Laman

Kamis, 01 Desember 2016

17 Cara Menurunkan Berat Badan

 17 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini!


Mengkonsumsi makanan diatas memang dapat membantu menurunkan berat badan namun sebaiknya konsumsi makanan tersebut dibarengi dengan aktifitas fisik dan konsumsi cairan yang memadai. Selain itu, tidak ada cara cepat menurunkan berat badan secara instant, karena semua butuh proses, ketekunan dan kedisiplinan. Jika anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi anda sebelum mencoba makanan diatas. Selamat mencoba!
Cara menurunkan berat badan – Jika anda tidak suka dengan program diet dan tidak punya waktu atau malas berolahraga maka mengkonsumsi makanan yang tepat dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa bahan makanan dan buah-buahan alami dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan dengan menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh serta mencegah timbulnya berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, dan diabetes.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Mengkonsumsi Makanan Sehat Yang Terbukti Secara Ilmiah

Berikut ini adalah daftar makanan sehat yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi timbunan lemak, menekan nafsu makan dan efektif dalam membantu penurunan berat badan. Makanan penurun berat badan tersebut antara lain:

1. Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman yang memiliki lebih banyak manfaat bagi kesehatan dibandingkan dengan kopi dan minuman lainnya. Teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG), salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu menjaga berat badan. EGCG dalam teh hijau mampu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh khususnya pada perut sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam The International Journal of Obesity pada tahun 2009. Selain itu, teh hijau juga merupakan makanan pencegah kanker.

teh hijau bermanfaat untuk menurunkan berat badan
Teh hijau bermanfaat untuk menurunkan berat badan
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Pennsylvania State University pada tahun 2014 melaporkan bahwa EGCG dalam teh hijau mampu mencegah penyerapan lemak dan meningkatkan pembakaran dalam tubuh sehingga berat badan tetap terkontrol. Untuk membantu menurunkan berat badan, minumlah teh hijau dua hingga tiga cangkir dalam sehari.

2. Alpukat

Meskipun buah alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi ternyata buah yang satu ini justru dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan asam lemak tidak jenuh pada alpukat dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, alpukat juga kaya akan senyawa L-carnitine yang berperan dalam metabolisme lemak menjadi energi serta serat larut maupun tidak larut yang terbukti efektif dalam menurunkan berat badan.
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Nutritional Journal melaporkan bahwa mengkonsumsi setengah bagian buah alpukat saat makan siang dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar dalam 3 hingga 5 jam setelah waktu makan berlalu.
Studi lainnya yang dipublikasikan dalam Critical Reviews in Food Science pada tahun 2013 menyebutkan bahwa alpukat dapat membantu mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mampu mengontrol kadar gula dalam tubuh. Anda dapat mendapatkan semua manfaat ini dengan hanya mengkonsumsi setengah bagian buah alpukat setiap hari.

3. Almonds

Siapa sangka jika kacang almonds yang biasa kita konsumsi sebagai snack dapat membantu melangsingkan tubuh. Almonds adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung serat, protein dan lemak tak jenuh yang berperan dalam menjaga dan mengurangi berat badan.
Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh The European Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2013 menyebutkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi 150 gram almonds setiap hari selama empat minggu berturut-turut tidak mengalami kenaikan berat badan sama sekali. Selain itu, Vitamin B dan Zinc yang terkandung dalam almonds juga dapat mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis atau yang dikenal dengan istilah sugar craving.
Untuk mendapatkan manfaat almonds anda hanya perlu mengkonsumsi segenggam kacang almond kering atau yang telah direndam terlebih dahulu sebagai snack setiap hari atau anda juga dapat mengkonsumsi susu almond yang tidak mengandung gula. Hindari konsumsi almonds berlebihan mengingat kalori yang terkandung dalam kacang almond cukup tinggi.

4. Blueberry

Blueberry layak digolongkan sebagai salah satu makanan terbaik untuk menurunkan berat badan. Blueberry kaya akan antioksidan yang dapat menangkal pengaruh radikal bebas. Tidak hanya itu, blueberry mengandung serat dan cairan yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama serta menekan nafsu makan. Mineral mangan yang terkandung dalam blueberry juga mampu meningkatkan metabolisme protein, lemak dan karbohidrat sehingga tidak tertimbun dalam tubuh.
blueberry merupakan buah yang baik untuk diet
Blueberry : buah yang baik untuk diet
Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari Universitas Michigan, Amerika pada tahun 2009 menyebutkan bahwa blueberry dapat menghilangkan lemak perut secara efektif dan menurunkan resiko gangguan metabolisme.
Anda dapat mengkonsumsi satu cangkir blueberry setiap hari sebagai snack atau campuran salad dan jus buah untuk menjaga dan menurunkan berat badan.

5. Grapefruit

Buah yang satu ini memang belum familiar dengan masyarakat Indonesia pada umumnya karena buah yang masih tergolong dalam keluarga jeruk ini berasal dari benua Amerika. Grapefruit hampir menyerupai jeruk bali namun bulir buahnya berwarna ungu seperti buah anggur.
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Medicinal Food pada tahun 2006 menyebutkan bahwa cara menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi grapefruit sebelum makan dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Grapefruit juga mengandung enzim yang dapat membakar lemak dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Tidak hanya itu, grapefruit juga meningkatkan kepekaan hormon insulin yang juga berpengaruh dalam metabolisme tubuh dan pengaturan berat badan. Studi lainnya yang dilakukan ilmuwan dari Universitas Barkeley juga menyebutkan bahwa grapefruit dapat mengurangi kenaikan berat badan hingga 18%.
Cobalah untuk mengkonsumsi setengah buah grapefruit sebelum sarapan. Kandungan air dan serat yang tinggi dalam grapefruit mampu menekan rasa lapar dan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Meskipun demikian, grapefruit sebaiknya dihindari oleh mereka yang rutin mengkonsumsi obat-obatan seperti statins dan antihistamin.

6. Flaxseeds

Flaxseeds adalah biji bunga flax atau Linium usistatissium yang berasal dari benua Amerika. Bentuk flaxseed yang lebih menyerupai biji wijen mengandung serat pangan dan lemak sehat yang sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam The Appetite Journal pada tahun 2012 menyebutkan bahwa minuman yang mengandung 2.5 gram serat flaxseeds mampu menimbulkan rasa kenyang, menekan rasa lapar dan nafsu makan seseorang
Studi lainnya yang dipublikasikan dalam The European Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2013 menyebutkan bahwa kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi pada flaxseeds dapat mencegah obesitas secara efektif. Untuk menjaga dan menurunkan berat badan, tambahkan 1 atau 2 sendok flaxseeds yang telah dihaluskan pada jus, smoothies, sereal, salad atau sup kesukaan anda. Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi cairan saat anda menambahkan flaxseed pada menu diet.

7. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu superfood atau makanan sehat dikonsumsi saat diet terutama mereka yang ingin menurunkan berat badan. Oatmeal mengandung serat larut beta glucan yang mampu mengurangi kadar lemak dalam tubuh, memberikan rasa kenyang dan menekan rasa lapar. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Nutrition menyebutkan bahwa kadar serat larut oatmeal lebih tinggi dibandingkan jenis sereal lainnya. Studi lain juga menyebutkan bahwa konsumsi rutin oatmeal dapat menurunkan berat badan dan mengurangi lingkar pinggang secara efektif.
Cobalah untuk mengkonsumsi oatmeal yang dicampur susu, buah atau sayuran sebagai sereal sarapan di pagi hari dan rasakan manfaatnya. Cara menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi oatmeal memang belum terbiasa di Indonesia, setidaknya patut anda coba.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal Metabolism pada tahun 2011 menyebutkan bahwa protein yang terkandung dalam daging ikan salmon merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan dalam mempertahankan berat badan ideal, kadar lemak dalam tubuh serta mengontrol reaksi peradangan dan kepekaan hormon insulin. Cobalah untuk mengkonsumsi salmon segar yang dipanggang atau dibakar, dua hingga tiga kali dalam dibakar untuk mendapatkan manfaatnya.

9. Jeruk

Mengkonsumsi buah jeruk yang segar dan kaya serat serta protein ternyata dapat membantu mengurangi berat badan berlebih. Sebuah riset yang dipublikasikan oleh American College of Nutrition pada tahun 2005 menyebutkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi makanan kaya vitamin C memiliki index massa tubuh yang lebih rendah dibandingkan mereka yang kurang mengkonsumsi vitamin C.
Jeruk juga kaya akan serat yang lebih lambat dicerna sehingga membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama, dan hal ini telah dibuktikan melalui sebuah studi yang dipublikasikan dalam Nutritional Journal pada tahun 2009. Memulai hari dengan mengkonsumsi sebuah jeruk segar atau segelas jus jeruk dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga tubuh anda tetap fit sepanjang hari.

10. Dark Chocolate

Kita sering beranggapan bahwa mengkonsumsi coklat dapat membuat kita menjadi gemuk. Akan tetapi, dark chocolate atau coklat masak pekat yang merupakan salah satu jenis olahan coklat ternyata dapat membantu mengatasi masalah berat badan berlebih. Kandungan coklat yang tinggi dalam dark chocolate dilengkapi dengan antioksidan yang dapat membuat tubuh menjadi lebih langsing.
dark chocolate
Dark Chocolate
Sebuah studi pada tahun 2014 yang dipublikasikan dalam Phytotherapy Research menyebutkan bahwa dark chocolate memiliki pengaruh positif pada penurunan berat badan dan mampu mengah obesitas dengan cara menghambat ekspresi gen penghasil sel lemak serta mencegah terserapnya lemak makanan dalam tubuh. Studi lainnya yang dipublikasikan oleh Journal Regulatory Peptides pada tahun 2010 melaporkan bahwa dark chocolate dapat menurunkan kadar hormon ghrelin dalam tubuh yang memicu rasa lapar.
Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, dark chocolate juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah atherosclerosis atau pengerasan pembuluh arteri yang biasanya terjadi pada seseorang dengan masalah obesitas. Untuk menurunkan berat badan, konsumsilah dark chocolate yang rendah gula dengan kompisisi coklat antara 70 hingga 85% dan batasi konsumsi coklat yang tinggi kalori hingga 100 gr setiap hari, tiga kali dalam seminggu.

11. Jahe

Jahe mampu secara efektif sebagai obat alami menurunkan berat badan. Sebuah studi 2012 diterbitkan dalam jurnal Metabolism: Clinical and Experimental, menemukan bahwa mengkonsumsi jahe meningkatkan efek thermic makanan dan meningkatkan perasaan kenyang. Cara diet sehat alami ini mencegah kebiasaan ngemil dan mengkonsumsi makanan berkalori tinggi. Selain itu, jahe meningkatkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Caranya: Minum 2-3 cangkir wedang jahe setiap hari. Mudah bukan? Anda bisa mencoba cara melangsingkan badan dengan memanfaatkan jahe ini secara rutin.

12. Kunyit

Kunyit juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Kurkumin, salah satu kandungan dalam kunyit merupakan bahan aktif yang membantu meningkatkan aliran empedu. Hal ini penting untuk memecah lemak dalam tubuh. Kunyit juga meningkatkan resistensi insulin yang terkait dengan obesitas dan gangguan metabolik. Caranya: Siapkan 1 sdt bubuk kunyit, 1 sdt perasan jeruk nipis dan sedikit madu asli dalam 1 gelas kecil air hangat. Minum ramuan ini sehari sekali.

13. Peppermint

Peppermint juga dapat membantu mengurangi berat badan. Sebagai penekan nafsu makan alami, membantu mengurangi rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan serta mengurangi asupan kalori tidak perlu. Peppermint juga membantu pencernaan dan mengurangi kembung. Selain itu, penenang alami pada peppermint membantu mengurangi stres, salah satu penyebab berat badan berlebih.
peppermint
Peppermint : penekan nafsu makan alami
Caranya: Beli Teh Peppermint di supermarket. Minum 2-3 cangkir teh peppermint setiap hari. Selain itu anda juga bisa mencoba dengan menaruh beberapa tetes minyak peppermint pada sapu tangan dan menghirupnya. Terapi ini akan membantu mengurangi selera makan.

14. Jus Lemon

Lemon adalah salah satu obat alami untuk jerawat, juga buah untuk melawan obesitas. Lemon membantu meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi. Pencernaan yang sehat adalah prasyarat penting untuk menurunkan berat badan karena membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk membakar lemak. Selain itu, lemon membantu menghilangkan racun dari tubuh yang memperlambat metabolisme.
Caranya: Campurkan 3 sdt jus lemon, 1 sdt madu dan 1 sdt bubuk lada hitam dalam satu gelas air. Minum ramuan ini pada pagi hari saat perut kosong. Lakukan hal ini setiap hari selama setidaknya tiga bulan. Jika kesulitan, Anda juga bisa hanya mengkonsumsi segelas air hangat dicampur dengan perasan lemon setiap hari.

15. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan obat alami yang populer untuk mengurangi kelebihan berat badan. Cuka sari apel membantu memecah lemak dalam tubuh dan dengan demikian mencegah akumulasi lemak tubuh. Caranya: Campur 2 sdt cuka sari apel dalam segelas air. Minum setiap hari di pagi hari dan sebaiknya sebelum makan. Lakukan hal ini rutin setiap hari hingga ada perubahan pada berat badan anda.

16. Tomat

Selain bagus untuk memutihkan wajah, mengkonsumsi tomat setiap pagi pada saat perut kosong mampu membantu mengurangi berat badan. Tomat mengandung senyawa yang mengubah kadar hormon yang mempengaruhi nafsu makan. Selain itu, tomat kaya vitamin A, C, dan K, magnesium, mangan, kolin, folat, dan nutrisi lainnya, baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dan juga mengandung antioksidan yang melindungi tubuh terhadap serangan penyakit kanker.

17. Kubis

Kubis biasanya merupakan menu yang masuk dalam program diet. Kubis mengandung asam tartarat yang menghambat konversi gula dan karbohidrat menjadi lemak. Selain itu, kubis sangat kaya vitamin C dan rendah kalori, tetapi tinggi kandungan serat dan air.
kubis
Kubis : menu diet sehat
Mencampurkan kubis sebagai sayur penambah makanan, mengandung phytochemical yang membantu memperbaiki ketidakseimbangan metabolisme estrogen yang tidak hanya menyebabkan tubuh anda menyimpan lemak tetapi juga mengakibatkan kanker payudara, kanker ovarium, dan lain-lain. Sayuran lain seperti brokoli, juga bermanfaat dalam menu makanan sehat untuk diet.

Tips Diet Sehat

Selain makanan sehat untuk diet yang telah disebutkan diatas, pola kebiasaan sehari-hari yang kurang sehat juga perlu anda rubah. Berikut ini tips agar diet anda berjalan dengan sempurna.
  • Matikan TV!
Kecenderungan nonton tv berakibat kurang baik pada program diet anda, terlebih lagi terdapat makanan/snack yang selalu menemani saat nonton tv. Nonton tv mengakibatkan anda lupa waktu dan mengabaikan hal-hal penting yang seharusnya ada dalam program diet anda. Jadi? Segera matikan tv, luangkan waktu untuk berolahraga ringan atau bercanda bersama keluarga.
  • Timbang tubuh anda rutin setiap hari.
Anda perlu memantau perubahan berat pada diri anda. Jika terdapat sesi waktu yang dimana terdapat penurunan berat badan secara signifikan, ingat-ingat apa yang sudah anda lalui sebelumnya. Catat hal tersebut, dan masukkan pada agenda diet berikutnya.
Selain itu, hindari begadang, aktivitas olahraga dan program makanan diet membutuhkan tidur yang cukup agar tubuh tetap sehat dan bugar keesokan harinya. Kurang tidur membuat kesehatan anda memburuk dan merusak jadwal diet secara keseluruhan.
Mengkonsumsi makanan diatas memang dapat membantu menurunkan berat badan namun sebaiknya konsumsi makanan tersebut dibarengi dengan aktifitas fisik dan konsumsi cairan yang memadai. Selain itu, tidak ada cara cepat menurunkan berat badan secara instant, karena semua butuh proses, ketekunan dan kedisiplinan. Jika anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi anda sebelum mencoba makanan diatas. Selamat mencoba!

sumber : sehatsatu


Reaksi:

0 komentar: