Cara Menghapus Virus Shortcut tanpa ANTIVIRUS

Selasa, 14 Februari 2012
Top of Form
Bottom of Form
Cara Menghapus Virus Shortcut tanpa ANTIVIRUS

Sangatlah menjengkelkan jika komputer kita terkena serangan virus . Apalagi sekarang ini yang lagi trend adalah Virus Shortcut. Virus ini termasuk kedalam golongan virus .vbs . Walaupun virus ini tidak begitu berbahaya, namun kita juga harus tetap waspada karena virus ini akan mengakibatkan kerja komputer menjadi berat. Virus ini dengan cara membuat file ” autorun.inf, dekstop.ini, fanny.bmp, thumb.db, serta file shortcut yang berextensi .lnk “ pada setiap drive dan folder. semakin banyak Folder didalam komputer kita, maka akan semakin banyak pula shortcut yang dibuat oleh virus ini.


Langkah-langkah untuk mencegah atau paling tidak menguranginya adalah sebagai berikut ;
1.Matikan terlebih dahulu System Restore pada semua drive ( My Computer, Properties, System Restore , beri centang pada Turn off System Restore on All Drives )
2.Matikan proses “wscript.exe”  ( Task manager. services, wscript.exe, klik kanan pada wscript exe , end process/end process tree )
3.Buka windows explorer , klik menu “Tool” lalu pilih “Folder Option” , selanjutnya pada tab “View” klik “Show hidden files and folders” , hilangkan tanda contreng pada “Hide extensions for known file types” dan hilangkan juga tanda contreng pada "Hide protected operating system files". Klik OK.
4.Klik tombol “Search” , Klik All Files and Folders, Pada bagian Allor part of the file name ketik : Autorun.inf, pada bagian Look in klik “My Computer” , lalu beri centang semua pada bagian More Advanced Options lalu hapus semua file yang telah ditemukan.
5.Setelah Proses pada No. 4 selesai, lakukan proses sama seperti No. 4. Tapi pada kolom Allor Part of the file name di isi dengan Dekstop.ini . Hapus juga file ini.
6.Setelah Proses pada No. 5 selesai, lakukan proses sama seperti No. 4. Tapi pada kolom Allor Part of the file name di isi dengan *.lnk >>>( LNK bukan ink ). Hapus juga file ini. tapi kamu harus hati-hati jangan sampai salah menghapus, Ciri dari shortcut folder yang dibuat oleh virus yaitu ketika kita menunjuk folder tersebut maka akan muncul link dari shortcut tersebut yaitu ke arah windows/system32 , itu adalah shortcut yang harus kita hapus Ini adalah sedikit dari sekian banyak tips yang aku ketahui dapat mengatasi virus shortcut.


0 komentar: