Senin, 26 Januari 2015

Kumpulan Foto-foto batu permata, jenis, kualitas & khasiatnya

Kumpulan Foto-foto batu permata, jenis, kualitas & khasiatnya

 

Batu Akik

Kata akik, menurut Kamus Istilah Geologi yang disusun M.M. Poerbohadiwidjojo, berasal dari kata agate atau agat yang artinya adalah sejenis mineral silika (SiO2)- yang lazim disebut kuarsa amorf atau kriptokristalin- berwarna dan berlapis. Itulah yang menjadi bahan batu akik. (Cek juga: 20 Foto contoh akik krital agate: Murah tapi menawan)

Warna akik bisa tunggal bisa pula banyak warna. Kedudukannya pun bisa beraturan atau tidak beraturan.

Batu Akik (Batu Agaat)

Batu Akik (Batu Agaat)

Mengenai manfaat atau khasiat batu akik, hal ini menimbulkan pro kontra. Bagi Si Momot sendiri, batu akik jelas bermanfaat untuk memperindah cincin jika dijadikan mata cincin dan memperindah kalung jika digunakan sebagai mata kalung dan seterusnya. Di luar manfaat di sisi keindahan, Si Momot hanya menyerahkannya kepada pembaca.

Sebagai sebuah fakta budaya, banyak orang yang percaya pada manfaat atau khasiat batu akik, berdasar namanya seperti misalnya:

Akik Lumut: Dapat meningkatkan hubungan dengan alam sekitar. Lumut Hijau membantu menghilangkan racun dalam darah dan menyeimbangkan energi emosional. Lumut Merah membantu membersihkan darah serta menambah stamina fisik.

Akik pohon: Menolong di dalam melakukan introspeksi diri dengan lebih jelas, melihat dunia melalui sudut pandang yang lebih luas dan menurunkan demam serta kadar racun.

Akik Garis/Pita: Membantu dalam menarik kekuatan, mengatasi rasa tidak mempunyai cukup kekuatan atau keberanian

Akik Renda/Jalinan:  Mengatasi keputus-asaan dan depresi, menimbulkan kegembiraan serta relaksasi dari tegangan otot serta kejang. Akik renda biru membantu menyeimbangkan cairan tubuh dan memberi ketenangan emosi.

Akik menyerupai bulu burung: Menguatkan pembuluh darah dan mengatasi rasa takut tanpa sebab yang jelas. Berguna untuk mengurangi rasa takut dalam berburu atau menemukan arah.

Akik bintik-bintik: Perlindungan ekstra terhadap pelawat/pengembara, salah satu batu para petualang

Akik Mata: Melindungi dari kerusakan pada tubuh dan menghilangkan pikiran negatif

Akik Dendrite: Menyeimbangkan kadar gula darah. Merupakan batu para petualang untuk memberikan keamanan dan kekuatan

Akik India: Memberikan kekuatan jasmani, mengatasi perasaan tidak aman/tidak sejahtera dan menghilangkan kelemahan fisik serta emosional.

Akik Botswana: Mengatasi ketidakpastian dari arah dan tujuan peribadi

 

Batu Akuamarin

Batu aquamarine di Indonesia lebih dikenal dengan nama batu biru laut. Aquamarine yang artinya “air laut” adalah sejenis batu yang tergolong dalam mineral beryl (beryl dalam bahasa Yunani yang artinya biru kehijau-hijauan) sama seperti batu zamrut. Karena batu aquamarine dan batu zamrut sangat berkaitan maka mereka sering dibilang saudara. Warna-warna batu inipun tidak jauh-jauh dari namanya yaitu ada yang biru kehijauan, hijau bening dan biru laut namun batu aquamarine yang paling diminati adalah yang berwarna biru agak kental. Aquamarine dan zamrut sama-sama mempunyai nilai keras 7.5-8 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka berdua menempati di urutan ke lima setelah batu intan, corundum, chrysoberyl dan topaz.

Batu Permata Aquamarine atau beryl

Batu aquamarine juga dapat dibentuk sebagai cabochon supaya menghasilkan efek asterism, efek sinar cahaya yang dihasilkan seperti batu safir bintang atau rubi bintang. Batu aquamarine tidak tahan dalam suhu yang tinggi dan jika dipanaskan dari 800-900 celsius warnanya akan hilang. Jumlah besi dalam struktur aquamarine akan mempengaruhi warna batu. Maka dari itu warna batu ini bervariasi dari biru sampai hijau, warna batu biru laut ini juga dipengaruhi oleh dimana komposisi zat besi itu berkumpul serta tingkat konsentrasinya zat tersebut dalam struktur kristal beryl ini. Warna batu aquamarine dapat dirombak dengan melalui proses heating atau pemanasan. Warnanya yang terlalu jernih dapat diperkental sesuai keinginan para peminat dalam proses tersebut. Batu biru laut juga sangat dikenal sebagai batu yang bebas inklusi.

Batu ini sangat digemari oleh orang-orang Eropa. Kaisar Brasil Dom Pedro dikatakan pernah memiliki batu aquamarine paling bagus dan berkualitas yang pernah ditemukan. Di tahun 1906, putri presiden Amerika Theodore Roosevelt diberikan batu aquamarine sebagai hadiah dan sejak itu batu aquamarine ini dikatakan telah meningkat kepopularitasannya.

Dengan teknologi yang canggih pada zaman ini sekarang orang-orang dapat membuat batu sintetis aquamarine dari bahan yang sama dengan aslinya yaitu beryl namun mereka dapat dibedakan dengan mudah. Aquamarine yang asli terasa dingin jika disentuh sedangkan yang palsu tidak, semua batu aquamarine yang asli akan mengambang jika dimasukkan ke dalam cairan bromoform sedangkan yang palsu akan tenggelam. Hal ini berbeda untuk menguji batu topaz yang disebut asli jika batu topaz tersebut tenggelam di cairan bromoform.

Bagi anda yang ingin membeli batu aquamarine perlu berhati-hati karena batu topaz yang berwarna biru muda sering dijual sebagai batu aquamarine karena mereka sangat mirip. Batu topaz dan batu aquamarine jelas-jelas merupakan dua mineral yang berbeda. Topaz berasal dari kristal arthorhombic sedangkan aquamarine (atau batu beryl) berasal dari keluarga kristal hexagonal. Fisik properti dari kedua batu ini amat serupa namun salah satu perbedaannya terletak pada properti refraksi mereka, topaz memiliki refraksi yang lebih kuat dibandingkan dengan batu biru laut. Komposisi dan kekerasannya juga jelas berbeda. Kadang para penjual yang tidak bertanggung jawab juga sering menggunakan batu zircon biru yang telah melalui proses pemanasan untuk merombak warnanya dan menjualnya sebagai batu aquamarine. Batu-batu serupa lainnya adalah batu spinel biru dan indicolite tourmaline. Maka dari itu sangatlah penting untuk membeli batu biru laut atau batu permata lainnya dari sumber yang terpercaya.

Negara Brazil banyak menghasilkan batu aquamarine.

Kegunaan atau manfaat

Batu aquamarine dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain mempertinggi rasa kasih sayang dalam suatu keluarga dan memberi kebahagiaan terhadap pekerjaan yang berhubungan dengan laut.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan

Dalam dunia astrology atau perbintangan batu aquamarine adalah batu untuk orang yang lahir di bulan Maret (sama halnya dengan bunga narcissus atau bunga daffodil) dan batu aquamarine dihubungkan dengan zodiac Pisces.

 

 

Batu Biduri Laut

Batu biduri laut atau Batu biduri bulan air laut adalah jenis batu yang mempunyai kilau indah dan bisa dijadikan batu cincin. Batu tersebut mempunyai kilau warna biru seperti air laut dan warnanya bisa bergerak bila cincin digerakkan.

Batu Biduri Laut

Konon asal muasal batu tersebut dari sungai yang bertemu dengan laut (air payau) dan masih bisa ditemukan di pinggiran Sungai Ciliwung maupun sungai lainnya.

Hal yang perlu diperhatikan bagi pemilik batu biduri laut adalah dalam hal merawatnya sehingga kilau beningnya bisa bertahan. Cara merawat batu akik (batu biduri laut), antara lain:

    • Bila batu masih bahan bentuklah terlebih dahulu

    • Rendam dengan air oksigen di wadah tertutup

    • Bila sudah bening, gosok batu dengan serbuk intan dan kulit

    • Olesi dengan minyak bayi untuk menjaga warna

Dalam melakukan treatment itu diperlukan kesabaran dalam pelaksanaannya. Bila ingin dijadikan cincin, ikatan yang bagus adalah dari bahan titanium.

 

 

 

Batu biduri bulan  (Moonstone)

Batu biduri bulan terdiri dari potassium alumunium silicate, batu biduri bulan mempunyai nilai keras 6-6.5 berdasarkan daftar keras Mohs dan tergolong pada batu mulia tanggung (half-edelsteen). Batu biduri bulan telah dikenal dan digunakan oleh manusia sebagai perhiasan selama berabad-abad. Di India batu ini termasuk batu yang sakral. Batu biduri bulan amat indah, memberi kesan misterius dan mistik. Cahayanya yang dipancar seperti bulan purnama dan harganya sangat mahal.

biduri bulan

Warna batu biduri bulan bermacam-macam, ada yang putih, kuning, abu-abu, coklat, merah muda, jinga, hijau dan adapun yang tidak berwarna. Berhati-hatilah membeli batu yang satu ini karena banyak yang palsu. Batu biduri bulan yang palsu dibuat oleh kulit kerang yang telah digosok halus. Adapun batu opal murah yang jernih dan dijual sebagai batu biduri bulan.

Kegunaan atau manfaat batu biduri bulan

Batu biduri bulan dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain meningkatkan hasrat, mendatangkan rasa welas-asih, membuat perasaan tajam, melindungi wanita dan bayi dan digunakan untuk para wanita untuk memikat hati pria. Tetapi jika tidak cocok dengan pemakainya batu ini akan mendatangkan rasa sedih dan murung.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan

Batu biduri bulan dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan Juni dan pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 13. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu biduri bulan dihubungkan dengan zodiac Gemini.

 

 

Batu Topaz (Batu Ratna Cempaka)

Batu topaz terdiri dari alumunium oxide dan kiezelzuur. Batu topaz mempunyai nilai keras 8 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka menempati di urutan keempat setelah batu intan, corundum dan chrysoberyl. Batu topaz di Indonesia dikenal dengan berbagai nama seperti batu daud, batu mirah cempaka dan batu selong. Walaupun batu topaz termasuk batu yang amat keras namun batu tersebut tidak boleh terbentur terlampau keras juga dan dalam perubahan suhu yang hebat secara tiba-tiba dapat membuat batu topaz retak.

Belahan topaz dalam berbagai warna, termasuk mistik.Di masa lalu kebanyakan orang berpikir semua batu kuning adalah topaz dan semua batu jenis topaz haruslah berwarna kuning. Warna batu topaz juga bermacam-macam di antaranya warna coklat, merah muda, ungu dan biru. Adapun juga yang tidak berwarna atau transparan dan ada juga yang memiliki beberapa warna namun yang paling diminati atau dicari adalah yang berwarna merah keemasan atau jingga dan yang paling murah dan umum yang berwarna biru (biasanya diperoleh dari Cina). Tidak sedikit penghimpun batu-batu mulia yang tidak bisa membedakan antara batu topaz dengan batu mirah kuning padahal mereka berdua jelas-jelas berbeda. Kini kebanyakan topaz warna biru telah melalui proses radiasi dan pembakaran.

Batu topaz yang berkualitas bagus mempunyai kilau yang sangat tinggi, terang, warnanya bening dan dingin jika disentuh bahkan licin. Apabila menggosok batu topaz ini dengan keras batu ini dapat mengeluarkan api atau hawa listrik yang menarik potongan kertas kecil-kecil.

Tips mengetahui keaslian batu topaz

Jika anda takut membeli batu topaz yang palsu dianjurkan untuk membeli bromoform (semacam cairan) di apotik. Masukkan batu itu ke dalam bromoform tadi. Jika batu itu tenggelam maka batu itu adalah batu topaz asli dan jika mengambang maka batu topaz itu palsu. Hal ini berbeda untuk menguji batu aquamarine yang disebut asli jika batu aquamarine tersebut mengambang di cairan bromoform.

Penghasil terbesar batu topaz adalah Minas Gerais, negara bagian Brazil. Selama 300 tahun daerah distrik Ouro Preto (Brazil) menjadi pemasok topaz terbesar di dunia dengan topaz warna kuning, merah-muda dan oranye. Negara-negara lainnya adalah Amerika, Pakistan, Srilanka, Rusia, Jerman, Mexico, Australia dan Myanmar. Kristal topaz seringkali ditemukan dengan berat berkilo-kilo.

Kegunaan atau manfaat batu topas ratna cempaka

Batu topaz dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain meningkatkan ketegasan dan berpikir logis, memberi penglihatan tajam dan kesabaran, membawa kebahagiaan, menolak penyakit-penyakit bahaya tertentu seperti penyakit gila dan melindungi pemakai dari ancaman bahaya.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan

Batu topaz dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 4, 19 dan yang ke 23. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu topaz adalah batu untuk orang yang lahir di bulan November (sama halnya dengan bunga chrysanthemum) dan batu topaz dihubungkan dengan zodiac Aries dan Sagitarius.

 

 

Batu berlian atau intan

Batu berlian atau untan adalah mineral yang secara kimia merupakan bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon. Intan terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa, terutama faktor kekerasannya dan kemampuannya mendispersikan cahaya. Sifat-sifat ini yang membuat intan digunakan dalam perhiasan dan berbagai penerapan di dalam dunia industri.

batu berlian atau intan

Intan terutama ditambang di Afrika tengah dan selatan, walaupun kandungan intan yang signifikan juga telah ditemukan di Kanada, Rusia, Brasil, dan Australia. Sekitar 130 juta “carat” (26.000 kg) intan ditambang setiap tahun, yang berjumlah kira-kira 9 miliar dollar Amerika Serikat. Selain itu, hampir empat kali berat intan dibuat di dalam makmal sebagai intan sintetik (synthetic diamond).

Penambangan intan

Penambangan intan tradisional di Cempaka, Banjarbaru, Kalimantan Selatan di masa Hindia Belanda, Intan terutama ditambang dari pipa-pipa vulkanis, tempat kandungan intan yang berasal dari bahan-bahan yang dikeluarkan dari dalam Bumi karena tekanan dan temperaturnya sesuai untuk pembentukan intan.

Di Indonesia intan telah lama ditambang di kawasan Martapura, Kalimantan Selatan.

Intan terdapat dari dalam perut bumi yang digali baik secara manual maupun dengan mekanisasi. Sekarang kebanyakan para penambang intan sudah menggunakan mekanisasi, yaitu dengan mesin penyedot untuk menyedot tanah yang sudah digali.

Tanah yang disedot bersama air, dipilah melalui tapisan. Dengan keterampilannya, si penambang bisa membedakan batu biasa, pasir, atau intan. Intan yang baru didapat ini disebut “galuh” di daerah Martapura. Galuh ini masih merupakan intan mentah. Untuk menjadikannya siap pakai, intan harus digosok terlebih dahulu. Penggosokan intan yang ada di masyarakat sebagian besar masih dengan alat tradisional.

 

 

Batu delima (garnet/batu biduri delima)

Batu biduri delima adalah sejenis mineral silikat. Terdapat sejumlah jenis batu delima yang berbeda, tergantung pada logam yang dikandungnya. Kristal batu delima yang ditemukan seringkali berukuran besar dan terlihat cantik. Warna batu delima paling umum merah atau ungu, namun bisa juga ditemukan dalam berbagai warna dan sering digunakan sebagai perhiasan.

Di Amerika Serikat, batu delima adalah batu zodiak bagi orang-orang yang lahir di bulan Januari. Kehadiran batu ini di suatu daerah menunjukan disekitar tempat tersebut terdapat intan.

batu biduri delima

Semua batu biduri delima (garnet) mengandung campuran keizelzuur, sedangkan komposisi batu biduri delima sama sulitnya dengan batu tourmaline. Batu garnet mempunyai nilai keras 6-7.5 berdasarkan daftar keras Mohs. Batu garnet relatif keras dan sangat reflektif, meskipun beberapa varietas garnet lebih rapuh dibandingkan dengan yang lainnya.

Pada umumnya batu garnet sangat mengkilau warnanya dan tembus cahaya. Hampir semua batu garnet mempunyai warna yang dalam dan bermacam-macam warnanya kecuali biru (langka). Di Indonesia batu garnet ini diberi nama bermacam-macam seperti batu manilam anggur, batu biduri delima, batu biduri anggur, dan batu mirah anggur. Biasanya warna batu garnet yang paling disukai adalah warna merah gelap dan kadang-kadang hitam, batu macam itu dinamakan pyrope.

Pembentukan batu garnet atau batu biduri delima

Pembentukan garnet selalu terjadi dalam batuan metamorf. Batu metamorf merupakan batuan yang terbentuk dari lava atau batuan sedimen, yang telah metamorphosized atau berubah karena suatu kekuatan alam. Kekuatan yang paling umum adalah tekanan, panas atau kombinasi keduanya. Kondisi tertentu bisa membentuk garnet di dalam batu metamorf seiring berubahnya batuan tersebut. Sebagai hasilnya, batu ini umumnya ditemukan di batu seperti gneiss dan sekis. Semua garnet mengkristal dalam sistem kristal isometrik (berarti bahwa kesetaraan dalam dimensi, seperti kubus, segi delapan atau dedocahedron).

Banyak orang termasuk para ahli sering keliru melihat garnet sebagai batu ruby karena mereka sangat mirip padahal kedua batu tersebut merupakan dua jenis batu yang berbeda. Warna garnet bermacam-macam termasuk merah, ungu, coklat, hijau, biru, oranye, kuning, tidak berwarna, dan bahkan hitam.

Semua garnet adalah variasi pada silika. Magnesium, besi, kalsium, kromium dan aluminium terdapat pada berbagai komposisi kimia dalam kelompok garnet. Batu ini dapat ditemukan di Skotlandia, Swiss, Tanzania, Argentina, Australia, Brazil, Afrika Selatan, Myanmar (Burma) dan Amerika Serikat (Arizona).

Formasi batuan yang metamorf atau batuan beku merupakan tenpat garnet ini dapat membentuk dengan endapan aluvial yang menghasilkan batu mulia dengan kualitas yang tinggi sebagai sebuah aturan.

Mungkin karena warna batu garnet itu merah jadi batu ini sering dijadikan batu yang dipercayai mempunyai sifat-sifat ksatria dan keperkasaan. Seringkali dahulu para petarung menghiasi senjata-senjata mereka dengan batu garnet dan berharap batu tersebut bisa membawa mereka keberuntungan dan memenangkan medan perang. Batu ini pernah dijadikan sebagai peluru dengan maksud agar meningkatkan rasa sakit yang amat di dalam luka.

Kegunaan atau manfaat batu biduri delima

Batu garnet dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain menenteramkan pikiran, meningkatkan kecerdasan, memperingatkan adanya ancaman bahaya (batu itu akan berubah warnanya), membangkitkan rasa adil dan jujur, menarik rasa simpati dari orang lain, tahan dalam menghadapi kesengsaraan dan mengusir hal-hal negative atau ilmu hitam.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan

Batu garnet dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk kelahiran bulan January (sama halnya dengan bunga anyelir atau bunga carnation) dan pemberian di hari peringatan anniversary perkawinan yang ke 2. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu garnet dihubungkan dengan zodiac Aquarius.

Update: Macam dan jenis batu garnet

Batu Garnet dengan tingkat kekerasan sekitar 6,5-7,5 skala Mohs dan sebelumnya sangat jarang diperjual belikan di Indonesia sehingga keindahannya pun jarang menghiasi counter-counter penjualan batu mulia. Batu garnet memiliki kumpulan mineral yang mempunyai kristal rhombic dodecahedrons dan trapezohedrons.  Komposisi kimia utamanya ialah kalsium, magnesium, aluminium, ferum2+, ferum3+, kromium, mangan, dan titanium.

Batu garnet memiliki bermacam jenis. Hal ini karena adanya perbedaan dari komposisi kimianya dan membawa dampak pada perbedaan warna, di antaranya:

Almandine

 garnet-1

Merah keunguan

Pyrope

 garnet-pyrope

Merah tua

Rhodolite

 garnet-rhodolite

Merah jambu

Spessartine

 garnet-spessartine

Oranye

Hessonite

 garnet-hijau

Kuning,Hijau Muda

Grossular

 garnet-grossular

Hijau

Uvarovite

 granet-uvarovite-green

Hijau

Garnet mempunyai kekerasan 6.5 hingga 7.5 pada skala Mohs (Skala 7 – 7,5 Andalusite Cordierite Iolite Pyrope Rhodolite garnet, Skala 6,5 – 7,5 Grossular garnet Spessartite garnet), sehingga dikategorikan sebagai Batu Permata kelas III, sekelas dengan Citrine dan Tourquise. Menurut info, pada masa lalu, Batu garnet sudah dipergunakan untuk perhiasan di jaman Mesir Kuno.

Garnet pyrope, memiliki warna merahnya yang tua. Warna merah pada garnet ini dikarenakan kandungan chrome yang terdapat dalam struktur kristalnya. Garnet pyrope juga sering disebut sebagai “Malaya Garnet”. Selain itu ada juga garnet pyrope yang berasal dari Mali yang disebut “Mali Garnet” mempunyai berwarna merah-coklat. Warna merah transparan pada pyrope membuat harganya cukup tinggi. Garnet pyrope banyak berasal dari Afrika Selatan, Zimbabwe, Tanzania, Bohemia, Mexico, Brazil, Argentina, dan Australia.

Garnet rhodolite memiliki warna dasar merah jambu. Garnet rhodolite mempunyai kilauan luster yang sangat kuat dan ada yang mempunyai inclusion yang menarik. Rhodolite didapati di dalam batuan jenis alluvial dan batu metamorfik. Rhodolite biasa mempunyai warna merah jambu transparan. Rhodolite banyak ditemukan di Amerika, Zimbabwe, Tanzania, dan Sri Lanka.

Garnet Almandine mempunyai warna dasar merah hingga merah keunguan. Almandine mempunyai luster yang menarik seperti batuan dari kumpulan korundum. Warna almandine disebut sebagai warna garnet yang sebenarnya warna merahnya yang unik. Almandine ditemukan di Namibia, Zimbabwe, Tanzania, dan Sri Lanka.

Garnet spessartite mempunyai kumpulan silikon dengan managanese dan alumunium sebagai unsur utama, sehingga menyebabkan warna menjadi merah-oranye. Garnet ini juga dikenali sebagai “Mandarin Garnet” dan boleh didapati dalam bentuk transparent atau semi-opaque. Biasa didapati dari batuan jenis aluvial dan metamorfik. Batu ini banyak ditemukan di Virginia, Carlifonia, Mexico, Madgascar, Jerman, dan Itali.

Garnet Grossular memiliki warna dasar hijau, hijau-kekuningan, kuning-madu dan mempunyai kristal yang lengkap di dalam bentuk rhombic dodecahedrons dan kadangkala dengan trapezohedrons. Garnet ini didapati dalam dua bentuk transparent dan semi-opaque. Garnet Grossular banyak ditemukan di di Sri Lanka (kuning madu), Amerika, Madgascar (hijau), Kenya, dan Tanzania (hijau dan warna lain), dan Pakistan.

Garnet Hessonite merupakan garnet yang berwarna kuning yang diambil dari perkataan Greek “esson” (inferior). Ini kerana garnet ini tidak mempunyai warna yang menarik dan nilai yang tinggi berbanding dengan garnet jenis yang lain. Garnet ini mempunyai warna kuning seakan-akan topaz, citrine dan yellow sapphire. Negara pengeluar utamanya ialah Sri Lanka, Kanada, dan Brazil.

Garnet Uvarovite merupakan garnet yang berwarna hijau dan merupakan garnet yang paling berharga berbanding dengan jenis garnet yang lain karena Garnet ini mempunyai kilauan yang lebih kuat dari diamond. Garnet uvarovite dapat ditemukan di Namibia dan Ural (Russia).

Dipasaran batu baik domestik maupun internasional, Batu Garnet ini tak luput dari praktik pembuatan batu garnet sintetis (tidak asli). Hal ini yang menyebabkan kebingungan diantara pembeli karena kekurangjelian dalam memilih batu Garnet yang asli atau yang aspal. Harga kisaran di pasar domestik antara Rp 300.000 sampai dengan Jutaan, hal ini disebabkan jarangnya batu garnet di pasarkan di Indonesia, sehingga menjadi sesuatu yang langka.

Mitos seputar manfaat dari Batu Garnet

Batu Garnet adalah salah satu batu yang luput dari kesan mistis karena memang batu ini tidak cocok bila digunakan untuk sesuatu yang metafisik. Tapi di samping kemewahannya, batu Garnet diyakini sebagian masyarakat memiliki khasiat berupa kekuatan untuk menerangi malam dan mencegah mimpi buruk, dapat menjaga keselamatan pemakainya dalam perjalanan dan mencegah kecelakaan, menyeimbangkan gangguan di kelenjar thyroid, mengatasi kurangnya toleransi terhadap orang lain, mengurangi kekerasan hati. Selain itu yang unik adalah sebagai hadiah bagi rekan yang akan pergi jauh, dengan keyakinan suatu saat akan berjumpa lagi. Bagi anda para peminat bebatuan, jangan berlama-lama hanya membayangkan keindahannya…tapi mengingatlah pada Sang Maha Penciptanya.

 

 

Batu Chalcedony

Chalcedony (kalsedon) adalah bentuk kriptokristalin dari silika, terdiri dari mineral kuarsa dan moganit yang saling bertumpuk. Kuarsa dan moganit merupakan mineral silika, namun kuarsa memiliki struktur trigonal sedangkan moganit bersifat monoklinik. Struktur kimia dari chalcedony adalah SiO2.

ChalcedonyNama kalsedon atau chalcedony berasal dari bahasa Latin chalcedonius (atau calchedonius). Istilah ini pertama kali ada pada karya Pliny the Elder, Naturalis Historia untuk menyebut batuan Jaspis yang transparan.Istilah ini kemungkinan terinspirasi dari nama kota Chalcedon di Asia Kecil. Namun istilah khalkedon (χαλκηδών) juga muncul dalam Book of Revelation.

Chalcedony biruChalcedony pernah disangka sebagai kriptokristalin kuarsa yang berserat namun kini diketahui chalcedony juga bersifat polimorf karena keberadaan moganit di dalamnya. Kadar moganit dalam satu sampel chalcedony cukup bervariasi, umumnya antara 5 hingga 20 persen.

Meski memiliki senyawa kimia yang identik dengan kuarsa, chalcedony bersifat lebih larut dibandingkan kuarsa pada temperatur yang rendah. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh kristal chalcedony yang lebih halus sehingga memiliki rasio luas permukaan dan volume yang lebih tinggi. Kelarutan yang lebih tinggi ini juga diperkirakan karena keberadaan moganit.

 

 

Batu Giok (jade stone)

Giok atau jade adalah sejenis batu “permata hijau” adalah salah satu dari jenis batu permata yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral yang telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu. Pada saat ini batu giok banyak yang berasal dari daerah Tibet, Tiongkok dan Birma sebagai komoditas ekspor. Giok juga dipercaya berkhasiat membuat ketenangan, kegembiraan dan kesehatan, keselamatan.

Macam-macam perhiasan batu giok

Macam-macam perhiasan batu giok

Selama perjalanan sejarah setelah ditemukan, giok telah dikenal sebagai asesoris dan perhiasan selama ribuan tahun yang lalu oleh peradaban manusia. Bahkan juga diagungkan sebagai “batu penyelamat” bahkan sebagai “batu kesehatan” oleh suku-suku bangsa di Asia Timur dan di benua Afrika ataupunAmerika termasuk oleh suku Maya dan Inca.

Bahkan dalam dunia medis dewasa ini juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan yang juga telah dipakai dalam peradaban manusia pada ribuan tahun lalu. Hal ini banyak tercatat dalam banyak buku kesehatan kuno dan diakui sebagai salah satu sumber energi alam. Dalam dunia kesehatan, batu ini banyak digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah, anti penuaan dini, meningkatkan kekebalan tubuh dan menghilangkan keletihan. Batu giok juga banyak dipakai pada saat terapi pijat ceragem. Selain itu dalam penyelidikan menunjukkan bahwa batu giok mengandung banyak elemen penting seperti kalsium,potasium, besi dan magnesium.

Batu giok menjadi batu yang paling diminati dalam hal perhiasan, medis dan juga keunikannya sehingga batu ini juga mempunyai banyak model tergantung pada saat batu itu diasah dan dibentuk.

Bentuk dan ukuran batu giok

Dalam sejarahnya, batu giok adalah satu-satunya jenis batu permata yang diasah dan dibentuk dalam banyak ukuran dan model. Giok diasah dan dibentuk mulai dari seukuran meja, patung besar hingga patung kecil, liontin, anting, cincin hingga sebesar kancing. Bentuknya juga bermacam-macam, mulai dari yang berbentuk patung Buddha, patung naga dan patung lainnya, juga berbentuk kotak, lonjong, oval, persegi tiga hingga persegi banyak. Selain bentuknya, warna dari giok pun beraneka ragam, mulai dari putih, kuning, merah hingga yang paling populer berwarna hijau.

Batu giok di Cina sudah dikenal pada kira-kira 4000 tahun sebelum masehi. Pada zaman kerajaan batu giok banyak diminati oleh orang Cina, dan batu giok menjadi batu tradisional kerajaan Cina. Mulai dari pembuatan senjata, perkakas atau perabotan, ukiran tulisan atau gambar serta perhiasan semuanya menggunakan batu giok.

Macam-macam batu giok

Batu giok terdiri dari dua macam; nephrite dan jadeit. Keduanya sebenarnya adalah mineral yang berbeda, jadeit lebih keras daripada nephrite tapi lebih gampang retak. Jadeite kurang lebih sama kerasnya dengan batu quartz. Batu giok yang berwarna putih biasanya adalah nephrite dan yang digunakan dan bernilai tinggi di Cina pada saat itu adalah nephrite. Biru kehijauan, oranye kemerahan dan warna lavender biasanya selalu jadeite, jenis batu yang lebih langka dan berharga pada saat ini.

Batu giok mempunyai nilai keras 6-6.5 (Nephrite), 6.5-7 (Jadeite) berdasarkan daftar keras Mohs. Nephrite terbuat dari silikat kalsium dan magnesium, sedangkan jadeite adalah silikat natrium dan alumunium. Kandungan lain yang mungkin terdapat dalam jadeites adalah kalsium, kalium, krom, magnesium, titanium, mangan dan air. Dalam pengamatan mikroskop, nephrite tampil sebagai gumpalan yang terjalin erat seperti serat filamen. Jadeite menunjukkan struktur yang lebih bersifat kristal.

Batu giok juga disebut-sebut sebagai “the toughest gemstone”, artinya adalah batu yang terkuat di antara batu-batu mulia lainnya, bahkan lebih kuat dari pada intan atau berlian. Intan atau berlian menyandang gelar batu terkeras dari segala macam batu di dunia tetapi batu intan mudah retak dan patah jika terbentur cukup keras karena walaupun susunan komposisi struktur intan membuat mereka keras namun ‘brittle’. Batu intan hanya bisa dipotong dengan batu intan lainnya dan tidak akan tergores oleh batu jenis lain.

Batu giok mudah tergores dan sangat lembut jika dibandingkan dengan intan namun anti-retak atau ketahanan terhadap patah batu giok sangat tinggi. Oleh sebab itu batu giok sering dijadikan sebagai senjata atau alat-alat perang lainnya pada zaman kerajaan Cina.

Warna-warna batu giok

Warna batu giok bermacam-macam, ada yang putih susu, putih kehijauan, hijau, hijau tua bahkan ada juga yang warna abu-abu dan kemerah-merahan atau merah-coklat. Namun batu giok yang paling dicari dan diminati adalah yang berwarna hijau tua bening. Imperial jade adalah nama yang diberikan pada batu giok yang dianggap paling berkualitas, warnanya harus berwarna hijau zamrud yang bening dan agak kental.

Warna batu imperial jade yang hijau dalam dikarenakan oleh adanya zat chromium, sedangkan keberadaan iron (Fe) menghasilkan warna hijau yang lebih pucat, biru-kehijauan atau biru-kehitaman. Warna tergelap biasanya berisi jumlah yang relatif tinggi akan oksida besi. Bagi para pecinta dan kolektor batu giok, hati-hati karena banyak dealer yang mewarnai giok putih untuk menyerupai warna batu giok imperial jade dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Meskipun batu giok saat ini adalah salah satu batu permata yang paling indah dan terjangkau, sayangnya batu ini juga menjadi salah satu batu yang paling banyak dipalsukan. Disarankan agar membeli batu giok atau batu permata lainnya dari sumber yang terpercaya.

Kegunaan atau manfaat batu giok

Orang Cina percaya bahwa jika memakai batu giok dan lama-kelamaan batu giok tersebut menjadi lebih kehijauan maka berarti hoki untuk si pemakai dan makin hijau makin bagus (asal jangan kebalikannya). Batu giok juga dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain sebagai jimat atau barang hoki, menolak keracunan atau infeksi, mengusir hawa negative atau ilmu hitam, meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan rumah tangga, menghindarkan permusuhan dan rasa putus asa.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan

Batu giok dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan Maret dan pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 35. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu giok dihubungkan dengan zodiac Virgo.

 

 

Batu Kuarsa

Batu kuarsa adalah batu kristal mineral yang terbuat dari silicon dioxide (ketika silicon dan oxygen menyatu) dan merupakan mineral kedua (setelah feldspar) yang paling banyak dan yang paling umum ditemukan di kerak kontinen bumi (mencakup 12% dari keseluruhan). Batu kuarsa amat beragam dan sebagian dijadikan batu perhiasan dan sebagian amat langka. Mineral ini memiliki struktur kristal heksagonal yang terbuat dari silika trigonal terkristalisasi (silikon dioksida, SiO2), dengan skala kekerasan Mohs 7 dan densitas 2,65 g/cm³. Bentuk umum kuarsa adalah prisma segienam yang memiliki ujung piramida segienam.

Batu Permata Natural Kecubung Ungu 1

Batu Kecubung – salah satu jenis batu kuarsa

Batu kuarsa ada dua macam walaupun secara kimia mereka memiliki komposisi yang sama yaitu SiO2.

Batu kuarsa macrocrystalline, contoh batu-batunya adalah aventurine, batu kecubung kasihan (batu amethyst), batu kuarsa biru, rose quartz, citrine, batu mata garuda, batu mata kucing, batu kinyang asap (smoky quartz), batu mata harimau dan prasiolite. Batu kuarsa macam ini biasanya agak transparent sampai transparent total. (Baca juga: Foto-foto batu permata kecubung ametis, batu kesukaan para raja)

Batu kuarsa cryptocrystalline, contoh batu-batunya adalah batu kalsedon (batu chalcedony), batu akik bawang (batu chrysoprase), batu akik, batu darah, batu carnelian dan batu jasper. Batu kuarsa macam ini biasanya sedikit transparent sampai buram alias susah tembus pandang.

Batu kuarsa paling murni adalah batu kuarsa yang jernih tidak berwarna, transparent dan kadang agak bersusu. Berbeda dengan batu intan atau berlian, batu kuarsa tidak memijar cahaya dan tidak seperti batu aquamarine juga batu kuarsa tidak memancar berbagai cahaya yang berlainan jika dilihat dari sudut berbeda. Batu kuarsa yang paling besar yang pernah tercatat adalah berberat 48 ton dan panjangnya sekitar 610 cm.

Batu kuarsa diberi nama dari bangsa Slav yang artinya “keras”. Batunya awet, tahan lama, indah dan tidak mudah rusak. Walaupun batunya banyak ditemukan secara alami tetapi kebanyakan batu kuarsa yang digunakan dalam kebutuhan industri adalah buatan manusia.

Kegunaan atau manfaat batu kuarsa

    • Batu kuarsa dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain:

    • Batu bola kristal kuarsa digunakan untuk memprediksi masa depan oleh para peramal.

    • Batu bola kristal kuarsa yang digunakan sebagai jimat dipercayai dihuni oleh roh-roh yang dikasih makan secara rutin dengan digosoknya dengan darah darah rusa.

    • Digunakan untuk menyimpan informasi yang dimana bisa diakses dengan memegang batu tersebut.

      Digunakan untuk menyembuhkan penyakit, dan dapat juga membantu meningkatkan keseimbangan dan keharmonisan rumah tangga.

    • Memberi kebahagiaan, harapan dan optimisme.

    • Batu kuarsa juga digunakan untuk membantu menjalankan projek astral dan batu ini dipercayai mempunyai koneksi erat antara dimensi fisik dan dimensi pikiran.

Batu Mutiara

Mutiara adalah suatu benda keras yang diproduksi di dalam jaringan lunak (khususnya mantel) dari moluska hidup. Sama seperti cangkang-nya, mutiara terdiri dari kalsium karbonat dalam bentuk kristal yang telah disimpan dalam lapisan-lapisan konsentris. Mutiara yang ideal adalah yang berbentuk sempurna bulat dan halus, tetapi ada juga berbagai macam bentuk lain. Mutiara alami berkualitas terbaik telah sangat dihargai sebagai batu permata dan objek keindahan selama berabad-abad, dan oleh karena itu, kata “mutiara” telah menjadi metafora untuk sesuatu yang sangat langka, baik, mengagumkan, dan berharga.

batu mutiara

Mutiara sangat mahal harganya kalau dijual dan dijadikan perhiasan sangat bagus untuk dunia fashion. Mutiara berharga terdapat di alam liar, tapi dalam kuantitas yang sangat jarang. Mutiara budidaya atau mutiara yang berasal dari tiram merupakan mayoritas dari mutiara-mutiara yang dijual di pasaran.

Mutiara laut dihargai lebih tinggi dari mutiara air tawar. Yang banyak dijual dengan harga murah adalah mutiara imitasi, tapi kualitasnya biasanya jelek. Secara umum, mutiara imitasi dapat dengan mudah dibedakan dari mutiara asli. Mutiara banyak dibudidaya untuk digunakan sebagai perhiasan. Namun pada masa lalu, mutiara juga digunakan sebagai hiasan pada pakaian-pakaian mewah. Mutiara juga bisa dihancurkan dan digunakan dalam kosmetik, obat-obatan, atau dalam formula cat.

Mutiara yang dianggap berkualitas hampir selalu berwarna-warni dan menyerupai mother of pearl, seperti interior kulit yang memproduksi mereka. Namun, hampir semua jenis moluska bercangkang mampu menghasilkan mutiara yang sedikit kurang bersinar atau berbentuk kurang bulat seperti bola. Meskipun mereka mungkin juga sah disebut sebagai “mutiara” oleh laboratorium gemologi dan juga di bawah aturan US Federal Trade Commission dan terbentuk dengan cara yang sama, kebanyakan dari mereka tidak bernilai, kecuali sebagai barang antik.

Hampir semua moluska bercangkang bisa menghasilkan beberapa jenis mutiara, melalui proses alami, ketika suatu obyek mikroskopis terperangkap di dalam mantel lipatan moluska, tetapi sebagian besar dari mutiara tidak dihargai sebagai batu permata.

Sebuah mutiara alami terbentuk tanpa intervensi manusia sama sekali, di alam liar, dan sangat jarang terjadi. Kira-kira ratusan kerang mutiara harus dikumpulkan dan dibuka, dan dengan demikian dibunuh, hanya untuk menemukan satu mutiara liar, dan selama berabad-abad itulah satu-satunya cara untuk memperoleh mutiara. Ini adalah alasan utama mengapa mutiara termasuk sangat berharga pada masa lalu. Mutiara budidaya, di sisi lain, merupakan salah jenis mutiara yang dibentuk dengan melibatkan manusia, di sebuah peternakan mutiara.

 

 

Batu Chrysoberyl (Mata kucing dan Alexandrite)

Batu chrysoberyl terdiri dari beryllium dan alumunium oxide. Nama batu tersebut dalam bahasa Yunani artinya “beryl yang berwarna emas”. Namun mesti diwaspadai nama beryl dan beryllium hampir sama tapi mereka berdua sebenarnya adalah dua jenis batu yang berbeda total. Batu jenis chrysoberyl mempunyai nilai keras 8.5 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka menempati di urutan ke tiga setelah batu intan dan corundum.

Mata kucing2

Kegunaan atau manfaat batu Chrysoberyl

Batu jenis chrysoberyl dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain melindungi pemiliknya dari ancaman bahaya, dapat merubah energi negative menjadi energi positive, memberi kedamaian dan keharmonisan dan digunakan sebagai barang keberuntungan.

Yang tergolong dalam batu jenis chrysoberyl adalah batu mata kucing dan alexandrite

Batu mata kucing (Cat’s Eye)

Batu mata kucing sangat bagus dan banyak diminati terutama pada kaum pria. Batu unik ini mempunyai satu sinar lurus di tengah yang dapat bergerak ke kanan dan ke kiri jika dilihat dari jauh seakan-akan seperti mata kucing. Batu mata kucing di Indonesia bermacam-macam namanya seperti biduri pandan wurung, benang sebelas, intan tetulas kendit dunyo. Namun patut diwaspadai juga bahwa banyak batu mata kucing yang palsu yang ternyata batu tersebut adalah batu mata harimau yang berwarna madu.

Salah satu cara yang tepat untuk membersihkan batu ini yaitu dengan air sabun yang hangat dan menggunakan gosokan yang lembut.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan: Dalam dunia astrology atau perbintangan batu mata kucing dihubungkan dengan zodiac Gemini dan Leo.

Batu Alexandrite

Alexandrite adalah batu chrysoberyl yang terdiri dari chromium, titanium dan besi. Batu alexandrite adalah salah satu batu yang paling langka karena pembuatan atau pembentukkan batu ini memerlukan kondisi geology yang unik, maka dari itu harganyapun amat mahal. Warna dari batu alexandrite ini dapat berubah-ubah tergantung waktunya, jika di siang hari batu ini berwarna hijau sedangkan kalau di malam hari terutama jika disoroti lampu maka warnanya akan menjadi merah keungu-unguan atau merah darah. Ini disebabkan batu ini memang pleochroisme.

Batu Alexandrite

Batu alexandrite mendapat namanya karena ditemukan pada hari ulang tahun Czar Alexander yang ke 16 dan dipersembahkan kepada Tsar Alexander II dari Rusia. Dan dari Rusialah biasanya batu-batu alexandrite yang bagus berasal. Batu ini juga dahulu dijadikan batu nasional para Tsarist di Rusia, adapun yang mengatakan warna bendera Rusia diambil dari batu ini yaitu hijau dan merah.

Keunikan dalam mengubah warna dari batu alexandrite, kelangkaan dari batu ini dan ditambah dengan kekerasannya yang tinggi membuat batu ini salah satu batu yang paling mahal harganya.

Kegunaan atau manfaat batu alexandrite

Batu ini dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain menguatkan batin dari pengaruh-pengaruh jahat, meningkatkan keberanian, mencegah mabuk laut dan memberi peringatan adanya ancaman bahaya (sinar lurus di tengah batu tersebut tidak bergerak seperti biasanya ke kanan dan ke kiri bertanda adanya bahaya yang sedang mengancam).

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan: Batu alexandrite dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 45 dan yang ke 55. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu alexandrite adalah batu untuk orang yang lahir di bulan Juni ( selain mutiara dan moonstone) dan batu ini dihubungkan dengan zodiac Gemini.

 

 

Batu Pirus

Batu pirus merupakan salah satu batu yang paling lama diketahui oleh manusia. Batu pirus mempunyai nilai keras 5-6 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka menempati di urutan ke delapan. Karena batu pirus hanya sedikit lebih kuat dari kaca jendela maka batu ini harus dijaga dengan hati-hati. Batu pirus ini telah dikenal oleh bangsa Mesir dan ditambang di daerah Sinai lebih dari 6000 tahun silam dan banyak ditemukan dalam makam-makam kuno yang berusia lebih dari 4000 tahun sebelum Masehi. Batu pirus yang paling berkualitas terdapat di Iran.

batu pirus

Nama batu pirus “turquoise” dalam bahasa Prancis artinya “batu Turki” yang awal-awal dikira memang berasal dari Turki karena namanya, namun sebenarnya batu ini tidak ada di Turki. Turquoise merupakan batu nasional negara Iran (Persia) dan digunakan untuk menghiasi mahkota kerajaan dan atribut bagi para petinggi negara. Kualitas Turquoise terbaik ditemukan di Nishapur, bagian Timur Laut Iran dan penambangannya telah berlangsung sekitar 3000 tahun silam. Namun kini turquoise juga banyak ditemukan di bagian barat daya Amerika Serikat di negara Arizona dan New Mexico, dimana suku-suku Indian membuatnya menjadi perhiasan-perhiasan yang indah. Suku Aztec mengunakan turquoise sebagai potongan kecil mozaic untuk menghias topeng yang digunakan pada upacara keagamaan dan hiasan lainya.

Batu ini tidak transparan atau tembus cahaya dan warnanya ada yang hijau muda sampai hijau tua dan ada pula yang biru muda sampai biru tua. Pada umumnya batu pirus berwarna hijau tetapi yang berwarna biru lebih tinggi nilainya. Warna hijau di batu pirus disebabkan adanya campuran besi dan warna biru pada batu pirus disebabkan adanya campuran tembaga. Garis garis yang menyerupai keretakan di batu pirus itu sebenarnya merupakan urat emas, pirus daun dan sebagainya. Urat-urat di batu pirus yang berwarna merah sangat mahal harganya karena dipercayai sebagai jenis batu pirus yang sakral dan jika batu pirus tidak ber-urat maka akan dianggap sebagai batu pirus yang sudah “mati”.

Menurut para pakar dan penggemar batu pirus, batu ini sangat sensitive terhadap bau-bauan. Batu pirus dapat menyerap bau, minyak atau kotoran dalam jangka waktu yang lama, sifat batu turquoise atau pirus agak lunak dan berpori-pori, sehinga pemakaian dan perawatannya harus lebih diperhatikan karena dapat menyerap minyak atau bahan kosmetik seperti parfum jadi hindarkan atau jangan meletakkan batu pirus ini bersamaan dengan barang-barang yang mempunyai zat-zat yang bisa mempengaruhi batu pirus tersebut. Batu pirus juga perlu “bernafas” dan ruangan yang lembab atau kurang udara dapat menyebabkan warna batu pirus berubah dan akhirnya jatuh nilai harganya. Batu pirus sering dipakai pada para raja dan penguasa di zaman dulu.

Kegunaan atau manfaat batu pirus

Batu pirus dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain membawa kedamaian dan kebahagiaan dan menolak bencana atau bahaya.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan: Sama halnya dengan bunga poinsettia, batu pirus juga dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan Desember (selain batu zircon dan batu lapis lazuli) dan pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 5 dan yang ke 11. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu pirus dihubungkan dengan zodiac Capricorn dan Sagittarius.

 

 

Batu Safir

Batu mulia sapphire (safir) adalah sejenis batu mulia dari anggota mineral corundum sama seperti batu mirah (ruby). Mereka berdua bisa dikatakan kakak adik yang sama-sama mempunyai nilai keras 9 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka berdua menempati di urutan ke dua setelah batu intan. Perbedaan dari keduanya terletak pada warna yaitu merah untuk batu mirah dan biru untuk batu safir.

Batu safir atau sapphires

Batu safir terbuat dari alumunium oxide dan titanium sedangkan batu mirah terbuat dari alumunium oxide dan chromium (chromium yang mengakibatkan terjadinya warna merah pada batu mirah). Jika batu safir yang memiliki warna yang bermacam-macam selain biru atau merah maka batu itu dinamakan “fancy sapphire”. Warna yang paling ideal buat batu safir adalah biru langit dan birunya tidak boleh terlalu kental atau terlalu keputihan karena akan mengurangi nilai harganya. Pada dasarnya corundum murni tidak berwarna, semua warna pada batu permata disebabkan oleh unsur kimiawi lainnya yang bergabung saat proses kristalisasi terjadi.

Dalam dunia perdagangan batu mulia sudah tidak heran lagi jika kita mendengar batu-batu mulia sengaja dipanaskan untuk mengubah atau memperindah batu-batu tersebut seperti warnanya, kilauannya, pembentukkannya dan lain-lain. Diperkirakan 90% dari batu-batu mirah atau safir akan melalui proses tersebut, suatu proses yang permanen dan telah diterima di setiap perdagangan batu mulia. Walaupun proses ini bisa mengubah batu yang tidak berharga menjadi batu yang mahal harganya tetapi tindakan ini amat beresiko karena perbuatan tersebut bisa mengakibatkan batu ini rusak, retak, pecah dan dalam kejadian tertentu warna dari batu-batu tersebut malah hilang.

Kegunaan atau manfaat batu safir

Dalam bahasa Yunani batu ini dinamakan zaffiros, dalam bahasa Latin sapphirus dan dalam bahasa Persia Yakut-i-asrak. Dalam kilauan cahaya batu safir tidak sekilau batu mirah tetapi batu safir juga merupakan batu yang sangat digemari dan diminati orang banyak bahkan tidak sedikit orang yang rela membeli batu safir dengan harga yang amat tinggi. Batu safir sering dianggap batu yang mempunyai pengaruh-pengaruh khusus terhadap si pemiliknya, sering dianggap seperti sebuah jimat atau barang hoki dan memiliki sifat-sifat mistik. Selain itu safir juga dianggap bisa memperbaik soal asmara, memberi kesehatan seperti menolak racun dan melindungi mata, menenteramkan hidup dan menuntun orang menjadi mempunyai penglihatan ajaib. Cahaya akan hilang jika pemiliknya berbuat hal-hal yang jahat, hal tidak senonoh atau cabul.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan: Batu safir dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 5 dan ke 45. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu safir adalah batu untuk orang yang lahir di bulan September (sama halnya dengan bunga aster) dan batu safir dihubungkan dengan zodiac Aries, Cancer, Libra dan Taurus.




Batu Zamrud/ Emerald

Batu zamrud (Emerald) dan dalam bahasa Belanda smagrad tergolong dalam sejenis mineral beryl, sama dengan batu aquamarine. Mereka sama-sama mempunyai nilai keras 7.5-8 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka berdua menempati di urutan ke lima setelahbatu intan, corundum, chrysoberyl dan topaz. Beryl murni tidak berwarna namun bila unsur kimiawi chromium ikut bergabung maka terbentuklah emerald atau zamrud yang berwarna hijau. Warna paling ideal batu zamrud adalah hijau daun.

Batu Zamrud atau Batu Emerald

Campuran dari chromium yang mengakibatkan warna zamrut menjadi hijau sama seperti keberadaan chromium yang telah memberi warna merah pada batu mirah (ruby). Batu zamrud bersamaan dengan batu giok mungkin merupakan batu permata berwarna hijau yang paling diminati. Jika dalam keluarga beryl, zamrud lah batu yang paling dicari karena keindahan warnanya, kelangkaannya serta keawetannya. Zamrud yang berwarna terlalu hijau muda kadang lebih diakui sebagai batu beryl hijau.

Kebanyakan batu zamrud memiliki retak-retak halus seperti serabut-serabut. Namun pada semua permata, cacat diperlukan untuk identifikasi apakah terbentuk secara alamiah (natural) atau sintetik (hasil buatan laboratorium). Salah satu sisi yang bagus mengenai batu zamrud yaitu tahan panas dan tidak gampang berubah warna. Sisi buruknya ialah batu zamrud merupakan salah satu batu yang paling susah dipotong dan walaupun mereka amat keras tetapi batu zamrud tidak boleh terbentur terlampau keras juga karena mereka mudah sekali berkelumur.

Kecacatan dalam batu zamrud dapat disembunyikan dengan menggunakan minyak pada batu tersebut. Minyaknya pun bermacam-macam, dari minyak mineral sampai minyak yang diciptakan secara khusus dari generasi ke generasi. Mereka tidak boleh direndam di ultrasonik karena proses ini dapat menghapus coating. Cara efektif lainnya untuk menyembunyikan kecacatan batu zamrud adalah menggunakan iradiasi.

Batu zamrud yang sempurna tanpa cacat sampai sekarang belum pernah ditemukan, jadi tiap inklusi pada batu zamrud ini bisa dianggap sebagai sidik jari yang memberikan setiap batu identitas yang berbeda. Jadi jika terdapat batu zamrud yang sempurna bebas inklusi dari toko-toko, bisa dikatakan bahwa batu tersebut adalah palsu. Ketika dalam masa proses kristalisasi pada batu zamrud, beberapa gangguan geologi selalu terjadi, itu sebabnya semua zamrud ditemukan dengan inklusi seperti retak, gelembung, butiran kristal karbon atau asing di dalamnya.

Perlu diketahui juga jika hendak membeli batu zamrud, anda perlu berhati-hati karena banyak beredar batu zamrud yang palsu. Kadang dua buah batu berwarna pucat sering dilem menjadi satu dengan pasta hijau tua. Kadang juga gelas pahatan berwarna hijau dilapisi dengan zat keras untuk menyerupai zamrud dan dijual dengan harga yang tinggi.

Batu zamrud palsu ini kemudian diberi nama bermacam-macam seperti Kimberly Emerald, Chatham Emerald, Biron Emerald, Gilson Emerald, Linde Emerald, Lennix Emerald, Regency Emerald, Zerfass Emerald dan lain-lain. Batu mulia lainnya yang sering digunakan untuk meniru zamrud dan dijual dengan harga zamrud asli adalah peridot, turmalin, krom diopside, zirkon, hiddenite dan garnet hijau. Maka dari itu amatlah penting untuk membeli batu zamrud atau batu permata lainnya dari sumber yang terpercaya.

Batu zamrud berkualitas tinggi banyak ditemukan di Muzo dan Chivor, Colombia. Tambang lainnya berada di Sandawana (Zimbabwei), Kitwe (Zambia), dan Pakistan.

Kegunaan atau manfaat batu zamrud atau batu enereald

Batu zamrud dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain sebagai batu yang membawa hoki atau keberuntungan, meningkatkan keahlian dalam segi komunikasi dan diplomatik, dan memberi peringatan kepada pemiliknya jika ada suatu hal buruk yang akan terjadi (warnanya akan berubah menjadi pucat).

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan: Batu zamrud dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 20, 35 dan yang ke 55. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu zamrud adalah batu untuk orang yang lahir di bulan Mei (sama halnya dengan bunga lily of the valley) dan batu zamrud dihubungkan dengan zodiac Taurus dan Cancer.

 

 

Batu Ruby/ batu mirah delima

Batu mirah (ruby) adalah batu mulia jenis mineral corundum sama seperti batu mulia sapphire. Namanya berasal dari kata Yunani “ruber” yang artinya merah. Batu mirah atau ruby terbuat dari alumunium oxide dan warna merahnya diakibatkan adanya campuran dari chromium. Nilai keras batu mirah adalah 9 dalam daftar keras Mohs dan berat jenisnya 3,99 sampai 4.

batu mirah delima

Warna batu mirah tidak selalu merah tetap tetapi ada juga yang berwarna merah kekuning-kuningan atau jingga, merah keungu-unguan ataupun merah muda, tetapi dari semua itu yang paling berharga atau dicari yaitu merah. Pada dasarnya corundum murni tidak berwarna, semua warna pada batu permata disebabkan oleh unsur kimiawi lainnya yang bergabung saat proses kristalisasi terjadi. Batu mirah yang berkualitas tinggi bisa menyaingi intan dalam segi harga dikarenakan mereka lebih langka dari intan. Jika batu mirah dipanaskan sampai dengan 1000 celsius maka warnanya akan menjadi merah muda dan akan balik seperti warna semula lagi (merah) kalau sudah dingin. Salah satu batu mirah yang paling hebat berasal dari Birma, yaitu “Lord of the Rubies” yang besarnya sebesar telur burung merpati.

Dalam dunia perdagangan batu mulia sudah tidak heran lagi jika kita mendengar batu-batu mulia sengaja dipanaskan untuk merubah atau memperindah batu-batu tersebut seperti warnanya, kilauannya, pembentukkannya dan lain-lain. Diperkirakan 90% dari batu-batu mirah atau safir akan melalui proses tersebut, suatu proses yang permanen dan telah diterima di setiap perdagangan batu mulia. Walaupun proses ini bisa merubah batu yang tidak berharga menjadi batu yang mahal harganya tetapi tindakan ini amat beresiko karena perbuatan tersebut bisa mengakibatkan batu ini rusak, retak, pecah dan dalam kejadian tertentu warna dari batu-batu tersebut malah hilang.

Kegunaan atau manfaat

Selain batu intan batu mirah juga banyak dijadikan barang pemberian untuk para wanita idaman atau kekasih sebagai simbol asmara yang kekal. Batu mirahpun banyak dipercayai sebagai batu yang bisa memberi hoki atau melindungi harta si pemilik, membuat pemiliknya makin bergaya dan percaya diri, menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu seperti lemah syahwat dan memiliki segi-segi mistik yaitu mengusir hal-hal negative atau pengaruh jahat (warnanya dipercayai akan berubah menjadi gelap jika ada kejadian buruk akan datang).

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan: Batu mirah dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 40. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu mirah adalah batu untuk orang yang lahir di bulan Juli (sama halnya dengan bunga larkspur atau bunga dolphin) dan batu mirah dihubungkan dengan zodiac Scorpio, Capricorn dan Cancer.

 

 

Batu Opal (Batu Kalimaya)

Batu opal adalah bentuk amorfis dari silika yang berkaitan dengan kuarsa (bentuk mineraloid-nya, bukan mineral). Sebesar 3% hingga 21% dari berat keseluruhannya berupa air, namun biasanya isinya antara 6% hingga 10%. Opal terbentuk pada suhu yang relatif rendah dan ada di retakan setiap jenis batuan, umumnya ditemukan bersama limonit, batu pasir, riolit, marl dan basal. 97% opal berasal dari Australia dan merupakan batu permata nasionalnya.

batu opal kalimaya

Struktur dalam opal kalimaya membuatnya mampu menyebarkan cahaya; tergantung kondisi tempat batu ini terbentuk yang membuatnya dapat memunculkan berbagai warna. Warna opal bervariasi mulai dari jernih sampai putih, abu-abu, merah, jingga, kuning, hijau, biru, magenta, mawar, slat, zaitun, cokelat, dan hitam. Dari warna-warna tersebut, merah dan hitam adalah yang paling langka, sementara putih dan hijau sangat umum. Opal juga bervariasi dalam kepadatan optiknya mulai dari opak hingga semi-transparan. Untuk dipakai pada batu permata, warna alaminya sering digunakan dengan meletakkan lapisan opal tipis pada batu gelap seperti basal.

Batu opal mempunyai nilai keras 5.5-6.5 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka menempati di urutan ke delapan. Komposisinya pun agak sederhana yaitu kiezelzuur dan air dan bermacam-macam logam yang menyebabkan batu opal memantulkan beraneka ragam warna. Dari segala macam variasi warna, batu opal yang berwarna merah dan hitam adalah yang paling langka dan warna putih dan hijau adalah yang paling umum. Batu opal yang mempunyai dasar background hitam lebih berharga daripada yang putih. Tapi dari semua itu batu opal yang memantulkan beraneka ragam warna adalah yang paling tinggi nilainya. Karena salah satu komposisi dari batu opal itu adalah air (3-10% bahkan ada yang sampai 20%) maka hati-hati jangan biarkan batu ini menjadi terlalu kering karena akan mudah retak, juga jangan terbentur terlalu keras oleh karena itu. Batu opal juga merupakan batu nasional dari negara Australia. Batu opal juga banyak disukai oleh para raja dan bangsawan.

Permainan warna pada permata opal disebabkan oleh butiran-butiran halus silica yang tersusun sangat rapi dan berfungsi membelokkan cahaya serta memancarkannya, sehingga menyebabkan warna-warna pelangi bermunculan saat dilihat dari sudut berbeda.

Terdapat beberapa jenis opal yang dikenal masyarakat umum seperti:

    • Opal biasa (common opal): Opal yang tidak menunjukkan permainan warna sama sekali.

    • Opal putih (white opal): opal berwarna putih, abu-abu, putih susu, hanya memiliki sedikit permainan warna atau tidak ada sama sekali.

    • Opal hitam (black opal): opal berwarna agak gelap kehitaman atau kecokelatan dengan permainan warna, sehingga membuatnya lebih kontras.

    • Boulder opal: opal yang masih menempel pada batuan.

    • Matrix opal: opal yang masih menempel pada batuan sebagai garis atau bercak-bercak warna.

    • Fire opal: opal tembus pandang atau sedikit tembus pandang berwarna merah, oranye, kuning atau kecoklatan dengan sedikit permainan warna atau tidak ada sama sekali.

Kegunaan atau manfaat batu opal

Mungkin batu opal adalah salah satu batu yang dipercayai mempunyai pengaruh buruk dan pengaruh baik buat si pemakai, selain batu intan seperti The Hope atau Koh-i-noor. Kepercayaan yang berlawanan ini sering membuat orang bingung manakah yang benar. Salah satu kepercayaan sebagian orang yaitu batu opal tidak baik dan hanya menimbulkan nafsu birahi saja buat si pemilik, membuat pikiran kacau, menggoncangkan urat syaraf. Perempuan yang alim jika memakai batu ini dalam beberapa bulan bisa menjadi perempuan genit dan suka “nakal”. Orang Cina juga menganggap batu ini dapat merusak keharmonisan rumah tangga, dan memberi dampak buruk terhadap kesehatan.

Namun ada juga sebagian orang yang percaya bahwa memiliki batu opal ini dapat membahagiakan pemakai (umumnya bercahaya jika pemiliknya sedang bahagia dan tidak bersinar jika pemiliknya sedang murung), menyembuhkan penyakit mata, lemah zakar atau impotensi, dan meningkatkan daya ingatan. Opal berwarna hitam katanya tidak boleh sembarang orang memilikinya, jika tidak cocok maka batu opal itu akan membawa bencana dan jika cocok maka akan membawa kebahagiaan buat si pemiliknya.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan: Batu opal dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan October (sama halnya dengan bunga calendula) dan pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 14. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu opal dihubungkan dengan zodiac Libra dan Scorpio.

 

 

Batu Spinel

Batu spinel bisa dikatakan sebagai pengganti batu mirah ruby yang cocok dan merupakan pilihan yang terbaik. Banyak orang tidak bisa membedakan batu spinel dengan batu asli ruby atau mirah karena jika dilihat dan dirasakan, kedua batu tersebut nyaris hampir sama. Banyak perhiasan-perhiasan kerajaan di seluruh dunia yang awal-awal dikira terbuat dari batu ruby dan ternyata setelah diselidiki batu-batu tersebut adalah batu spinel!

Batu spinel ungu

Batu spinel ungu

Spinel Gemstone (Batu Spinel)

Batu spinel adalah salah satu batu yang terkeras dan memiliki nilai 8 berdasarkan daftar keras Mohs dan batu ini juga merupakan salah satu batu terfavorite buat para penggemar batu permata. Perbedaan mendasar hanyalah terletak pada komposisi kimiawinya. Ruby terdiri dari alumunium oxida dan spinel terbuat dari magnesium alumunium oxida. Namun batu spinel lebih bervariasi karena unsur magnesium dapat digantikan oleh unsur besi, mangan ataupun zinc, dan chromium serta besi bisa menggantikan alumunium. Oleh sebab itu anda dapat menemukan spinel dalam berbagai warna seperti pink, oranye, biru, hijau dan hitam. Kekerasan, keawetannya dan warnanya yang mengkilau membuat batu spinel sangat cocok dijadikan sebagai barang perhiasan multi guna.

Namun di antara banyak batu spinel berwarna batu spinel merahlah yang bernilai tinggi atau termahal dibanding spinel berwarna lainnya. Spinel merah mirip ruby diatas 10 carat amatlah langka. Ditemukan juga spinel yang dapat berubah warna dan juga star spinel yang memiliki 4 atau 6 berkas sinar. Negara penghasil utama spinel adalah Myanmar (Burma) dan Srilanka. Negara lainnya adalah Brazil, Thailand, Kamboja, Afghanistan, Tanzania, Vietnam dan Rusia.

Kegunaan atau manfaat batu spinel

Batu spinel dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain meningkatkan hasrat, memperkuat vitalitas seseorang, mengisi energi yang hilang dan membantu mengurangi kelelahan.

 

 

Batu Bloodstone (Batu Darah)

Batu darah mempunyai nilai keras 6.5-7 berdasarkan daftar keras Mohs. Batu darah dengan akik darah berbeda. Warna batu darah hitam berkilau dan terdapat bercak-bercak merah seperti darah dan batu ini terasa berat jika dipegang.

batu darah - bloodstone

Legenda menyatakan batu darah terciptakan dari darah Yesus yang menetes jatuh kebawah di tempat di mana Dia disalib. Salah satu sumber lain menyatakan bahwa nama batu darah ini berasal dari kemampuannya untuk menghentikan dan menyerap darah yang sedang mengalir dari luka, bahkan jika batu ini dikenakan air sedikit dan digosok ke tangan maka batu darah tersebut akan meninggalkan cairan merah seperti darah. Untuk membedakan batu darah yang asli dengan yang palsu dipercaya sangat mudah yaitu gosokkan batu itu ke permukaan porselin yang kasar seperti belakangnya piring dan jika batu itu meninggalkan garis-garis merah maka batu itu asli batu darah, jika tidak kelihatan goresan merah maka batu darah itu hanya batu kaca belaka.

Kegunaan atau manfaat

Batu darah dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain memperpanjang umur, membawa keberuntungan, penawar rasa sakit, memberi semangat dan menolak racun.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan

Batu darah dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan Maret. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu darah dihubungkan dengan zodiac Aries, Pisces dan Scorpio.

 

 

Batu Tashmarine

Tashmarine adalah nama dagang untuk batu permata berwarna hijau kekuningan dari diopside. Tetapi jangan sampai disamakan dengan Chrome Diopside, sebab Tashmarine tidak mengandung kromium apapun dan warna hijaunya lebih terang.  Warna Tashmarine mungkin muncul karena ada kandungan besi (Fe) .

Batu tashmarine

Sumber Tashmarine adalah daerah pertambangan di dataran tinggi wilayah Provinsi Xinjiang, Cina, tetapi juga telah ditemukan pula di Tajikistan.

Nama Tashmarine berasal dari “tash” yang artinya “batu” dan “marine” yang berarti “laut” dalam bahasa Latin. Oleh karena itu, trashmarine berwarna hijau laut. Tash merupakan julukan Natasha, putri Eric dan Kathe Braunwart, pemilik Columbia Gem House, perusahaan yang
pertama membawa permata ke pasar.

 

 

Batu Akik Bawang (Chrysoprase)

Batu akik bawang (Chrysoprase atau chrysophrase untuk bahasa inggrisnya) adalah salah satu batu dari keluarga chalcedony yang paling berharga. Nilai kerasnya 7 dalam daftar keras Mohs, sama seperti batu akik (agate). Batu ini hangat dan komposisi batu ini hampir semuanya terdiri dari silicon dioxide. Batu akik bawang berwarna hijau-apel tapi ada juga yang berwarna hijau gelap.

Batu Akik Bawang atau Chrysoprase

Batu akik bawang termasuk dalam keluarga batu yang mudah terpengaruh jika terkena cahaya karena bisa luntur warnanya, tetapi jika disimpan kembali di tempat yang dingin biasanya warna dan kilauannya akan pulih kembali. Jika batu zamrud warna hijaunya disebabkan oleh unsur kromium di dalamnya, batu akik bawang disebabkan oleh unsur nikel. Kalau batu ini dicelup dalam nikkelvitriool atau disisipkan dalam tanah yang lembab warnanya menjadi putih seperti sediakala. Kualitas terbaik batu-batu akik bawang berasal dari Queensland, Australia. Tempat lainnya antara lain Brazil, Czechoslovakia, Austria, Amerika dan Rusia.

Kegunaan atau manfaat batu akik bawang

Batu akik bawang dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain;

1. Berguna jika dipakai oleh orang yang banyak bekerja menggunakan otak.
2. Mengusir hawa-hawa negative dan mencegah kesedihan yang mendalam.
3. Mencegah stress dan membantu konsentrasi pikiran dalam menjalankan tugas.
4. Memperkuat jantung atau menyehatkan mata.
5. Meningkatkan kepercayaan diri.
6. Membawa keberuntungan (jika dipakai).
7. Jika diletakkan di jendela atau pintu kamar akan melindungi tidur anda.
8. Dipercayai jika diletakkan di bawah kasur atau bantal bisa membuat tubuh dan pikiran anda tenang dan tidak bergerak selagi waktu tidur.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan

Batu akik bawang tidak dijadikan batu khusus untuk pemberian di hari peringatan perkawinan tapi dalam dunia astrology atau perbintangan batu akik bawang dihubungkan dengan bintang Gemini.

 

 

Batu Peridot

Batu peridot, berasal dari mineral “olivine”, adalah salah satu batu yang paling lama diketahui oleh manusia. Peridot juga merupakan salah satu batu yang sering dikira batu zamrud karena warnanya, dan banyak batu “zamrut” yang dulu dimiliki para kerajaan adalah ternyata batu peridot.

batu permata batu peridot

Peridot pada umumnya terdiri hanya dari satu warna yaitu hijau olive, dan yang paling dicari adalah yang warnanya agak gelap atau yang susunan besinya tidak lebih dari 15% dan terdapat campuran nickel dan chromium karena campuran tersebut memberi pengaruh pada warnanya. Warnanya yang hijau disebabkan oleh adanya zat besi di dalamnya dan kadang jika warnanya agak kecoklat-coklatan itu dikarenakan campuran besinya terlalu banyak di dalam susunan kimia tersebut. Batu peridot perlu dijaga baik-baik karena batu ini termasuk batu yang tidak terlalu keras dan bisa retak jika terbentur terlalu keras. Namun batu ini juga cocok untuk dijadikan batu perhiasan yang dipakai sehari-hari untuk acara formal ataupun kasual dan salah satu alasannya karena batu peridot ini tidak terlalu berat.

Peridot di Hawaii dikenal dengan sebutan Olivine, dengan kandungan magnesium besi silica. Batu peridot kini banyak ditambang di Arizona, Burma, Kenya, Brazil, Pakistan dan Cina.

Kegunaan atau manfaat batu peridot

Batu peridot dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain digunakan sebagai batu “hoki” dan dipercaya mampu mengusir hawa-hawa negative, bisa menyembuhkan penyakit asma, membawa ketenangan dan kedamaian pada si pemilik dan jika meminum obat dari gelas yang terbuat dari batu peridot tersebut akan meningkatkan daya kemanjuran obat.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan: Batu peridot dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan Agustus (sama halnya denganbunga gladiol) dan pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 16. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu zamrud dihubungkan dengan zodiac Libra.

 

 

Batu Yakut (Zircon)

Nama zircon berasal dari bahasa Persia “zargun” yang artinya warna keemasan. Batu yakut atau zircon mempunyai nilai keras 7.5 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka menempati di urutan ke lima setelah batu intan, corundum, chrysoberyl dan topaz. Warna batu yakut atau zircon bisa bermacam-macam seperti kuning, coklat, merah, hijau, biru dan adapun yang tak berwarna. Sebagian dari batu zircon tidak tembus cahaya yang juga disebut dengan zircon biasa dan biasanya tidak digunakan dalam perhiasan. Batu zircon adalah sebuah mineral yang bisa ditemukan dimana saja di bumi ini dan merupakan barang yang umum.

batu yakut atau batu zircon

Batu yang tergolong dalam batu zircon akan berubah-ubah warnanya jika dipanaskan. Batu zircon yang berwarna biru pucat dinamakan starlites dan yang berwarna merah kecoklatan disebut hyacinth. Kini kebanyakan batu zircon dijual sebagai perhiasan berwarna biru. Warna ini dihasilkan dari zircon berwarna coklat yang diproses melalui pembakaran. Sebelum tahun 1900an zircon yang paling umum adalah yang berwarna oranye atau coklat kemerahan yang disebut juga “hyacinth”

Zircon tidaklah sama dengan cubic zirconia (C.Z). Zircon adalah batu alami yang memiliki kecermelangan (brilliance) cukup tinggi dan kilauan (luster) seperti batu berlian. Cubic zirconia adalah batu buatan manusia dengan unsur kimiawi berbeda. Bila keduanya diasah dengan baik dan tanpa warna akan mirip dengan batu berlian. Sebelum cubic zirconia dijual di pasaran awal 1970an zircon tanpa warna banyak digunakan sebagai pengganti batu berlian sehinga banyak orang beranggapan zircon adalah batu palsu. Kini CZ adalah tiruan batu berlian yang paling populer menggantikan zircon tanpa warna.

Batu zircon yang tak berwarna jika diserdi faset lalu bisa dijadikan seperti intan matura. nama intan matura ini diambil dari nama tempat di SriLanka dimana mereka ditambang. Oleh karena itu orang harus berhati-hati membeli intan jangan sampai keliru membeli zircon matura. Batu zircon adalah batu yang amat cocok untuk dijadikan sebagai pengganti intan asli, selain kilauan atau pantulannya yang tinggi, warnanya yang mirip intan, membuat batu ini hampir tidak bisa dibedakan dan membuat banyak orang tertipu sekaliguspun penjualnya.

Penghasil zircon terbesar adalah Thailand, Srilanka dan Kamboja. Namun zircon juga ditemukan di Myanmar, Vietnam, Tanzania, Perancis dan Australia. Bangkok merupakan pusat pengasahan dan pemasaran zircon terbesar di dunia.

Kegunaan atau manfaat

Batu zircon dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain membuat hati tetap tenang, menyembuhkan insomnia, mencegah iri hati, mengusir ilmu hitam dan memberi rasa kepuasan hati.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan

Dalam dunia astrology atau perbintangan batu zircon adalah batu untuk orang yang lahir di bulan Desember (selainbatu turquoise dan batu lapis lazuli) dan batu ini dihubungkan dengan zodiac Sagittarius.

 

 

Batu Tourmaline

Batu tourmaline sering disebut sebagai batu bunglon karena batu tourmaline beraneka ragam warnanya termasuk hitam dan putih namun yang paling dikenal biasanya yang berwarna merah muda. Ada pula yang terdapat beberapa macam warna sekaligus seperti warna pelangi. Batu tourmaline bukan hanya indah warnanya tapi juga dipercayai dapat menstimulasi imajinasi. Jika dipanaskan warna batu ini akan berubah-ubah dan akhirnya akan menjadi suram dan kilauannya yang bening seperti kaca akan hilang. Batu tourmaline juga sering disalah-sangka sama yang melihatnya, dia bisa dikira batu safir karena warnanya yang biru, dia bisa merupai batu zamrud karena warna hijau seperti zamrut juga ada di batu tourmaline, “rubellite” (nama untuk tourmaline warna merah atau merah muda) juga sering dikira batu mirah. Batu tourmaline yang berwarna hijau dan merah sangat jarang.

batu permata toumaline

Batu permata toumaline

batu permata toumalineNama-nama batu tourmaline dikategorikan sesuai dengan warnanya:

    • Warna merah dan pink = rubellite

    • Warna biru = indicolite / indigolite

    • Warna hijau = verdelite

    • Warna kuning = dravit

    • Warna hitam = schorl

    • Tak berwarna = achroit

Batu tourmaline memiliki gabungan chemical dari boron, silicate dan alumunium. Warna indah dari batu tourmaline ini kebanyakan berasal dari chrome, besi, vanadium dan manganese, bisapun tembaga. Komposisi batu tourmaline ini termasuk ribet, kompleks dan tidak mudah dimengerti. Batu tourmaline mempunyai nilai keras 7.5 berdasarkan daftar keras Mohs membuat batu tourmaline termasuk ke dalam batu mulia, mereka menempati di urutan ke lima setelah batu intan, corundum, chrysoberyl dan topaz.

Orang Cina sering memadukan batu tourmaline dengan batu giok (jade) untuk sebuah perhiasan. Salah satu ciri khas dari batu tourmaline adalah jika digosok dengan tangan maka batu itu akan menjadi magnetis dan akan menarik benda-benda kecil seperti potongan kertas atau gabus.

Batu tourmaline banyak ditemukan di Brazil, California, Pakistan, Afghanistan, Afrika Timur, Madagascar, Srilanka dan Rusia.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan:

Batu tourmaline dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan Oktober dan pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 8. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu tourmaline dihubungkan denganzodiac Libra dan Scorpio.

 

 

Batu Kinyang Asap (Smoky Quartz)

Batu kinyang asap (smoky quartz) tergolong batu-batu dari keluarga kuarsa. Warnanya dari cokelat sampai hitam dan warna batunya kelihatan seperti diselimuti asap (smoky). Warna batu kinyang asap dipercayai disebabkan oleh irradiasi alami atau oleh manusia. Seperti anggota anggota batu kuarsa lainnya batu ini mempunyai nilai keras 6-7 dalam daftar Mohs. Batu kinyang asap juga sering ditemui banyak garis garis tipis seperti rambut atau jarum kecil yang berwarna emas atau kuning kemerahan di dalamnya, garis garis tersebut terbuat dari titanium dioxide. Batu-batu ini amat digemari oleh orang-orang Skotlandia dan batu ini juga dijadikan batu nasional negara Skotlandia. Batu kinyang asap ini dapat ditemukan di berbagai belahan bumi, tetapi yang paling sering ditemukan di Skotlandia, Colorado, Brazil, Afrika dan Switzerland.

Batu Kinyang Asap

Batu Kinyang AsapAda 3 jenis batu kinyang asap:

1. Cairngorm: Jenis batu kinyang asap yang berwarna kuning kecokelatan atau abu-abu kecokelatan yang berasal dari gunung Cairngorm di Skotlandia (sesuai dengan namanya).

2. Morion: Jenis batu kinyang asap yang berwarna cokelat gelap sampai hitam, warnanya agak kabur atau pudar.

3. Coon Tail: Jenis batu kinyang asap yang namanya diberikan dari ekor binatang raccoon (hewan yang menyerupai tupai), dikarenakan batu ini warnanya belang hitam dan abu-abu seperti ekor binatang tersebut.

Kegunaan atau manfaat

Batu kinyang asap dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain;
1. Jika dipakai akan mengusir hawa hawa negatip dari pemiliknya.
2. Mengurangi rasa depresi dan memberikan ketenangan.
3. Memberikan dampak bagus untuk “akar” chakra yang letaknya di dasar tulang belakang. Ginjal, kelenjar adrenalin, usus, tulang dan kaki.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Dalam dunia astrology atau perbintangan batu kinyang asap dihubungkan dengan zodiac Capricorn dan Sagittarius.

 

 

Batu Lapis Lazuli (Batu Nila, Lazuardi atau Akik Lapis)

Batu lapis lazuli adalah batu mikro-kristal yang terdiri dari lazurite (25%-40%), alumunium, sodium dan pyrite. Karena batu ini terbuat lebih dari satu mineral, batu ini lebih dianggap sebagai ‘batu’ daripada sebuah ‘mineral’. Batu yang langka ini juga sering mengandung calcite (putih) dan sodalite (biru). Batu lapis mempunyai nilai keras 5-5.5 berdasarkan daftar keras Mohs, tidak begitu keras maka dari itu gampang lecet atau tergores jika terbentur barang barang yang tajam dan lapisan pelingdung batu ini bisa larut atau terkikis jika terkena air.

Batu ini juga tidak boleh terkena bahan bahan pelarut atau bahan kimia berbahaya lainnya. Salah satu cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan kain lembut yang kering. Batu lapis lazuli di Indonesia diberi nama batu nila, lazuardi, atau batu akik lapis. Batu Lapis Lazuli (atau biasa disebut juga ‘lapis’ ) berasal dari kata latin “lapis” yang berarti batu, dan bahasa persia “lazhward” yang berarti biru. Batu lapis berwarna biru dan batu ini sering di cat untuk meningkatkan warnanya, batu lapis juga sering dipalsukan dengan memakai batu cat dari batu jasper. Pemahat atau pengukir batu lapis harus menggunakan pelindung untuk mencegah terkenanya zat silica pada paru paru.

Batu lapis lazuli adalah batu mikro-kristalSejak 6000 tahun silam lapis lazuli sudah ditemukan di Afghanistan bagian utara tepatnya di SAR-E-SANG, lembah terpencil di Badakshan yang kemudian diekspor ke Mesir dan Sumeria (Irak) pada awal peradabannya. Hingga kini daerah ini masih menghasilkan batu lapis lazuli kualitas terbaik. Batu ini disebut dengan nama ultramarine pertama kali diperkenalkan di Eropa.

Orang Mesir Kuno, Yunani dan bangsa Romawi tidak hanya menggunakan batu lapis sebagai perhiasan tetapi juga sebagai penghias kecantikan. Lapis lazuli ditumbuk sangat halus dan dipakai sebagai eye shadow dan juga sebagai pigmen ultramarine untuk lukisan. Kini batu lapis lazuli sangat diminati sebagai perhiasan lelaki, hiasan jam tangan, kotak perhiasan dan barang-barang seni lainnya selain dibuat kalung yang berbentuk manik-manik. Selain di Afghanistan lapis lazuli juga dihasilkan di Argentina, Kanada, Amerika, Pakistan, Siberia dan Chile, namun kualitasnya kalah dibandingkan dengan batu sejenis asal Afghanistan karena mengandung banyak mineral Calcite.

Kegunaan atau manfaat

Batu lapis lazuli dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain;

    • 1. Membawa keberuntungan, dipakai sebagai batu hoki.

    • 2. Menyembuhkan penyakit cacar (biasanya dijadikan kalung).

    • 3. Dipercayai oleh orang Roma sebagai obat perangsang.

    • 4. Meningkatkan keberanian dan menghilangkan rasa takut.

    • 5. Meningkatkan rasa percaya diri.

    • 6. Memberi peringatan akan ancaman bahaya terhadap pemakai (warnanya akan berubah).

    • 7. Menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan kepala seperti pusing pusing, penyakit sinus dan masalah kemampuan berbicara.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikaha: Batu lapis lazuli dijadikan batu khusus untuk pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 7 dan yang ke 9. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu lapis lazuli adalah batu tradisional untuk orang yang lahir di bulan Desember dan batu lapis dihubungkan dengan zodiac Libra.

 

 

Batu Malasit atau Batu Biduri Pandan

Sejak 3000 tahun sebelum Masehi, Malachite telah dikenal dan ditambang di Mesir dan Israel. Di Indonesia batu ini dinamakan batu biduri pandan. Selain digunakan dalam perhiasan batu ini juga ditumbuk untuk dijadikan sebagai pelengkap kecantikan seperti eye shadow atau sebagai pigmen warna lukisan. Batu ini indah dan tidak terlalu mahal, banyak juga digunakan sebagai kalung manik-manik, mosaic, kotak dan jam tangan.

Batu Malasit atau malachite atau Biduri Pandan

Pemahat atau pengukir batu biduri pandan ini harus menggunakan pelindung karena zat tembaga yang dikeluarkan batu ini saat ditumbuk amat beracun jika dihirup. Saat ini Zaire adalah penghasil utama malachite selain Rusia, Inggris, Amerika, Zambia, New Mexico, Arizona, Namibia dan Australia. Batu ini sangat digemari di Eropa terutama di negara Rusia.

Malachite sangat mudah dikenali karena hanya berwarna hijau dengan ciri bergaris-garis, hijau tua sampai hijau hitam, ada juga kadang yang mirip hijau zamrud. Warna hijau dalam batu malasit atau batu biduri pandan ini disebabkan oleh unsur tembaga (60% bahkan lebih).

Kadang Malachite juga ditemukan dalam bentuk gabungan bersama mineral tembaga lainnya berwarna biru azurite, dan terbentuklah azurmalachite. Karena memiliki tingkat kekerasan yang rendah (3.5-4 dalam daftar keras Mohs) maka malachite mudah pecah dan tergores, peka terhadap panas, air keras dan ammonia.

Kegunaan atau manfaat

Batu malachite dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain:
1. Menenteramkan hati dan menolak penyakit-penyakit menular tertentu.
2. Membawa keharmonisan dan kestabilan dalam hubungan.
3. Membawa keberuntungan dalam bisnis.
4. Meningkatkan keuatan mental.
5. Bagus untuk mengatasi penyakit perut, paru-paru, ginjal dan hati.
6. Dapat menyembuhkan asma, sambungan tulang yang bengkak, arthritis, tumor dan otot.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan: Batu malasit dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 13. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu biduri pandan dihubungkan dengan zodiac Capricorn dan Scorpio.

 

 

Batu Mata Harimau atau Tiger Eye

Batu mata harimau dikenal dengan batu chatoyant yang paling popular (chatoyant artinya bisa memantulkan sinar atau cahaya yang beraneka ragam), warnanya aslinya kuning, ada juga yang berwarna merah tua berkilau seperti emas dan dasar garis-garisnya seperti harimau loreng. Warna garisnyapun beda-beda, ada yang kuning muda (dinamakan mata harimau) dan ada juga yang warna putih (disebut mata garuda).

batu mata harimau

Pantulan warna warni yang berasal dari batu ini disebabkan oleh lapisan lapisan seperti serat yang banyak dan tipis sehingga setiap cahaya yang masuk dipantulkan oleh lapisan yang berbeda. Untuk bisa melihat ini, batu mata harimau dibuat atau dirubah menjadi bentuk cabochan karena dalam bentuk inilah batu ini bisa memaksimalkan pantulannya.

Batu mata harimau berasal dari keluarga batu kuarsa (quartz) maka dari itu semua batu kuarsa seperti batu akik (agate), batu akik bawang (chrysoprase), batu kalsedon, batu kinyang asap (smoky quartz) mempunyai nilai keras 7 dalam daftar Mohs, begitu juga batu mata harimau. Batu mata harimau berasal dari mineral crocidolite, mineral yang warna aslinya biru dan teroksidasi menjadi cokelat keemasan dan lama kelamaan menjadi batu kuarsa.

Batu yang setengah jadi dalam proses silicification dan batunya masih berwarna kebiruan disebut Hawk’s Eye atau batu mata garuda. Batu mata harimau yang berwarna merah disebabkan oleh pemanasan dan batu mata harimau berwarna madu sering dijadikan sebagai batu mata kucing (batu chrysoberyl yang harganya lebih mahal dan batunya lebih keras) untuk menipu pembeli. Fiber optic glass yang diproduksi dalam berbagai warna adalah cara yang paling banyak digunakan untuk me-imitasikan batu mata harimau.

Batu mata harimau dapat ditemukan di Burma, Australia, Amerika dan India, tapi yang paling bagus biasanya berasal dari Afrika Selatan.

Kegunaan atau manfaat

Batu mata harimau dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain;
1. Mempunyai pengaruh bagus untuk kesehatan mata.
2. Mencegah kecanduan alkohol, tembakau dan zat stimulan lainnya.
3. Menyembuhkan penyakit perut tertentu seperti pencernaan, empedu atau luka.
4. Melindungi pemilik dari binatang buas ketika berada di hutan belukar, oleh karena itu pengawas hutan jati banyak membawa batu ini.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan: Batu mata harimau dijadikan batu khusus untuk pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 9. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu mata harimau dihubungkan dengan zodiac Gemini.

 

 

Batu Obsidian

Batu obsidian sebenarnya bukan batu tambang melainkan sejenis batu lahar yang dimuntahkan dari kawah gunung api. Batu obsidian sebenarnya bukanlah batu atau mineral, melainkan kaca natural yang terbentuk dari hasil pendinginan lahar gunung berapi yang cepat, karena proses pendinginannya terlalu cepat maka jarang terjadi pembentukan kristal di dalamnya, jadi tidak ada struktur kristal di dalam batu obsidian seperti batu mineral lain.

Batu Pertama ObsidianWarnanya bening seperti kaca dan warnanya kadang-kadang hitam mulus, merah tua, agak hijau atau abu-abu. Batu ini jarang yang berwarna kuning atau merah putih atau biru. Batu obsidian sering ditemukan dalam keadaan mengkilau mulus walaupun belum dipoles. Batu obsidian terbuat dari 70% silicon dioxide bahkan lebih dan jika tercampur mineral mineral tertentu warnanya akan berubah. Batu obsidian mempunyai nilai keras 5-5.5 berdasarkan daftar keras Mohs dan termasuk batu mulia tanggung.

batu obsidianPada zaman batu, batu obsidian adalah batu favorit yang dipakai untuk membuat senjata dan sampai sekarang batu ini masih dijadikan sebagai alat alat bedah. Batu obsidian pertama kali ditemukan oleh obsidius maka dari itu nama batu ini berasal dari namanya. Batu obsidian dapat ditemukan di Jepang, Hawaii, Iceland, Mexico, Hungary, Guatemala, Ecuador, New Mexico dan Arizona.

Kegunaan atau manfaat

Batu obsidian dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain;
1. Menyembuhkan penyakit yang terdapat di area sirkulasi darah.
2. Menghilangkan penyumbatan proses penyembuhan.
3. Meningkatkan kebijaksanaan dan kekuatan.
4. Di Itali, Perancis dan Belanda batu ini dipercayai sebagai jimat pengusir roh jahat yang harus dimiliki di tiap rumah.
5. Orang juga percaya siapa yang pake batu ini akan mempunyai kekuatan gaib dan dirinya akan terlindungi dari penyakit kulit.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan: Batu obsidian dijadikan batu kelahiran Desember. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu obsidian dihubungkan dengan zodiac Sagittarius.

 

 

Batu Oniks (Onyx)

Batu oniks atau onyx yang tergolong batu-batu kuarsa ada tiga macam. Yang berwarna hitam dan dasarnya putih disebut batu oniks biasa, yang berwarna merah dan dasarnya putih dinamakan karneol onyx, sedangkan yang merah tua dan dasarnya putih diberi nama sardonyx. Biasanya batu oniks atau onyx di buat menjadi bentuk cabochon dan kebanyakan warna dari batu ini telah dihasilkan lewat proses pemanasan atau kimia dan amat sulit untuk dibedakan sehingga pembeli maupun penjualnya pun banyak yang tidak bisa membedakan mana yang alami dan mana yang tidak.

Batu Oniks (Onyx)Batu oniks mempunyai nilai keras 7 dalam daftar Mohs, walaupun batu ini keras tapi juga mudah tergores atau lecet jika terbentur dengan keras.

Kegunaan atau manfaat

Batu obsidian dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain:
1. Batu yang dianjurkan untuk penyakit ginjal dan hati.
2. Batu oniks hitam mampu merubah kebiasaan buruk si pemakai.
3. Menjadikan pemakai jago dalam berbicara.
4. Mengurangi stress dan memberikan tidur yang nyenyak.
5. Mampu meredam rasa cinta dan nafsu yang berlebihan.
6. Membantu atau mempercepat pertumbuhan kulit, kuku dan rambut.
7. Mengusir hawa negatip, meningkatkan kecerdasan dan inspirasi spiritual.

Gadis-gadus yang mengenakan memakai batui ini akan terlindungi kehormatannya dan setidaknya insyaf untuk tidak mencemarkan dirinya. Apabila orang membuat cincin cap dengan batu oniks, dia akan suka berkelahi, suka mencari perkara dan dapat menimbulkan perceraian rumah tangga. Jadi batu ini mempunyai khasiat yang tidak tentu bagi pemakainya.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan: Barang siapa yangg lahir antara 21 desember-20januari  (golongan capricon) dan 21 jul- 20 agustus (leo) dikala masih anak2 jika dikalungi batu onik dipercaya akan cepat tumbuh dan terhindar dari bermacam2 penyakit.

Batu obsidian dijadikan batu kelahiran Februari dan batu hadiah pernikahan yang ke 7. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu obsidian dihubungkan dengan zodiac Leo.

 

 

Batu Sardoniks (Sardonyx)

Batu sardoniks atau sardonyx adalah batu onyx yang berwarna merah tua atau cokelat kemerahan dan dasarnya berwarna putih. Di Indonesia batu ini juga disebut dengan batu akik lapis. Mungkin batu sardoniks yang paling terkenal adalah batu sardoniks yang dijadikan cincin yang terdapat ukiran gambar ratu Elizabeth I, ratu tersebut kemudian memberi cincin itu kepada kekasihnya The Earl of Essex sebagai hadiah dan kenangan.

Batu Sardoniks (Sardonyx)

Khasiatnya batu sardoniks dapat membawa kegembiraan dan peduli akan reputasi dan harga diri. Orang Mesir dulu suka mengukir batu sardoniks dengan semacam kumbang dan memakainya sebagai jimat, orang Romania dahulu memakai batu sardoniks yang diukir dengan pahlawan atau dewa perang seperti Mars atau Hercules Ares untuk meningkatkan keberanian dan menghilangkan rasa takut dalam medan perang.

Menurut kepercayaan kuno, batu sardoniks oranye untuk menstimulasi, batu sardonyx hitam untuk mengusir hawa hawa negatip dan batu sardonyx hijau untuk membersihkan pengaruh negatip. Batu ini juga sering digunakan oleh para pemimpin untuk melancarkan atau menginspirasi orang banyak saat berbicara.

Cara terbaik membersihkan batu sardonyx ialah dengan menggunakan sikat yang lembut dan air sabun hangat. Seperti kebanyakan batu mulia lainnya, batu sardoniks juga tidak boleh terjemur atau terkena hawa yang panas dan jauhkan dari bahan bahan kimia yang bisa menghancurkannya. Batu sardoniks dapat ditemukan di Jerman, Brazil, Czechoslovakia, Mexico, Amerika, Rusia, India dan Afrika.

Batu ini dipercayai bagus buat orang kelahiran virgo dan batu ini dijadikan sebagai batu alternatif untuk batu kelahiran Agustus. Batu sardoniks juga digunakan sebagai batu hadiah pada ulang tahun pernikahan yang ke 10.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 komentar:

 

Kumpulan Aplikasi Lengkap Komputer,Handphone dan Pengetahuan Pendidikan Published @ 2014 by Ipietoon