Sabtu, 04 Februari 2012

Belajar Jaringan dengan software Simulasi

Apabila kita ingin belajar jaringan selain teori, yang kita butuhkan agar kita cepat bisa yaitu dengan langsung praktek. Tapi bagaimana caranya agar kita dapat mempraktekkan teori yang telah kita pelajari sebelumnya hanya dengan satu komputer yang kita miliki. caranya yaitu dengan menggunakan software2x simulasi jaringan. apa saja software2x simulasi jaringan tersebut diantaranya yang pernah aku coba yaitu:
Packet Tracer
Software buatan “Cisco Systems, inc” ini pertama kali aku liat keren banget. karena apa saja yang dibutuhkan untuk membangun suatu jaringan ada lengkap disini. Mulai dari Router, Switches, Hubs, Wireless Devices, Bridge, Repeater, AccessPoint, PC, Server, Printer. Cloud untuk WAN Emulation. sedangkan untuk Connections juga ada berbagai kabel sesuai kebutuhan mulai console, Straight through, Cross over, Fiber optic, Phone, Serial. Dengan bantuan software ini anda bisa belajar membuat jaringan Peer to peer, jaringan client server, jaringan Wireless, LAN, WAN, dsb. silahkan anda coba sendiri. Selain itu anda juga dapat melakukan pengujian jaringan dengan “Ping”, Configurasi Router, mengganti Ethernet card pada PC yang ada sesuai kebutuhan, apakah ingin digunakan untuk basic telephone, LAN access dsb.
Boson Netsim
Jika Packet Tracer merupakan software simulasi jaringan, Boson Netsim merupakan Router Simulator yaitu simulasi yang khusus untuk Router. peralatan yang ada disini yang pasti adalah Router, tersedia berbagai Series mulai dari Series 800, 1000, 1600 1700, 2500, 2600, 3600, 4500. Selain Router juga ada Switches tersedia berbagai Series diantaranya Series 1900, 2900, 3500. Untuk Connectornya yaitu Ethernet, Serial, ISDN. Selain itu masing masing pelatan dilengkapi dengan Informasi mengenai Class, Speed, Model. Pokoknya siplah buat anda yang ingin belajar configurasi Router.
Kedua software diatas mungkin dapat anda gunakan sebagai alat bantu untuk lebih meningkatkan kemampuan anda tentang jaringan terutama bagi anda yang ingin menjadi seorang teknisi jaringan.      

source: http://fendix.wordpress.com

0 komentar:

 

Kumpulan Aplikasi Lengkap Komputer,Handphone dan Pengetahuan Pendidikan Published @ 2014 by Ipietoon