Senin, 30 September 2013

Download Aplikasi PAS-SMA (Paket Aplikasi Sekolah) untuk Sekolah Menengah Atas)

 Download Aplikasi PAS-SMA (Paket Aplikasi Sekolah) untuk Sekolah Menengah Atas)
 
PAS-SMA (Paket Aplikasi Sekolah  – Sekolah Menengah Atas) adalah program komputer yang dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan SMA yang ditujukan kepada sekolah untuk membantu pelaksanaan  ICT Based School Management.

PAS- SMA atau yang sering disebut PAS saja, mempunyai cakupan cukup luas, mulai dari pengelolaan PSB, Kesiswaan, Kurikulum sampai dengan keuangan. Sebegitu besarnya,
sehingga diperlukan pemahaman yang baik mengenai alur pengisian data ketika mengimplementasikannya di sekolah.

PAS (Paket Aplikasi Sekolah) SMA adalah sebuah aplikasi untuk untuk mengolah data di sekolah, software ini di berikan oleh gratis oleh Depdiknas, software ini lengkap dan bagus untuk admistrasi sekolah. 

Program ini bisa digunakan baik oleh sekolah SMA Negeri Atau Sekolah SMA Swasta, Program ini di rekomendasikan oleh Departemen Pendidikan untuk memanagement sekolah dengan IT.

Aplikasi aplikasi yag diterapkan dalam Software PAS SMA adalah sebagai berikut :

Data Referensi Sekolah
Data Referensi dalam sistem ini adalah data-data yang akan mendukung data master. Data Referensi  merupakan data  yang dinamis yang dapat  diubah atau  diganti. Yang termasuk Data Referensi adalah Data Administrasi Sekolah, Referensi Tingkat Sekolah, Referensi Periodikal.

Data Referensi karakter pengisiannya dapat bolak-balik, artinya ketika kita sedang berada ditengah atau di akhir sebuah Tahun Ajaran kemudian data referensi yang kita butuhkan belum tersedia maka kita dapat kembali ke menu awal referensi untuk menambahkan.  Dalam membangun Database PAS, Data Referensi inilah yang pertama kali harus diisikan.

Data Master 
Sekolah
Data Master adalah Data pokok didalam  sistem ini. Data Master terdiri dari Data Kepegawaian, Data Kesiswaan, Data Kurikulum. 

Data Master karakter pengisiannya harus runut,   artinya harus sudah ada data acuannya ( data Referensinya sudah diisi). Maka Data master ini urutan pengisiannya setelah Data Referensi selesai diisikan.

Data Transaksional Sekolah
Data Transaksional adalah data pencatatan transaksi akademik yang berjalan ketika PAS sudah  operasinal. Data Transaksional mengacu pada Data Master dan Data Referensi. Data Transaksional meliputi Data perpindahan siswa, Data perilaku Siswa, Data Pembayaran Siswa, Data Nilai Siswa, dll. 

Data Transaksional karakter pengisiannya juga harus runut, artinya sudah ada acuan data Referensinya dan juga Data Masternya. Misalnya untuk dapat mengisi Data Nilai Siswa, maka data Referensi Hari belajar, Jadwal Pelajaran, Penugasan Guru Mengajar sudah harus diisi, kemudian Data Master berupa Data Guru dan Data Siswa juga harus sudah diisi.  Jadi Data Transaksional dapat diisi setelah Data Referensi dan Data Master sudah diisi.
Download PAS  SMA (paket aplikasi sekolah)
Tampilan Menu Login PAS SMA
Untuk Login
Untuk User Name PAS SMA : pas
Untuk Password PAS SMA : sma
Jika belum punya aplikasi ini silahkan download di bawah ini

0 komentar:

 

Kumpulan Aplikasi Lengkap Komputer,Handphone dan Pengetahuan Pendidikan Published @ 2014 by Ipietoon