Laman

Senin, 21 Desember 2015

Verval PD data kemdikbud dari Dapodik

  

 Pada kesempatan ini saya akan memposting bagaimana cara melakukan Verval PD untuk siswa baru dalam pengajuan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).

Kenapa harus melakukan Verval PD? Verval PD merupakan cara dalam pengajuan NISN bagi siswa baru, NISN merupakan nomor unik yang dimiliki setiap peserta didik dimulai dari jenjang sekolah dasar dan merupakan nomor unik yang berlaku untuk selamanya.

NISN sangat berguna bagi siswa, mulai dari pengajuan Beasiswa,, syarat pendaftaran ujian sekolah, syarat mendaftar ke jenjang yang lebih tinggi dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pendidikan. Jadi Verval PD merupakan syarat wajib bagi sekolah dalam mengajukan NISN bagi anak didiknya.

Langkah-langkah :

  1. Masukkan alamat http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ atau klik Disini sehingga nanti akan muncul gambar dibawah ini. 
    OPS Indonesia


  2. Masukkan Username dan Password untuk login di Aplikasi Dapodik. Sehingga muncul gambar seperti ini.
    OPS Indonesia


  3. Setelah masuk pilih menu Residu. Lihat gambar dibawah ini. 
    OPS Indonesia


  4. Klik nama siswa yang ingin anda Verval, maka akan muncul kotak pencarian di paling bawah halaman, jika hingga pencarian ke 5 data tidak ada yang sesuai di kotak pencarian tersebut, klik Not Match maka siswa tersebut akan secara otomatis berpindah pada tab menu Referensi dan otomatis siswa tersebut mendapatkan NISN.

  5. Jika pada kolom pencarian di temukan, berilah tanda centang pada kotak kecil di sebelah kiri nama siswa, dan selanjutnya anda klik Match dan sama, siswa tersebut secara otomatis berpindah pada tab menu Referensi dan siswa tersebut juga mendapatkan NISN.


Selamat Bekerja

Reaksi:

0 komentar: