Laman

Rabu, 11 Maret 2015

TUGAS PEMANTULAN GELOMBANG SMA NEGERI 1 AMALI

 
A.    Pemantulan gelombang (Refleksi)  ; misalnya  gelombang cahaya yang merambat di dalam udara akan dipantulkan oleh bidang batas antara udara dan air atau oleh bidang batas udara dan cermin/kaca.
Misalnya, muka gelombang sinar matahari, yang tiba di Bumi merupakan bidang datar.
B.     Pembiasan Gelombang : Cepat rambat cahaya di udara lebih besar daripada cepat rambat cahaya di dalam air, misalnya pembiasan gelombang laut pada saat gelombang laut bergerak dari tengah laut menuju tepi pantai. Mula-mula gelombang laut merambat melalui air laut. Ketika mendekati garis pantai, permukaan laut akan  semakin dangkal terlihat dan pada saat gelombang itu memasuki bagian laut yang dangkal, maka laju gelombang akan menjadi berkurang. Berkurangnya laju gelombang laut mengakibatkan terjadinya pembelokkan arah perambatan gelombang (gelombang laut dibiaskan). Sehingga berkurangnya laju gelombang laut ketika memasuki bagian laut yang dangkal menyebabkan gelombang laut dibelokkan hingga sejajar garis pantai.
C.    Interfrensi gelombang : Misalnya Pada gelombang tali, jika dua buah gelombang tali merambat berlawanan arah, saat bertemu keduanya melakukan interferensi. Setelah itu, masing-masing melanjutkan perjalanannya seperti semula tanpa terpengaruh sedikit pun dengan peristiwa interferensi yang baru dialaminya.
D.    DIFRAKSI GELOMBANG : Makin kecil panghalang dibandingkan panjang gelombang dari gelombang itu, makin besar pembelokannya,
E.     Dispersi  gelombang :  misalnya sinar cahaya putih yang jatuh pada salah satu sisi prisma, cahaya putih tersebut akan terurai menjadi komponen-komponennya dan spektrum lengkap cahaya tampak akan terlihat.
F.     Polarisasi Gelombang : misalnya jika Sebuah gelombang tali mengalami polarisasi setelah dilewatkan pada celah yang sempit. Arah bidang getar gelombang tali terpolarisasi adalah searah dengan celah.


Reaksi:

0 komentar: