Kamis, 12 Januari 2012
KapanLagi.com - Gadget Indonesia
Gadget Indonesia
Jika dilihat dari luar, sekilas memang tidak ada yang berbeda dengan seri sebelumnya. Dell sama sekali tidak mengganti nama, hanya membubuhkan huruf R di belakangnya. Lalu apa yang berbeda dari Dell Inspiron R? lain tidak karena seri 'R' ini dilengkapi dengan teknologi terkini yang ada dalam dunia komputasi mobile.
Display
Diagonal yang dimilikinya adalah 14 inci dengan resolusi maksimal 1366 x 768. Komposisinya wide, nyaman digunakan untuk menyaksikan film. Kualitasnya cukup tajam, jika merasa terlalu terang, Anda bisa mengatur brightness, sesuaikan dengan kondisi ruangan dan keperluan Anda.
Dell Inspiron 13R
Affordable Price
Dell Inspiron adalah kelas notebook dari Dell yang memang ditujukan untuk kelas consumer. Harganya? tentu saja terjangkau. Jika ada pepatah harga tidak pernah bohong, believe it or not itu tidak berlaku pada Inspiron R. Pasalnya, dengan harga yang kurang dari Rp.8 Juta, Anda bisa mendapatkan banyak fitur dan tentu saja sebuah notebook dengan teknologi terkini.
Flashy Design
Sebelum mengulas bagian dalam, kita tengok dulu casing yang digunakan Inspiron R. Dari segi estetika, Dell menampilkan kemasan yang lebih glossy dari seri pendahulunya. Kebetulan yang kami uji berwarna biru. Poleesan glossy tidak hanya pada casing saja, frame yang mengitari panel layar diberi sentuhan glossy, tidak ketinggalan panel yang mengitari keyboard. Elegan dan berkelas untuk sebuah notebook kelas consumer.
High End Features
Lalu fitur-fitur apa saja yang dimiliki oleh Inspiron R?. Pertama, prosesor yang dimilikinya adalah generasi terbaru dari Intel, Core i5 dengan kecepatan 2.27 GHz. Sementara memori yang digunakannya sangat bertenaga dengan clock 4 GB. Untuk kartu grafis, Inspiron R mengandalkan ATI Mobility Radeon HD 5470, tidak bisa maksimal ketika bermain game dalam modus high quality memang, tapi sangat membantu ketika Anda harus mengolah gambar.
Dell Inspiron 13R
Better Keyboards
Biasanya salah satu cara untuk memotong cost dari produksi sebuah notebook adalah dengan menurunkan kualitas keyboard dan trackpad. Itu pernah terjadi pada seri Inspiron sebelumnya. Di mana ketika mengetik, panel keyboard seolah membenam ke dalam, tidak membal. Trackpad pun cenderung tidak responsif. Untungnya, hal itu tidak terjadi pada Inspiron R. Panel keyboard sangat nyaman, jauh lebih baik dari Inspiron lama. Tiap tombol memberikan efek membal yang memudahkan saat kami mengetik. Trackpad memiliki gesture yang cukup kasar dengan fitur multi touch.
Port
Dell melakukan reposisi keberadaan port di Inspiron R. Port untuk power tidak lagi berada di samping, melainkan pindah ke bagian belakang bersebelahan dengan port VGA out. Pada panel kanan terdapat dua buah port USB 2.0, jack untuk Audio (Microphone dan Speaker), sebuah port untuk koneksi LAN dan slot card reader untuk memory card jenis SD. Sementara di panel kiri tersisa dua port, yaitu sebuah port USB 2.0 dan port HDMI.(Gadget/roc)
SPECIFICATIONS
Processor:Intel Core™ i5 processors
Operating System:Windows 7 Home Premium
Memory:4 GB
Graphics:ATI Mobility Radeon HD 5470
Display:14.0" 1366x768 Widescreen HD WLED, Glossy Display with TrueLife
Audio:4-Watt (2 x 2W) High Definition Audio, 2.0 Stereo Speakers with SRS Premium Sound
Hard Drives:320 GB
Optical Drive:No
Battery:6 cell Lithium Ion
Camera:1.3 Megapixel
Dimension:13.50" x 1.20" x 9.69
Weight:2.25 kg
WiFi:802.11 b/g/n
Bluetooth:Standard Dell™ Wireless 365 Bluetooth Internal (2.1+EDR)
Ports:3 USB 2.0, HDMI, VGA Out, LAN, AC Adapter, Audio jack, Card Reader
Verdict
Plus:
  • Affordable
  • Desain glossy
  • Prosesor terkini
Minus:
  • Casing material dari plastik

0 komentar: