Sejarah Masuknya Islam di Maluku
Sejarah Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia
Sejarah Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia
Untuk menambah pemahaman Anda tentang kerajaan Islam yang berkembang di Indonesia dari awal berdirinya, letak geografis dan perkembangannya dalam kehidupan politik, ekonomi, sosial dan budaya dapat Anda simak pada uraian materi berikut ini.
1. Kerajaraan Samudra Pasai
Kerajaan Samudra Pasai tercatat dalam sejarah sebagai kerajaan Islam yang pertama.
Mengenai awal dan tahun berdirinya kerajaan ini tidak diketahui secara pasti. Akan tetapi menurut pendapat Prof. A. Hasymy, berdasarkan naskah tua yang berjudul Izhharul Haq
yang ditulis oleh Al-Tashi dikatakan bahwa sebelum Samudra Pasai berkembang, sudah
ada pusat pemerintahan Islam di Peureula (Perlak) pada pertengahan abad ke-9.
Perlak berkembang sebagai pusat perdagangan, tetapi setelah keamanannya tidak stabil
maka banyak pedagang yang mengalihkan kegiatannya ke tempat lain yakni ke Pasai,
akhirnya Perlak mengalami kemunduran.
Dengan kemunduran Perlak, maka tampillah seorang penguasa lokal yang bernama
Marah Silu dari Samudra yang berhasil mempersatukan daerah Samudra dan Pasai.
Dan kedua daerah tersebut dijadikan sebuah kerajaan dengan nama Samudra Pasai.
Kerajaan Samudra Pasai terletak di Kabupaten Lhokseumauwe, Aceh Utara, yang
berbatasan dengan Selat Malaka.
rangkuman::
1. Kerajaan Samudra Pasai berkembang pada abad Abad 13 yang terletak di
daerah Kabupaten Lhokseumauwe, Aceh Utara.
2. Keberadaan kerajaan Samudra Pasai dibuktikan dengan adanya
a. Catatan Marcopolo dari Venetia.
b. Catatan Ibnu Batulah dari Maroko.
c. Batu nisan Sultan Malik al-Saleh.
d. Jirat Putri Pasai.
3. Peranan Samudra Pasai dalam bidang perdagangan adalah Dengan letak yang strategis, maka Samudra Pasai berkembang sebagai kerajaan
maritim dan memiliki hegemoni atas pelabuhan-pelabuhan yang penting di Pesisir
Pantai Barat Sumatera serta berkembang sebagai Bandar Transito.
4. Nilai yang dapat diambil dari keberadaan kerajaan Samudra Pasai
adalah Nilai keterbukaan dan kebersamaan dan penghormatan kepada setiap golongan
masyarakat serta prinsip kepemimpinan yang dekat dengan rakyat.
5. Raja-raja yang memerintah di Samudra Pasai antara lain
Sultan Malik al-Saleh (1285 – 1297).
Sultan Muhammad (Malik al-Tahir I).
Sultan Ahmad (Malik al-Tahir II).
Sultan Zaenal Abidin (Malik al-Tahir III).
2.Kerajaan Demak
Demak pada masa sebelumnya sebagai suatu daerah yang dikenal dengan nama Bintoro
atau Gelagahwangi yang merupakan daerah kadipaten di bawah kekuasaan Majapahit.
Kadipaten Demak tersebut dikuasai oleh Raden Patah salah seorang keturunan Raja
Brawijaya V (Bhre Kertabumi) yaitu raja Majapahit.
Dengan berkembangnya Islam di Demak, maka Demak dapat berkembang sebagai kota
dagang dan pusat penyebaran Islam di pulau Jawa. Hal ini dijadikan kesempatan bagi
Demak untuk melepaskan diri dengan melakukan penyerangan terhadap Majapahit.
Setelah Majapahit hancur maka Demak berdiri sebagai kerajaan Islam pertama di pulau
Jawa dengan rajanya yaitu Raden Patah. Kerajaan Demak secara geografis terletak di
Jawa Tengah dengan pusat pemerintahannya di daerah Bintoro di muara sungai Demak,
yang dikelilingi oleh daerah rawa yang luas di perairan Laut Muria. (sekarang Laut Muria
sudah merupakan dataran rendah yang dialiri sungai Lusi).
Bintoro sebagai pusat kerajaan Demak terletak antara Bergola dan Jepara, di mana
Bergola adalah pelabuhan yang penting pada masa berlangsungnya kerajaan Mataram
(Wangsa Syailendra), sedangkan Jepara akhirnya berkembang sebagai pelabuhan yang
penting bagi kerajaan Demak.
3.Kerajaan Banten
Seperti yang telah dijelaskan pada uraian materi tentang kerajaan Demak, bahwa daerah
ujung barat pulau Jawa yaitu Banten dan Sunda Kelapa dapat direbut oleh Demak, di
bawah pimpinan Fatahillah. Untuk itu daerah tersebut berada di bawah kekuasaan Demak.
Setelah Banten diislamkan oleh Fatahillah maka daerah Banten diserahkan kepada
putranya yang bernama Hasannudin, sedangkan Fatahillah sendiri menetap di Cirebon,
dan lebih menekuni hal keagamaan.
Dengan diberikannya Banten kepada Hasannudin, maka Hasannudin meletakkan dasardasar
pemerintahan kerajaan Banten dan mengangkat dirinya sebagai raja pertama,
memerintah tahun 1552 – 1570.
Lokasi kerajaan Banten terletak di wilayah Banten sekarang, yaitu di tepi Timur Selat
Sunda sehingga daerahnya strategis dan sangat ramai untuk perdagangan nasional.
Pada masa pemerintahan Hasannudin, Banten dapat melepaskan diri dari kerajaan
Demak, sehingga Banten dapat berkembang cukup pesat dalam berbagai bidang
kehidupan. Untuk lebih jelasnya, simaklah uraian materi tentang kehidupan politik Banten
berikut ini.
Silsilah Raja-raja Banten
1. Sultan Hasannudin (1552 – 1570)
↓
2. Panembahan Yusuf (1570 – 1580)
↓
3. Maulana Muhammad (1580 – 1596)
↓
4. Abulmufakir (1596 – 1640)
↓
5. Abumaali Achmad (1640 – 1651)
↓
6. Sultan Abdul Fatah/Sultan Ageng Tirtayasa (1651 – 1682)
↓
7. Abdulnasar Abdulkahar/Sultan Haji (1682 – 1687)
4. Kerajaan Mataram
Nama kerajaan Mataram tentu sudah pernah Anda dengar sebelumnya dan ingatan
Anda pasti tertuju pada kerajaan Mataram wangsa Sanjaya dan Syailendra pada zaman
Hindu-Budha.
Kerajaan Mataram yang akan dibahas dalam modul ini, tidak ada hubungannya dengan
kerajaan Mataram zaman Hindu-Budha. Mungkin hanya kebetulan nama yang sama.
Dan secara kebetulan keduanya berada pada lokasi yang tidak jauh berbeda yaitu Jawa
Tengah Selatan.
Pada awal perkembangannya kerajaan Mataram adalah daerah kadipaten yang dikuasai
oleh Ki Gede Pamanahan. Daerah tersebut diberikan oleh Pangeran Hadiwijaya (Jaka
Tingkir) yaitu raja Pajang kepada Ki Gede Pamanahan atas jasanya membantu mengatasi
perang saudara di Demak yang menjadi latar belakang munculnya kerajaan Pajang.
Ki Gede Pamanahan memiliki putra bernama Sutawijaya yang juga mengabdi kepada
raja Pajang sebagai komando pasukan pengawal raja. Setelah Ki Gede Pamanahan
meninggal tahun 1575, maka Sutawijaya menggantikannya sebagai adipati di Kota Gede
tersebut.
Setelah pemerintahan Hadiwijaya di Pajang berakhir, maka kembali terjadi perang saudara
antara Pangeran Benowo putra Hadiwijaya dengan Arya Pangiri, Bupati Demak yang
merupakan keturunan dari Raden Trenggono.
Akibat dari perang saudara tersebut, maka banyak daerah yang dikuasai Pajang
melepaskan diri, sehingga hal inilah yang mendorong Pangeran Benowo meminta bantuan
kepada Sutawijaya.
Atas bantuan Sutawijaya tersebut, maka perang saudara dapat diatasi dan karena
ketidakmampuannya maka secara sukarela Pangeran Benowo menyerahkan takhtanya
kepada Sutawijaya. Dengan demikian berakhirlah kerajaan Pajang dan sebagai
kelanjutannya muncullah kerajaan Mataram.
Lokasi kerajaan Mataram tersebut di Jawa Tengah bagian Selatan dengan pusatnya di
kota Gede yaitu di sekitar kota Yogyakarta sekarang.
Dari penjelasan tersebut, apakah Anda sudah memahami? Kalau sudah paham, untuk
mengetahui lebih lanjut tentang perkembangan kerajaan Mataram, maka simaklah uraian
materi berikut ini.
1.latar belakang berdirinya kerajaan Mataram!
Berdirinya kerajaan Mataram tidak terlepas dari perang saudara di Pajang. Karena
setelah kematian Pangeran Hadiwijaya, raja Pajang, maka terjadi perebutan
kekuasaan antara Pangeran Benowo putra Hadiwijaya dengan Arya Pangiri keturunan
Pangeran Trenggono. Untuk menghadapi Arya Pangiri, Pangeran Benowo meminta
bantuan kepada Sutawijaya, sehingga Sutawijaya berhasil mengatasi perebutan
kekuasaan tersebut. Atas jasanya secara sukarela Pangeran Benowo menyerahkan
takhta Pajang kepada Sutawijaya sehingga Sutawijaya mendirikan kerajaan Mataram.
2.Tindakan-tindakan Sultan Agung sebagai raja Mataram!
-Menundukkan daerah-daerah yang melepaskan diri untuk memperluas wilayah
kekuasaannya.
-Mempersatukan daerah-daerah kekuasaannya melalui ikatan perkawinan.
-Melakukan penyerangan terhadap VOC di Batavia tahun 1628 dan 1629.
-Memajukan ekonomi Mataram.
-Memadukan unsur-unsur budaya Hindu, Budha dan Islam.
3. Sebab-sebab kehancuran dari kerajaan Mataram!
-Tidak adanya raja-raja yang cakap seperti Sultan Agung.
-Banyaknya daerah-daerah yang melepaskan diri.
-Adanya campur tangan VOC terhadap pemerintahan Mataram.
-Adanya politik pemecah-belah VOC melalui perjanjian Gianti 1755 dan Salatiga
1757.
5. Kerajaan Gowa – Tallo
Gambar 2.10 merupakan peta Sulawesi Selatan. Di Sulawesi Selatan pada abad 16
terdapat beberapa kerajaan di antaranya Gowa, Tallo, Bone, Sopeng, Wajo dan Sidenreng.
Untuk mengetahui letak kerajaan-kerajaan tersebut, silahkan Anda amati gambar 2.10
tersebut.
Salah satunya adalah kerajaan Gowa dan Tallo membentuk persekutuan pada tahun
1528, sehingga melahirkan suatu kerajaan yang lebih dikenal dengan sebutan kerajaan
Makasar. Nama Makasar sebenarnya adalah ibukota dari kerajaan Gowa dan sekarang
masih digunakan sebagai nama ibukota propinsi Sulawesi Selatan.
Secara geografis daerah Sulawesi Selatan memiliki posisi yang sangat strategis, karena
berada di jalur pelayaran (perdagangan Nusantara). Bahkan daerah Makasar menjadi
pusat persinggahan para pedagang baik yang berasal dari Indonesia Timur maupun
yang berasal dari Indonesia Barat.
Dengan posisi strategis tersebut maka kerajaan Makasar berkembang menjadi kerajaan
besar dan berkuasa atas jalur perdagangan Nusantara. Maka untuk menambah
pemahaman Anda tentang perkembangan kerajaan Makasar tersebut, silahkan simak
uraian materi berikut ini.
Penyebaran Islam di Sulawesi Selatan dilakukan oleh Datuk Rebandang dari Sumatera,
sehingga pada abad 17 agama Islam berkembang pesat di Sulawesi Selatan, bahkan
raja Makasar pun memeluk agama Islam.
Raja Makasar yang pertama memeluk agama Islam adalah Karaeng Matoaya (Raja
Gowa) yang bergelar Sultan Alaudin yang memerintah Makasar tahun 1593 – 1639 dan
dibantu oleh Daeng Manrabia (Raja Tallo) sebagai Mangkubumi bergelar Sultan Abdullah.
Sejak pemerintahan Sultan Alaudin kerajaan Makasar berkembang sebagai kerajaan
maritim dan berkembang pesat pada masa pemerintahan raja Malekul Said (1639 –
1653).
Selanjutnya kerajaan Makasar mencapai puncak kebesarannya pada masa pemerintahan
Sultan Hasannudin (1653 – 1669). Pada masa pemerintahannya Makasar berhasil
memperluas wilayah kekuasaannya yaitu dengan menguasai daerah-daerah yang subur
serta daerah-daerah yang dapat menunjang keperluan perdagangan Makasar. Perluasan
daerah Makasar tersebut sampai ke Nusa Tenggara Barat.
Sultan Hasannudin terkenal sebagai raja yang sangat anti kepada dominasi asing. Oleh
karena itu ia menentang kehadiran dan monopoli yang dipaksakan oleh VOC yang telah
berkuasa di Ambon. Untuk itu hubungan antara Batavia (pusat kekuasaan VOC di Hindia
Timur) dan Ambon terhalangi oleh adanya kerajaan Makasar.
Dengan kondisi tersebut maka timbul pertentangan antara Sultan Hasannudin dengan
VOC, bahkan menyebabkan terjadinya peperangan. Peperangan tersebut terjadi di daerah
Maluku.
Dalam peperangan melawan VOC, Sultan Hasannudin memimpin sendiri pasukannya
untuk memporak-porandakan pasukan Belanda di Maluku. Akibatnya kedudukan Belanda
semakin terdesak. Atas keberanian Sultan Hasannudin tersebut maka Belanda
memberikan julukan padanya sebagai Ayam Jantan dari Timur.
Upaya Belanda untuk mengakhiri peperangan dengan Makasar yaitu dengan melakukan
politik adu-domba antara Makasar dengan kerajaan Bone (daerah kekuasaan Makasar).
Raja Bone yaitu Aru Palaka yang merasa dijajah oleh Makasar meminta bantuan kepada
VOC untuk melepaskan diri dari kekuasaan Makasar. Sebagai akibatnya Aru Palaka
bersekutu dengan VOC untuk menghancurkan Makasar.
Akibat persekutuan tersebut akhirnya Belanda dapat menguasai ibukota kerajaan
Makasar. Dan secara terpaksa kerajaan Makasar harus mengakui kekalahannya dan
menandatangai perjanjian Bongaya tahun 1667 yang isinya tentu sangat merugikan
kerajaan Makasar.
Isi dari perjanjian Bongaya antara lain:
a. VOC memperoleh hak monopoli perdagangan di Makasar.
b. Belanda dapat mendirikan benteng di Makasar.
c. Makasar harus melepaskan daerah-daerah jajahannya seperti Bone dan pulau-pulau
di luar Makasar.
d. Aru Palaka diakui sebagai raja Bone.
Walaupun perjanjian telah diadakan, tetapi perlawanan Makasar terhadap Belanda tetap
berlangsung. Bahkan pengganti dari Sultan Hasannudin yaitu Mapasomba (putra
Hasannudin) meneruskan perlawanan melawan Belanda.
Untuk menghadapi perlawanan rakyat Makasar, Belanda mengerahkan pasukannya
secara besar-besaran. Akhirnya Belanda dapat menguasai sepenuhnya kerajaan
Makasar, dan Makasar mengalami kehancurannya.
1. 3 faktor yang menjadikan Makasar berkembang sebagai pusat
-Letaknya strategis di jalur perdagangan internasional.
-Memiliki pelabuhan yang baik.
-Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis tahun 1511.
2. 2 dampak dari isi perjanjian Bongaya dalam bidang politik terhadap kerajaan
-VOC berkuasa di Makasar.
-Daerah kekuasaan Makasar semakin sempit karena banyak daerah-daerah yang
melepaskan diri.
3. Akibat kekalahan Makasar terhadap Belanda antara lain:
-Peranan Makasar sebagai penguasa pelayaran dan perdagangan di Indonesia
Timur berakhir.
-Belanda dapat menguasai Makasar yang berarti menguasai perdagangan di
Indonesia Timur.
6.Kerajaan Ternate – Tidore
Kerajaan Ternate dan Tidore terletak di kepulauan Maluku. Maluku adalah kepualuan
yang terletak di antara Pulau Sulawesi dan Pulau Irian. Jumlah pulaunya ratusan dan
merupakan pulau yang bergunung-gunung serta keadaan tanahnya subur.
Kehidupan Politik
Kepulauan Maluku terkenal sebagai penghasil rempah-rempah terbesar di dunia.
Rempah-rempah tersebut menjadi komoditi utama dalam dunia pelayaran dan
perdagangan pada abad 15 – 17. Demi kepentingan penguasaan perdagangan rempahrempah
tersebut, maka mendorong terbentuknya persekutuan daerah-daerah di Maluku
Utara yang disebut dengan Ulilima dan Ulisiwa.
Ulilima berarti persekutuan lima bersaudara yang dipimpin oleh Ternate yang terdiri dari
Ternate, Obi, Bacan, Seram dan Ambon. Sedangkan Ulisiwa adalah persekutuan sembilan
bersaudara yang terdiri dari Tidore, Makayan, Jailolo dan pulau-pulau yang terletak di
kepulauan Halmahera sampai Irian Barat.
Antara persekutuan Ulilima dan Ulisiwa tersebut terjadi persaingan. Persaingan tersebut
semakin nyata setelah datangnya bangsa Barat ke Kepulauan Maluku.
Bangsa barat yang pertama kali datang adalah Portugis yang akhirnya bersekutu dengan
Ternate tahun 1512. Karena persekutuan tersebut maka Portugis diperbolehkan
mendirikan benteng di Ternate.
Bangsa Barat selanjutnya yang datang ke Maluku adalah bangsa Spanyol, sedangkan
Spanyol sendiri bermusuhan dengan Portugis. Karena itu kehadiran Spanyol di Maluku,
maka ia bersekutu dengwn Tidore.
Akibat persekutuan tersebut maka persaingan antara Ternate dengan Tidore semakin
tajam, bahkan menyebabkan terjadinya peperangan antara keduanya yang melibatkan
Spanyol dan Portugis. Dalam peperangan tersebut Tidore dapat dikalahkan oleh Ternate
yang dibantu oleh Portugis.
Keterlibatan Spanyol dan Portugis pada perang antara Ternate dan Tidore, pada dasarnya
bermula dari persaingan untuk mencari pusat rempah-rempah dunia sejak awal
penjelajahan samudra, sehingga sebagai akibatnya Paus turun tangan untuk membantu
menyelesaikan pertikaian tersebut.
Usaha yang dilakukan Paus untuk menyelesaikan pertikaian antara Spanyol dan Portugis
adalah dengan mengeluarkan dekrit yang berjudul Inter caetera Devinae, yang berarti
Keputusan Illahi. Dekrit tersebut ditandatangani pertama kali tahun 1494 di Thordessilas
atau lebih dikenal dengan Perjanjian Thordessilas. Dan selanjutnya setelah adanya
persoalan di Maluku maka kembali Paus mengeluarkan dekrit yang kedua yang
ditandatangani oleh Portugis dan Spanyol di Saragosa tahun 1528 atau disebut dengan
Perjanjian Saragosa.
1. proses masuknya Islam di Maluku!
Maluku sebagai daerah kepulauan merupakan daerah yang subur terkenal sebagai
penghasil rempah terbesar. Untuk itu sebagai dampaknya banyak pedagangpedagang
yang datang ke Maluku untuk membeli rempah-rempah tersebut. Di antara
pedagang-pedagang tersebut terdapat pedagang-pedagang yang sudah memeluk
Islam sehingga secara tidak langsung Islam masuk ke Maluku melalui perdagangan
dan selanjutnya Islam disebarkan oleh para mubaligh salah satunya dari Jawa.
2. usaha-usaha Portugis dalam rangka menguasai perdagangan
di Maluku.
-Portugis melaksanakan politik adu domba antara Ternate dan Tidore.
-Portugis mendirikan benteng di Maluku (menanamkan kekuasaannya di Maluku).
-Portugis melakukan monopoli perdagangan di Maluku.
3. akibat dari perjanjian Saragosa bagi rakyat Maluku!
-Maluku dikuasai oleh Portugis.
-Perdagangan Maluku dimonopoli oleh Portugis.
-Rakyau Maluku mengalami kesengsaraan.
-Rakyat Maluku mengangkat senjata melawan Portugis
- Pendahuluan
Maluku atau yang dikenal secara internasional
sebagai Moluccas adalah salah satu provinsi tertua di Indonesia.
Ibukotanya adalah Ambon. Pada tahun 1999, sebagian wilayah Provinsi Maluku
dimekarkan menjadi Provinsi Maluku Utara, dengan ibukota di Sofifi. Provinsi
Maluku terdiri atas gugusan kepulauan yang dikenal dengan Kepulauan Maluku.
Suku bangsa Maluku didominasi
oleh ras suku bangsa Melanesia Pasifik yang masih berkerabat dengan Fiji, Tonga
dan beberapa bangsa kepulauan yang tersebar di kepulauan Samudra Pasifik.
Banyak bukti kuat yang merujuk bahwa
Maluku memiliki ikatan tradisi dengan bangsa bangsa kepulauan pasifik, seperti
bahasa, lagu-lagu daerah, makanan, serta perangkat peralatan rumah tangga dan
alat musik khas, contoh: Ukulele (yang terdapat pula dalam tradisi budaya
Hawaii).
Mereka umumnya memiliki kulit gelap,
rambut ikal, kerangka tulang besar dan kuat serta profil tubuh
yang lebih atletis dibanding dengan suku-suku lain di Indonesia,
dikarenakan mereka adalah suku kepulauan yang mana aktivitas laut seperti
berlayar dan berenang merupakan kegiatan utama bagi kaum pria.
Sejak zaman dahulu, banyak di antara
mereka yang sudah memiliki darah campuran dengan suku lain, perkawinan dengan
suku Minahasa, Sumatra, Jawa, Madura, bahkan kebanyakan dengan bangsa Eropa
(umumnya Belanda dan Portugal) kemudian bangsa Arab, India sudah sangat lazim
mengingat daerah ini telah dikuasai bangsa asing selama 2300 tahun dan
melahirkan keturunan keturunan baru, yang mana sudah bukan ras Melanesia murni
lagi. Karena adanya percampuran kebudayaan dan ras dengan orang Eropa inilah
maka Maluku merupakan satu-satunya wilayah Indonesia yang digolongkan sebagai
daerah Mestizo. Bahkan hingga sekarang banyak marga di Maluku yang berasal
bangsa asing seperti Belanda (Van Afflen, Van Room, De Wanna, De Kock,
Kniesmeijer, Gaspersz, Ramschie, Payer, Ziljstra, Van der Weden dan lain-lain)
serta Portugal (Da Costa, De Fretes, Que, Carliano, De Souza, De Carvalho,
Pareira, Courbois, Frandescolli dan lain-lain). Ditemukan pula marga bangsa
Spanyol (Oliviera, Diaz, De Jesus, Silvera, Rodriguez, Montefalcon, Mendoza, De
Lopez dan lain-lain) serta Arab (Al-Kaff, Al Chatib, Bachmid, Bakhwereez,
Bahasoan, Al-Qadri, Alaydrus, Assegaff dan lain-lain). Cara penulisan marga
asli Maluku pun masih mengikuti ejaan asing seperti Rieuwpassa (baca:
Riupasa), Nikijuluw (baca: Nikiyulu), Louhenapessy (baca:
Louhenapesi), Kallaij (baca: Kalai) dan Akyuwen (baca: Akiwen).
Dewasa ini, masyarakat Maluku tidak
hanya terdapat di Indonesia saja melainkan tersebar di berbagai negara di
dunia. Kebanyakan dari mereka yang hijrah keluar negeri disebabkan olah
berbagai alasan. Salah satu sebab yang paling klasik adalah perpindahan
besar-besaran masyarakat Maluku ke Eropa pada tahun 1950-an dan menetap disana
hingga sekarang. Alasan lainnya adalah untuk mendapatkan kehidupan yang labih
baik, menuntut ilmu, kawin-mengawin dengan bangsa lain, yang dikemudian hari
menetap lalu memiliki generasi-generasi Maluku baru di belahan bumi lain. Para
ekspatriat Maluku ini dapat ditemukan dalam komunitas yang cukup besar serta
terkonsentrasi di beberapa negara seperti Belanda, Inggris, Amerika Serikat,
Rusia, Perancis, Belgia, Jerman dan berbagai benua lainnya.
Mayoritas
penduduk di Maluku memeluk agama Kristen dan Islam. Hal ini dikarenakan
pengaruh penjajahan Portugis dan Spanyol sebelum Belanda yang telah menyebarkan
kekristenan dan pengaruh Kesultanan Ternate dan Tidore yang menyebarkan Islam
di wilayah Maluku serta Pedagang Arab di pesisir Pulau Ambon dan sekitarnya
sebelumnya. Tempat ibadah di Provinsi Maluku pada tahun 2008 adalah Mesjid
1.188 buah, Gereja 1.022 buah, Pura 10 buah dan Wihara 4 buah. Sedangkan
Pemeluk agama Islam sebesar 50,03 persen, Kristen Protestan sebesar 39,04
persen, Kristen Katholik 10,06 persen, Hindu 0,20 persen dan Budha 0,03 persen
dan lainnya 0,65. Pada tahun 2008, jemaah haji yang pergi ke Mekkah sebanyak
621 orang, dimana jemaah haji terbanyak berasal dari Kota Ambon sebanyak 339
orang.
Sama
seperti suku-suku bangsa lain di Nusantara, maka di Maluku juga sebelum
masuknya pengaruh agama-agama resmi (Islam dan Kristen), manusia pribumi sejak
dahulu telah berada dalam suasana pengaruh alam sekitarnya, yang turut
membentuk cara-cara berfikir dan pandangan hidup, selaku manusia alamial, yaitu
manusia yang menggantungkan hidup dan nasibnya pada kekuatan-kekuatan alam ini.
Keadaan
yang demikian dengan sendirinya megnakibatkan manusia itu tidak bebas dalam
menghadapi segala tantangan alam. Timbulnya rasa segan dan takut serta heran
terhadap segala tantangan alam membuat dia mencari jalan untuk menemui rahasia
daripada segala yang terjadi itu. Gejala kepercayaan inilah yang disebut “AGAMA
atau RELIGI”, yaitu dorongan keinginan manusia untuk mendapatkan hubungan
dengan yang di luar dia.
Masyarakat
Maluku sebelum masuknya agama Islam dan Kristen juga sudah mempunyai agama yang
dapat disebut sebagai “Kepercayaan setempat” atau Kepercayaan Asli”.
Adapun
inti daripada agama asli ini ialah kepercayaan terhadap ANIMISME dan DINAMISME.
Masyarakat masih menganut kepercayaan animism yaitu kepercayaan terhadap arwah
orang-orang yang telah meninggal, kepada magi-magi. Mereka mengangap bahwa
seluruh ala mini ada mempunyai “jiwa dan roh”. Upacara-upacara adat yang ada
dewasa ini jelas memperlihatkan hal itu. Selain animisme, mereka mengenal pula
“dinamisme”, yaitu kepercayaan terhadap kekuatan-kekuatan yang tidak berwujud
yang menguasai segala sesuatu dan menakutkan.
Kepercayaan
dinamisme ialah kepercayaan terhadap batu-batu, pohon atau benda lain tertentu
yang dianggap mempunyai kekuatan rahasia. Ada tempat-tempat yang dianggap suci,
yang mengandung hal-hal yang tahbis, tapi ada pula tempat-tempat yang
menakutkan yang daripadanya diperoleh kekuatan gaib.
Selain
kepercayaan terhadap kekuatan-kekuatan animism dan dinamisme, masyarakat Maluku
dahulu juga sudah mengenal konsep-konsep tentang adanya satu roh tertinggi
sebagai pencipta segala sesuatu. Jadi kepercayaan terhadap semacam Tuhan.
Mengenai penyebaran Islam di Maluku,
penulis hanya membatasi pembahasan yaitu hanya seputar sejak kapan dan
bagaimana proses masuknya Islam ke Maluku? Siapa yang menyebarkannya? Dan
bagaimana perkembangannya?. Bedasarkan dugaan awal, bahwa Islam masuk ke daerah
Maluku di bawa oleh para pedagang Islam yang singgah di Nusantara.
- Deskripsi Wilayah Maluku
Sesuai
Surat Keputusan Gubernur No. 1475 Tahun 2004 tentang Penetapan Jumlah, Nama dan
Nomor Kode Wilayah Administrasi Pemerintahan Provinsi Maluku tahun 2004, secara
administratif, Provinsi Maluku terdiri dari 7 (tujuh) kabupaten dan 1 (satu)
kotamadya, yaitu Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Maluku Tenggara,
Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Buru, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten
Seram Bagian Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur, dan Kotamadya Ambon. Dan
terdiri dari 64 Kecamatan, 886 Desa/Kelurahan.
Pada
tahun 2000 jumlah penduduk di Provinsi Maluku tercatat sebanyak 1.200.067 jiwa
(hasil sensus penduduk 2000), sedangkan sesuai hasil registrasi penduduk 2004 -
2006 jumlah penduduk tercatat 1.313.022 jiwa pada tahun 2004, dan tahun 2005
mencapai 1.350.156 jiwa, dan pada tahun 2006 menjadi 1.384.585 jiwa. Tercatat
laju pertumbuhan penduduk sebesar 0,91% per tahun.
Angka
pertumbuhan penduduk antara 8 kabupaten/kota sangat bervariasi. Kabupaten Buru
dan Maluku Tenggara mengalami penurunan jumlah penduduk selama tahun 2000 -
2005, sementara kabupaten lainnya mengalami peningkatan jumlah penduduk. Bahkan
Kota Ambon mengalami peningkatan yang cukup tajam, yaitu mencapai 4,98%.
Penyebaran
penduduk di Provinsi Maluku sangat tidak merata. Berdasarkan hasil Registrasi
Penduduk 2006 persentase penduduk Kabupaten Maluku Tengah Tercatat lebih tinggi
dari Kabupaten yang lain yaitu 25,81%, sementara Kabupaten Aru hanya mencapai
5,23%.
Luas
wilayah Provinsi Maluku secara keseluruhan adalah 581.376 km2,
terdiri dari luas lautan 527.191 km2 dan luas daratan 54.185 km2.
Dengan kata lain sekitar 90% wilayah Provinsi Maluku adalah lautan.
Provinsi
Maluku terletak antara 20dan 30 menit sampai 90Lintang
Selatan dan 124 - 136 derajat Bujur Timur.
Provinsi
Maluku merupakan daerah kepulauan yang terdiri dari 559 pulau, dan dari jumlah
pulau tersebut terdapat beberapa pulau yang tergolong pulau besar.
- Masuknya Islam Di Maluku
Bentuk dan motivasi masuknya Islam ke
Maluku tidak bisa dibicarakan lepas dari bentangan perjalanannya dari Malaka
dan Jawa. Mengambil titik berangkat dari situ, berarti kita diajak untuk
melihat metode-metode dasar yang dipakai para khalifah, yakni melalui tindakan
ekonomi (perdagangan). Tetapi kemudian bagaimana mereka berhasil mengadaptasi
diri di dalam masyarakat, dan membangun komunikasi dengan para pemimpin lokal
di suatu wilayah (aspek politik), serta juga menggunakan mekanisme-mekanisme
kebudayaan sebagai cara mengadaptasi diri secara efektif (aspek kebudayaan).
Setidaknya, dari sisi metode kebudayaan,
setiap jejak yang ditinggalkan Islam di satu daerah juga meninggalkan bukti
bahwa Islam sangat intens berdialog dengan kebudayaan masyarakat setempat.
Contoh paling sederhana adalah ketika ada peninggalan mesjid-mesjid yang khas
Jawa, Banten, atau juga mesjid-mesjid yang khas Maluku (seperti Mesjid Wapauwe
di Hila).
Titik berangkat itu yang membuat
pertemuan Islam dengan Kerajaan Ternate berlangsung tanpa masalah yang berarti.
Kerangka kebudayaan orang-orang Ternate malah dijadikan sebagai batu loncatan
dalam melebarkan ajaran-ajaran Islam sampai ke pelosok-pelosok. Para ulama
lokal, malah nekat bertandang ke Gresik dan Tuban untuk memperdalam ilmu Islam,
dan kembali menyebar Islam di negerinya itu.
Pendekatan yang sama pun digunakan
ketika Islam mulai masuk ke Ambon, melalui Hitu. Dialog yang intens dengan
kebudayaan kembali terjadi di situ. Dan itu merupakan bukti bahwa perdagangan
atau aspek ekonomi hanya menjadi instrumen yang mendorong Islam bergerak dari
suatu tempat ke tempat lain, tetapi kebudayaan menjadi instrumen yang membangun
rasa keislaman yang tinggi di dalam hidup masyarakat.
Kemudian, ketika Islam masuk ke
Indonesia kekuatan koloni Eropa belum bergerak, atau dominasi perdagangan
rempah-rempah masih dipegang oleh pedagang Cina dan Arab. Ketika masuk ke
Indonesia, Islam merajai jalur-jalur perdagangan yang penting seperti: pesisir
Sumatera di selat Malaka, semenanjung Malaya, pesisir utara Jawa, Brunei, Sulu
dan Maluku. Jalur perdagangan kayu cendana di Timor dan Islam masih tetap
menjadi wilayah non-Islam, dan kurang diminati pada pedagang Islam.
Walau begitu, ketegangan di
kerajaan-kerajaan lokal di Maluku, seperti di Ternate tidak bisa diabaikan
sebagai bagian dari fakta sejarah ketika Islam berjumpa dengan masyarakat di
sana. Tetapi satu hal yang menarik adalah Islam Maluku yang terbentuk dari
Ternate itu kemudian meluas ke pulau Ambon, dan terbentuk suatu Pan-Islami,
yang terus berkembang ke daerah Lease. Seiring dengan itu, kerajaan Iha di
Saparua menjadi simbol kekuatan Islam baru di Maluku Tengah, selain Hitu.
Islamisasi Ternate, Hitu, Lease
sebenarnya berlangsung secara wajar karena kekuatan perdagangan Islam mulai
terbentuk di kawasan itu. Paramitha Abdoerachman mengatakan Hitu menjadi
penting karena banyak pedagang mendapat pasokan air tawar dari situ. Fakta ini
pun sebenarnya sama dengan ketika Banda menjadi bandar Islam yang cukup
penting, karena pasokan ikan yang enak kepada para pedagang.
Politik damai itu melahirkan simpati
kelompok lokal yang semula memeluk agama asli (agama suku) menjadi penganut
Islam yang rajin. Bahkan hal itu pun terlihat ketika negeri-negeri Hatuhaha
Amarima kemudian menjadi pusat kemashyuran Islam tertua di Lease. Untuk yang
satu ini memang perlu penelitian lebih mendalam, sebab Islam Hatuhaha Amarima
memiliki tatanan ritus Islami yang khas dan kontekstual, seperti ritus Puasa
dan Haji.
Di Maluku kita akan menemui bagaimana
orang-orang Islam Tulehu, Liang, Tial, Hila, Latu, Kasieh, Lisabata, Pelauw,
Ori, Kailolo, Iha, menggunakan bahasa ibu mereka dalam komunikasi sesehari.
Bahasa Arab menjadi bahasa agama yang digunakan dalam upacara sakral agama,
tetapi kesehariannya menggunakan bahasa setempat. Fenomena ini tidak lagi
ditemui pada negeri-negeri Kristen, kecuali di Maluku Tenggara, tetapi juga
sudah mulai ditinggalkan oleh generasi mudanya.
Pada sisi ini, Islam Maluku adalah suatu
hasil adaptasi kebudayaan yang sangat penting. Dalam adaptasi itu bagaimana
struktur bahasa setempat dijadikan sebagai mekanisme penyebaran ajaran agama,
dan ditempatkan sebagai unsur yang penting.
Hal ini yang membuat corak kultural di
dalam Islam begitu kuat, karena itu agamanya menjadi gampang diterima dan
dipandang sebagai agama yang “membawa damai”. Unsur kedamaian yang dirasakan
itu adalah ketika masyarakat tetap berkomunikasi dengan bahasanya, sehingga
mereka tidak merasa teralienasi dari kelompok besar.
Memang dalam menentukan corak kultural
kepada Islam Maluku kita perlu mempertimbangkan kembali beberapa hal seperti,
sejauhmana Islam Maluku itu memanfaatkan ritus-ritus adat sebagai suatu bentuk
kontekstualisasinya. Orang Islam, menurut Chauvel, memang tidak suka dengan
struktur raja seperti diintroduksi oleh Eropa, dan karena itu malah menganggap
[sebagian dari] adat sebagai yang mengandung unsur kafir dan haram.
Tetapi adaptasi Islam Maluku ke dalam
bahasa setempat memperlihatkan suatu corak beragama yang unik.
Agama
Islam memasuki kepulauan Maluku jelas melalui pedagang-pedagang dan
mubalig-mubalig Islam yang ikut bersama mereka. Mengenai tanggal waktu yang
tepat dan di daerah mana mula-mula agama ini masuk dan berkembang tidak/belum
dapat dipastikan. Namun yang jelas ialah bahwa kira-kira pada abad pertengahan
ke 15 agama Islam ini sudah dianut dan bertumbuh pada kerajaan-kerajaan di
Maluku Utara.
Menurut
Sejarah, pada abad ke 10 dan abad ke 11 sudah ramai perniagaan rempah-rempah di
Kepulauan Maluku, terutama cengkeh dan pala, yang dilakukan orang Arab dan Persia.
Diceritakan
bahwa di Ternate telah datang seorang ulama Islam yang bernama Datu Maulana
Husein. Ulama ini sangat pandai membaca Al-Qur’an dengan suara yang merdu dan
menarik, sehingga penduduk yang mendengarkannya jadi tertarik. Sebelum penduduk
diajarkan membaca Al-Qur’an, diharuskannya mengucapkan dua kalimat syahadat,
sehingga sejak saat itu mulailah penduduk Ternate masuk dan menerima Islam
sebagai agamanya.
Atas
ajakan Datu Maulana Husein, maka raja Ternate saat itu, Gapi Buta menerima
Islam dan mengganti namanya menjadi Sultan Zainal Abidin (14651486 M) yang
setelah mangkat baginda disebut Sultan Marhum pada tahun 1486 M.
Sumber
sejarah lama dan cerita rakyat secara tradisonal menyebutkan bahwa semua sultan
yang memerintah di empat kerajaan utama di Maluku Utara, berasal dari keturunan
Jafar Sadik, seorang bangsa Arab keturunan Nabi Muhammad saw. Jafar Sadik kawin
dengan puteri Nur Safah, yang tiba di Ternate pada tanggal 10 Muharram 470 H
(kira-kira 1015 M). selanjutnya diceritakan bahwa dari perkawinan ini mereka
dikaruniai delapan orang anak, empat putra dan empat putri. Keempat putra ini
menjadi sultan-sultan pertama dari keempat kerajaan yaitu Ternate, Tidore,
Jailolo dan Bacan.
- Kerajaan Bacan, sultan pertamanya adalah Kaitjil Buka.
- Kerajaan Ternate, sultan pertamanya adalah Sultan Masyhur Malamo. Sultan ke-44 yaitu sultan terakhir adalah Sultan Iskandar Muhammad Jabir.
- Kerajaan Tidore, yang menjadi sultan pertama adalah Sultan Suhadjati, bergelar Muhammad Bakil pada tahun 502 H. sultan ke-35 (sekarang) adalah Sultan Zainal Abidin Alting yang dinobatkan pada tahun 1366 H/1947 M.
- Kerajaan Jailolo, sultan pertamanya adalah Darajati. Sultan ke-16 (yang terakhir) adalah Sultan Tolabuddin.
Menilik
berita yang dibawakan oleh pengembara Arab di zaman itu, di antaranya berita
dari pengembara al-Mas’udi, maka orang Arab memang telah sampai ke Timur Jauh
pada abad 6, abad 7, dan 9, dan seterusnya. Sebelum penjajah Portugis, orang
Arablah yang memegang kendali perniagaan di Selat Malaka sampai ke Tionkok. Di
Canton telah didapati orang-orang Arab dan pos perniagaan mereka.
Kemudian Kerajaan Ternate dan Tidore merupakan dua
kerajaan di kepulauan Maluku. Dalam sejarah perkembangannya, kedua kerajaan
tersebut bersaing untuk memperebutkan kekuasaan politik dan ekonomi. Tidak
jarang mereka melibatkan kekuatan-kekuatan asing, seperti Portugis, Spanyol dan
Belanda. Kekuatan-kekuatan asing tersebut dalam perkembangannya berambisi pula
untuk menguasai secara monopoli perdagangan rempah-rempah di kawasan ini. Persaingan
antara kerajaan Ternate dan Tidore diperburuk dengan ikut campurnya bangsa
Portugis yang membantu Ternate dan bangsa Spanyol yang membantu Tidore. Setelah
memperoleh keuntungan, kedua bangsa barat tersebut bersepakat untuk
menyelesaikan persaingan mereka dalam Perjanjian Saragosa ( 22 April
1529). Hasil perjanjian tersebut, Spanyol harus meninggalkan Maluku dan
menguasai Philipina, sedangkan Portugis tetap melakukan perdagangan di
kepulauan Maluku.
Walaupun sedang bersaing memperebutkan hegemoni di kawasan
tersebut, kerajaan-kerajaan di Maluku tetap tidak menginginkan bangsa-bangsa
barat mengganggu kegiatan perdagangan di kawasan tersebut. Hal itu merupakan
salah satu ciri kerajaan-kerajaan Islam di Maluku. Oleh karena itu, mereka
selalu mengadakan perlawanan terhadap kekuasaan asing. Misalnya, perlawanan
yang dilakukan oleh Sultan Hairun (1550 – 1570 M) dan perlawanan Sultan
Baabullah (1570-1583). Perlawanan yang terakhir ini mampu memaksa bangsa
Portugis meninggalkan Maluku dan memindahkan kegiatannya ke Timor Timur
(sekarang Timor Leste). Adapaun perlawanan terhadap Belanda dilakukan pada masa
pemerintahan Sultan Nuku (1780 – 1805 M).
Di
Tidore datang pula sorang pendakwah alim dari tanah Arab bernama Syekh Mansur.
Atas ajakan Syekh Mansur ini, maka Raja Tidore yang bernama Kolano Giriliyati
masuk Islam dan mengganti namanya menjadi Sultan Jamaluddin.
Dalam
penyebaran Islam ke Sulu dan Mindanau, Kesultanan Ternate berperan besar.
Menurut berita bangsa Spranyol, pada tahun 1857 M penyebar-penyebar Islam ke
Mindanau itu datang dari Brunei dan Ternate. Di Mindanau para penyebar Islam
ini mendirikan madrasah dan masjid.
Masuknya
Islam di daerah Pulau Seram Barat adalah dimulai dari daerah Latu dan Bualoy.
Disebtukan bahwa pnyebar Islam di daerah ini adalah Maulana Zainal Abidin.
Pemeluk
Islam pertama adalah Kapiten Nunusaku (Kapitan Iho Lussy) yang berguru kepada
Maulana Zainal Abidin, setelah Iho Lussy memperoleh ilmu agama Islam yang
cukup, maka ia pun aktif berdakwah seperti gurunya. Sebagian besar penduduk di
daerah Seram memeluk agama Islam adalah berkat jasa kedua pendakwah ini.
Setelah Kapitan Iho Lussy wafat maka tugas dakwah Islam dilanjutkan oleh
anaknya yaitu Muhammad Lussy.
Masuknya
Islam didaerah Maluku Tengah adalah melalui pedagang Islam yang datang dari
Jawa Timur. Pusat Islam di Jawa Timur sesudah runtuhnya Majapahit adalah
Gresik. Dari Gresik inilah datang ulama Islam bersama para pedagang ke Pulau
Ambon, dan mereka semua berpusat di kota pelabuhan Hitu. Jadi, Hitu menjadi
pusat penyebaran Islam pada daerah sekitarnya pada tahun 1500 M. diduga
masuknya Islam di Pulau Kei pada tahun 1500 M.
Diperkenalkannya
agama Islam kepada penduduk Maluku mengakibatkan timbulnya proses Islamisasi. Proses
religious cultural ini berpengaruh pada bidang politik pemerintahan sehingga
timbul Kerajaan Islam. Islam juga memperkaya hukum adat setempat. Hukum Islam
Nampak bergandengan dengan hukum adat. Penggunaan huruf Arab oleh raja-raja,
bangsawan, dan penduduk setempat memperkaya pula bahasa daerah. Dari sudut
kultur, agama Islam ikut pula menentukan corak kebudayaan masyarakat Maluku
yang bercorak Islam.
Pada
tahun 1564 M telah disepakati suatu perjanjian oleh Portugis dan Ternate. Untuk
mereayakan penandatanganan perjanjian ini, Portugis mengundang Sultan Khairun
untuk datang ke kapal Portugis. Yang tidak disukai oleh Sultan Khairun adalah
usaha Kristenisasi oleh orang Portugis terhadap rakyatnya yang sudah memeluk
Islam. Di saat perjamuan di atas kapal Portugis itu, Sultan Khairum ditikan
secara keji oleh salah seorang pengawal/adik dari Gubernur De Mesquite sehinga
beliau tewas.
Setelah
kejadian ini, putra Sultan Khairun, yaitu Babullah naik tahta menggantikannya.
Sultan Babullah (1570-1583 M) memaklumkan perang kepada Portugis. Sultan Tidore
berdiri di belakang Ternate. Benteng pertahanan Portugis di Ambon diserbu
pasukan Sultan Babullah sehingga bedera Portugis di sini diturunkan orang
Ternate/ Tidore dari bentengnya. Kemudian benteng Portugis ini dibakar hingga
habis dan orang Portugis yang masih hidup menyingkir ke Malaka.
Sampai
tahun 1580 M Ternate dengan Sultan Babullah telah meluaskan kekuasannya ke
pulau-pulau sekelilingnya sehingga membentang dari Pulau Mindanau (Filiphina)
sampai ke Sumbawa (ini dari utara ke selatan) dan dari Irian ke Sulawesi (dari
timur ke barat) termasuk Pulau Buton. Juga Ternate mengirimkan para pendakwah
untuk mengajak masuk Islam kepada Buton, Makassar (Ujung Pandang), dan Gowa di
Sulawesi. Sultan Babullah mangkat pada tahun 1583 M.
Masjid
sebagai bangunan-bangunan sacral dari agama Islam mulai dikenal di Maluku
meskipun corak bangunannya itu sendiri mempunyai corak Indonesia dengan atap
yang bersusun. Dengan demikian dilihat dari sudut kultur, maka agama Islam
turut menentukan corak kebudayaan di daerah Maluku, yaitu kebudayaan yang
bercorak Islam.
- Penutup
Agama Islam memasuki kepulauan Maluku
jelas melalui pedagang-pedagang dan mubalig-mubalig Islam yang ikut bersama
mereka. Mengenai tanggal waktu yang tepat dan di daerah mana mula-mula agama
ini masuk dan berkembang tidak/belum dapat dipastikan. Namun yang jelas ialah
bahwa kira-kira pada abad pertengahan ke 15 agama Islam ini sudah dianut dan
bertumbuh pada kerajaan-kerajaan di Maluku Utara.
Diperkenalkannya
agama Islam kepada penduduk Maluku mengakibatkan timbulnya proses Islamisasi.
Proses religious cultural ini berpengaruh pada bidang politik pemerintahan
sehingga timbul Kerajaan Islam. Islam juga memperkaya hukum adat setempat.
Hukum Islam Nampak bergandengan dengan hukum adat. Penggunaan huruf Arab oleh
raja-raja, bangsawan, dan penduduk setempat memperkaya pula bahasa daerah. Dari
sudut kultur, agama Islam ikut pula menentukan corak kebudayaan masyarakat
Maluku yang bercorak Islam.
Daftar Pustaka
Buku Rujukan :
Alwi, Des. Sejarah Maluku, Banda
Neira, Ternate, Tidore dan Ambon. Jakarta: Dian Rakyat. 2005.
Monografi
Daerah Maluku.
T.k: Proyek Media Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. T.t.
Putuhena, Saleh. “Sejarah Agama Islam di
Ternate”, dalam E.K.M. Masinambouw, eds., Halmahera dan Raja Ampat.
Jakarta: Pt. Bhratara. 1980.
Reid, Anthony. Sejarah Modern Awal
Asia Tenggara. Pengantar oleh. R.Z. Leirissa, Jakarta: LP3ES. 2004.
Ricklefs, M.C. Sejarah Indonesia
Modern, 1200-2004. Jakarta: Serambi. Cetakan kedua.2005.
Syamsu As, M. Ulama Pembawa Islam Di
Indonesia. Jakarta: Lentera. 1999.
Sumber Internet :
Wahid.
Kerajaan Ternate Dan Tidore. http://id.shvoong.com/humanities/history/1901773-kerajaan-ternate-dan-tidore/.
2009. Di Unduh pada 20/11/2011. Pukul 15:44.
Maluku. http://id.wikipedia.org/wiki/Maluku.
Di Unduh pada 20/11/2011. Pukul 15:26.
Maspaitella,
Elifas. Islam Maluku. Ambon:
http://kutikata.blogspot.com/2008/05/islam-maluku.html. 2008. Di Unduh pada
20/11/2011. Pukul 15:37.
Badan
Pusat Statistik Provinsi Maluku. Provinsi Maluku. Ambon:
http://maluku.bps.go.id/?pilih=mal. Di Unduh pada 20/11/2011. Pukul 15:30.
Ahira,
Anne. Sejarah Islam Di Nusantara.
http://www.anneahira.com/sejarah-islam-di-nusantara.htm. Di Unduh pada
20/11/2011. Pukul 15:39.
Perkembangan Kerajaan Islam di Nusantara. http://www.e-dukasi.net/index.php?mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/view&id=149&uniq=2570.
Di Unduh pada 20/11/2011. Pukul 15:41.
0 komentar:
Posting Komentar