tab menu atau tekan Alt+H, perhatikan ribbon menu yang tampil.
 
b.       Untuk mengaktifkan Menu Insert, coba anda klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N, perhatikan ribbon menu yang tampil.
c.       Untuk mengaktifkan Menu Page Layout, coba anda klik tab Menu Page Layout pada tab menu atau tekan Alt+P, perhatikan ribbon menu yang tampil.
d.      Untuk mengaktifkan Menu References, coba anda klik tab Menu References pada tab menu atau tekan Alt+S, perhatikan ribbon menu yang tampil.
e.       Untuk mengaktifkan Menu Mailing, coba anda klik tab Menu Mailing pada tab menu atau tekan Alt+M, perhatikan ribbon menu yang tampil.


 

f.       Untuk mengaktifkan Menu Review, coba anda klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R, perhatikan ribbon menu yang tampil.


 

g.      Untuk mengaktifkan Menu View, coba anda klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W, perhatikan ribbon menu yang tampil.
h.      Untuk mengaktifkan Menu Design, coba anda klik tab Menu Design pada tab menu atau tekan Alt+J kemudian tekan T, perhatikan ribbon menu yang tampil.


 

i.        Untuk mengaktifkan Menu Layout, coba anda klik tab Menu Layout pada tab menu atau tekan Alt+J kemudian tekan L, perhatikan ribbon menu yang tampil.


 

Tip : Jika mouse anda terdapat tombol scrollnya, maka anda dapat berpindah dari satu menu ke menu lainnya dengan menggeser tombol scroll yang ada pada mouse anda.
Tombol Scroll
3)      Membuat Dokumen Baru Dalam Microsoft Word 2007.
a.       Klik Office Buttom > New.


 

b.      Pada Kotak Dialog yang muncul Pilih > Blank Document > klik tombol Create.








 

c.       Untuk membuat dokumen baru dari Templates, pilih pada bagian kelompok Templates, Klik Tombol Create.


 

d.      Pada windows yang muncul, letakkan kursor dimana anda akan mulai mengetik.


 

4)      Menyimpan Dokumen Kerja.
a.       Setelah teks selesai anda ketik, klik Office Button.
b.      Pilih Save atau Save As (untuk menyimpan dengan nama yang beda dengan nama sebelumnya).
c.       Pilih Word Document.


 

a)      Pada windows yang muncul, pilih folder Document, ketikkan nama filenya pada File name “Tips Nama Cantik”. Pilih Word Document pada Save as type.
b)       Klik tombol Save.


 

1)      Menutup Dokumen Kerja.
a.       Klik Office Button > Close (Ctrl + W).
2.      Mencari Teks, Halaman, Menggabungkan Dokumen Dan Menggunakan Format Kolom
1)      Mencari (Find) dan Mengganti (Replace) Teks.
a.       Buka kembali file “Tips Nama Cantik. Klik tab menu Home, sorot pada bagian Editing pada ribbon. Kemudian klik icon Find (Ctrl+F).
b.      Pada kotak Find and Replace, klik tab Find, pada Find what ketikkan “anda”, klik tombol Find in pilih Main Document


 

c.        Kemudian, klik tab Replace.
d.      Pada Replace width, ketikkan”Saudara”, kemudian klik Replace All. Jika muncul peringatan klik Yes. Lihat perubahannya.


 

3.      Membuat Equation, Hyperlink, Watermark Dan Mencetak Dokumen.
Menyisipkan Objek Equation.
Ketikkanlah persamaan rumus di bawah ini.
Buat dokumen baru (ctrl +N). Klik tab menu Insert , klik icon menu Equation , pilih Insert New Equation.


 

1)         Ketikkan f(x)=
2)        Kemudian klik icon menu Script kemudian pilih Subscript.


 

3)        Kemudian klik di dalam kotak subscript.
4)      Ketikkan a , terus letakkan kursor di kotak bawahnya, ketikkan 0.
5)       
6)      Kemudian lakukan pengetikan untuk simbol yang lainnya.( langkah kerjanya sama, sesuaikan simbol dari pilihan yang ada dengan contoh latihan).
7)      Setelah selesai coba anda lihat/klik untuk simbol yang lainya. Perhatikan simbol – simbol yang ada.
8)      Close dokumen anda dan simpan dengan nama “Equation”.
4.      Membuat Tabel.
1)      Buatlah dokumen baru (Ctrl+N).
2)      Kemudian klik tab menu Insert, kemudian pilih Table.
3)      Pada menu yang muncul klik Insert Table.


 

4)      Isikan pada bagain Number of columns: 5 dan Number of rows: 11.
5)       Klik tombol OK.


 

6)      Kemudian ketikkan isi tabelnya (gunakan tanda panah pada keyboard untuk berpindah ke kanan–kiri atau atas–bawah cell).
5.      Membuat Dan Mencetak Mail Merge        
Membuat Mail Merge.
1)      Sebelum membuat Mail Merge, kita harus membuat dokumen Induk/dokumen utama. Buatlah dokumen induk di bawah ini :


 

2)      Setelah dokumen induk selesai simpan dengan nama “Formulir”. Kemudian klik tab menu Mailings.
3)      Pada bagian ribbon kelompok Start Mail Merge klik icon menu Start Mail Merge.
4)      Kemudian pilih Step by Step Mail Merge Wizard.
5)      Pada kotak dialog yang muncul, pilih Letters pada bagian Select document type. Kemudian klik Next : Starting document.
6)      Pada step yang selanjutnya, pilih Use the current document, klik Next.
7)      Pada Step yang ketiga ini kita akan membuat sumber data (data source) untuk mail merge.
Pilih Type a new list kemudian klik teks Create. Kemudian klik Next : Write your letter.
8)      Pada kotak dialog yang muncul, judul dari kolom tidak sesuai dengan dokumen induk kita.
9)      Klik tombol Customize Columns, kemudian pilih Field Name yang akan diganti, klik tombol Rename.
10)  Untuk menghapus field yang tidak digunakan, pilih field yang akan dihapus, klik tombol Delete, kemudian klik Yes. Lakukan untuk menghapus field yang lain.
11)  Kemudian klik tombol OK, dan mulailah mengisikan datanya. Untuk menambah data yang baru klik tombol New Entry.
12)   Setelah semua data diinput, klik tombol OK.
13)  Kemudian tentukan tempat penyimpanan, dan ketikkan nama data sourcenya adalah 123. Kemudian klik tombol Save.
14)  Kemudian klik Next : Write your letter. Pada kotak dialog yang muncul, letakkan kursor di sebelah field nama, kemudian klik More Item, Pilih field Nama, kemudian klik Insert. Lakukan untuk memasukkan field yang lainnya.
15)  Klik tombol Next : Write your letter.


 

16)  Pada step yang ke 5 ini anda dapat melihat masing–masing isi datanya dengan mengklik Preview your letter. Kemudian klik Write your letter.
Mencetak Mail Merge.
1.      Pada step yang ke 6 ini, klik icon Print untuk mencetak mail merge yang kita buat atau Edit individual letters untuk melihat hasil mail merge secara mendetail. Klik icon Print.
2.      Pada kotak dialog yang muncul, pilih All untuk mencetak semua data mail merge kita. Klik OK.
3.      Kemudian atur setingan printer pada kotak dialog Print.( Lihat materi mencetak dokumen). Klik tombol OK.
E.     Applikasi MS Excel
Applikasi MS Excel 2007 adalah suatu program aplikasi pengolah angka yang sangat berguna untuk mengolah data dengan format spreadsheet, dan analisis, serta sharing informasi untuk meciptakan data informasi dalam pengambilan keputusan. Dengan menggunakan Microsoft Excel dapat mengolah data yang cukup banyak, menggunakan tampilan PivoTabel, membuat grafik secara profesional dan pengolahan angka yang lainnya. Microsoft Office Excel 2007 telah dikombinasikan dengan Excel Service, yaitu merupakan teknologi baru yang di sertakan dengan Microsoft Office SharePoint Server 2007.

 

1)      Menjalankan Microsoft Excel 2007
1.      Cara 1 : Klik tombol Start > All Program > Microsoft Office > Microsoft Office Excel 2007.


 

2.     



Cara 2 : Klik tombol Start > Run > ketikkan “excel” > Enter.
2)      Pengenalan Interface/Tampilan Microsoft Excel 2007
1.    Pada Windows Microsoft Excel 2007 yang muncul, terdapat beberapa tampilan sebagai berikut (tunjukkan dengan mouse anda masing–masing komponen berikut) : Office Button, Quick Access Toolbar, Title Bar, Tabmenu Ribbon, Ribbon, Formula Bar, Status Bar, Horizontal Scroll Bar, Vertical Scroll Bar.

Mengaktifkan Menu-Menu Pada Microsoft Excel 2007
1.      Untuk mengaktifkan Menu Home, coba anda klik tab Menu Home pada tab menu atau tekan Alt+H, perhatikan ribbon menu yang tampil.


 

2.      Untuk mengaktifkan Menu Insert, coba anda klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N, perhatikan ribbon menu yang tampil.


 

3.      Untuk mengaktifkan Menu Page Layout, coba anda klik tab Menu Page Layout pada tab menu atau tekan Alt+P, perhatikan ribbon menu yang tampil.
4.      Untuk mengaktifkan Menu Formulas, coba anda klik tab Menu Formulas pada tab menu atau tekan Alt+M, perhatikan ribbon menu yang tampil.


 

5.      Untuk mengaktifkan Menu Data, coba anda klik tab Menu Data pada tab menu atau tekan Alt+A, perhatikan ribbon menu yang tampil.


 

6.      Untuk mengaktifkan Menu Review, coba anda klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R, perhatikan ribbon menu yang tampil.


 

7.      Untuk mengaktifkan Menu View, coba anda klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W, perhatikan ribbon menu yang tampil.
8.      Untuk mengaktifkan Menu Developer, coba anda klik tab Menu Developer pada tab menu atau tekan Alt+L, perhatikan ribbon menu yang tampil.


 

Menggunakan rumus
Operator hitung
+     :    penjumlahan   
-      :  pengurangan
*     :  perkalian
/      :  pembagian
^     :  pangkat
Fungsi bantu statistik
1.      Max (Range)        : mencari nilai terbesar dari suatu range
2.      Min (Range)        : mencari nilai terkecil dari suatu range
3.      Sum (Range)        : mencari jumlah dari isi data yang terdapat pada suatu
                               range
4.      Average (Range) : mencari nilai rata-rata dari suatu range
5.      Count (Range)     : mencari jumlah data yang terdapat pada suatu range
Fungsi logika
Suatu operasi logioka dapat melakukan penilaian apakah suatu pertanyaan benar atau salah. Apabila anda ingin menggunakan operasi logika, biasanya diperlukan adanya ekspresi atau pernyataan logioka menggunakan operator pembanding yaitu:
1.      =     : sama dengan
2.      <     : lebih kecil dari
3.      >     : lebih besar dari
4.      <=   : lebih kecil atau sama dengan
5.      >=   : lebih besar atau sama dengan
6.      <>   : tidak sama
Fungsi logika IF yaitu If (elspresi logika, perintah 1, perintah 2)
Artinya jika ekspresi logika benar, maka perintah 1 akan dijalankan tetapi jika salah, maka perintah 2 yang akan dijalankan.
Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP yaitu digunakan untuk pembaca tabel. Bila tabel disusun secara vertikal gunakan fungsi VLOOKUP, sedangkan untuk tabel yang disusun secara horizontal gunakan fungsi HLOOKUP.
VLOOKUP ( nilai kunci, range tabel, nomor indeks kolom)
HLOOKUP (nilai kunci, range tabel, nomor indeks baris)
F.      Internet
Internet adalah suatu gabungan jaringan komputer terbesar atau terluas di dunia, banyak memiliki kumpulan jaringan-jaringan yang menyediakan berbagai kemudahan untuk diakses oleh semua orang yang memerlukannya dengan waktu yang singkat dan dari jarak jauh.
Internet adalah media komunikasi alternatif yang dalam batas-batas pemakaian tertentu dapat digunakan untuk menggantikan media komunikasi seperti pos, telegram, telepon, fax.
Internet adalah sebuah dunia maya yang jaringan komputernya yang terbentuk dari milyaran komputer di seluruh dunia untuk menunjang penyimpanan data-data yang akan diakses oleh semua orang di seluruh dunia.
Tiga fasilitas/aplikasi utama dari Internet yaitu:
1.      Electrinic Mail/Email/Messaging
Electrinic Mail atau surat elektronik adalah fasilitas yang peling sering digunakan di Internet yang dapt digunakan dengan mudah oleh semua orang di seluruh dunia untuk membuat dan mengirimkan pesan tertulis kepada seorang yang terdaftar di Internet.
2.      Remote Login
Remote Login adalah suatu fasilitas yang dapat mengakses program/aplikasi dari komputer lain.
3.      File Transferred  
File Transferred adalah suatu fasilitas untuk pengiriman file dari satu komputer ke komputer lain yang datanya bisa berisi dokumen, grafik, program komputer, bahkan video maupun suara yang terekam secara digital.
Manfaat internet yaitu:
1.      Informasi untuk kehidupan pribadi antara lain kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan diri, rohani, sosial.
2.      Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja antara lain sains, teknologi, saham, perdagangan, kantor, sekolah, komuditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunitas.
Layanan yang Disediakan oleh Internet antara lain:
7.      Layanan Komunikasi
a.    e-mail
b.    USENET Newsgroup(Forums)
c.    LISTSERV
d.   Chatting
e.    Instant Messaging
f.     Telnet
g.    Internet Telephony
h.    Internet Fax
i.      Streaming Audio dan Video
j.      Real-time Audio dan Video
8.      World Wide Web
a.       Browser
b.      Offline Browser
c.       Mesin Pencari (Search Engine)
d.      Push Technology
e.       Penyaring Informasi
f.       Clipping Services
g.      Personalized Web Service
h.      Web Authoring
9.      Tantangan-tantangan Internet
a.       Teknologi-Teknologi Baru
b.      Peraturan Internet
c.       Ekspansi Internet
d.      Internet Privacy
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari masalah diatas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1.      Mahasiswa pemula telah mampu menguasai komputer serta mengoperasikan teknologi informasi dasar.
2.      Dalam setiap penyampaian materi kuliah komputer senantiasa mahasiswa sangat antusias untuk mengikuti perkuliahan.
3.      Dengan sarana atau alat yang menunjang perkuliahan komputer, maka penyampain materi kuliah komputer dapat berjalan dengan baik.
B.     Saran
1.      Bagi institusi
Di harapkan kampus Universitas Respati Yogyakarta, fasilitas penunjang perkuliahan komputer diperlengkap lagi.
2.       Bagi mahasiswa
Semua materi yang telah disampaikan semua dosen telah dikuasai semua mahasiswa dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya berakhir saat mata kuliah komputer selesai.
DAFTAR PUSTAKA
Hidayat, Wahyu. 2000. Kamus Tehnologi Informasi. Surabaya: Sarana Ilmu
Kadir, Abdul dan Terra CH. Triwahyuni. 2005. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta : Andi
Sutanta, Edhy. 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Reaksi:

0 komentar: