Laman

Minggu, 08 Februari 2015

Materi Kasus Pelanggaran HAM di indonesia



21 Kasus Pelanggaran HAM

1.      .
1984
·         Kasus Tanjung Priok
Kasus tanjung Priok terjadi tahun 1984 antara aparat dengan warga sekitar yang berawal dari masalah SARA dan unsur politis. Dalam peristiwa ini diduga terjadi pelanggaran HAM dimana terdapat rarusan korban meninggal dunia akibat kekerasan dan penembakan.

1990
·         Peristiwa Aceh
Peristiwa yang terjadi di Aceh sejak tahun 1990 telah banyak memakan korban, baik dari pihak aparat maupun penduduk sipil yang tidak berdosa. Peristiwa Aceh diduga dipicu oleh unsur politik dimana terdapat pihak-pihak tertentu yang menginginkan Aceh merdeka.
3.      .
   1991
·         Pembantaian di pemakaman Santa Cruz, Dili terjadi oleh ABRI terhadap peemuda-pemuda Timor yang mengikuti prosesi pemakaman rekannya. Dua ratus orang meninggal.
4.      .
1992
·         Keluar keppres tentang monopoli perdagangan cengkih oleh perusahaan Tommy Soeharto.
·          Penangkapan Xanana Gusmao.
5.      .
1993
·         Pembunuhan terhadap seorang aktivis buruh perempuan, Marsinah pada tanggal 8 Mei 1993.
6.      .
1994
·         Tempo, Editor, dan Detik diberedel, diduga sehubungan dengan pemberitaan tentang pembelian kapal perang bekas oleh Habibie.
·         Kasus terbunuhnya Marsinah, seorang pekerja wanita PT Catur Putera Surya Porong, Jatim
7.      .
1995
·         Kasus Tanah Koja.
·         Kerusuhan di Flores.
8.      .
1996
·         Kasus pembunuhan wartawan koran Bernas Yogyakarta, Faud Muhammad Syafruddin (Udin) pada tanggal 16 Agustus 1996..
·         Sengketa antara penduduk setempat dengan  pabrik kertas Muara Enim mengenai pencemaran lingkungan.
·         Sengketa tanah Manis Mata.
·         Kasus waduk Nipah di Madura, korban jatuh karena ditembak aparat ketika mereka memprotes penggusuran tanah mereka.
·         Kasus penahanan dengan tuduhan subversi terhadap Sri Bintang Pamungkas berkaitan dengan demo di Dresden terhadap Pak Harto yangberkunjung di sana.
·         Kerusuhan Situbondo, puluhan gereja dibakar.
·         Penyerangan dan pemmbunuhan terhadap pendukung PDI pro-Megawati pada tanggal 27 Juli 1996.
·         Kerusuhan anti Kristen di Tasikmalaya. Peristiwa ini dikenal dengan Kerusuhan Tasikmalaya. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 26 Desember 1996.
·         Kerusuhan Sambas Sangualedo. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 30 Desember 1996.
9.      .
1997
·         Kasus tanah Kemayoran.
·         Kasus pembantaian mereka yang diduga pelaku dukun santet di Jawa Timur.
10.  .
1998
·         Kerusuhan Mei di beberapa kota meletus, aparat keamanan bersikap pasif dan membiarkan. Ribuan jiwa meninggal, puluhan perempuan diperkosa dan harta benda hilang. Tanggal 13-15 Mei 1998.
·         Pembunuhan terhadap beberapa mahasiswa Trisakti di Jakarta, dua hari sebelum kerusuhan Mei.
·         Pembunuhan terhadap beberapa mahasiswa dalam demonstrasi menentang Sdang Istimewa 1998. Peristiwa ini terjadi pada 13-14 November 1998 dan dikenal sebagai tragedi Semanggi I.
11.  .
1999
·         Pembantaian terhadap Tengku Bantaqiyah dan muridnya di Aceh. Peristiwa ini terjadi 24 Juli 1999.
·         Pembumihangusan kota Dili, Timor Timur oleh militer Indonesia dan milisi prointegrasi. Peristiwa ini terjadi pada 24  Agustus 1999.
·         Pembunuhan terhadap seorang mahasiswa dan beberapa warga sipil dalam demonstrasi penolakan Rancangan Undang-Undang Penanggulangan Keadaan Bahaya (RUU PKB). Peristiwa ini terjadi pada 23-24November 1999 dan dikenal sebagai peristiwa Semanggi II.
·         Penyerangan terhadap Rumah Sakit Jakarta oleh pihak keamanan. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 21 Oktober 1999.
·         Kasus Ambon
Peristiwa yang terjadi di Ambon ni berawal dari masalah sepele yang merambat kemasala SARA, sehingga dinamakan perang saudara dimana telah terjadi penganiayaan dan pembunuhan yang memakan banyak korban.
12.  .
2000
·         Kerusuhan di Poso.
·         Ledakan bom di Kedubes Filipina dan Malaysia di Jakarta yang menyebabkan meninggalnya beberapa orang dan luka-luka termasuk Kedubes Filipina, Leonides T. Caday.
·          Kasus Dayak dan Madura
Terjadi bentrokan antara suku dayak dan madura (pertikaian etnis) yang juga memakan banyak korban dari kedua belah pihak.
13.  .
2001
·         Kekerasan antara etnis Dayak dan Madura di Kalimantan.
·         Ledakan bom di kawasan Plaza Atrium yang menyebabkan enam orang cedera.
14.  .
2002
·         Ledakan bom di sebuah klub malam di daerah Pantai Kuta, Bali yang menyebabkan 202 orang meninggal dunia dan 300 orang lebih luka-luka. Selain itu, ledakan bom juga terjadi di Pantai Sanur dan Manado, Sulawesi Utara, serta di Mc. Donald’ Makassar yang menyebabkan tiga orang tewas dan sebelas luka-luka.
·          Kasus TKI di Malaysia
Terjadi peristiwa penganiayaan terhadap Tenaga Kerja Wanita Indonesia dari persoalan penganiayaan oleh majikan sampai gaji yang tidak dibayar.
15.  .
2003
·         Pembicaraan damai antara pemerintah Indonesia dan GAM gagal. Akibatnya, militer Indoonesia melakukan serangan ofensif ke kubu gerilya GAM. Darurat militer dilakukan di Provinsi Aceh (2003-2004).
·         Terjadi ledakan bom di depan Hotel Mariott Jakarta, yang menyebabkan belasan orang meninggal dan 152 orang lainnya luka-luka.
·         Kasus Bulukumba yang menyebabkan dua orang meninggal serta puluhan orang ditahan dan luka-luka. Kasus ini berkaitan dengan keinginan PT. London Sumatra untuk melakukan perluasan area perkebunan mereka, tetapi masyarakat menolak upaya tersebut.
16.  .
2004
·         Ledakan bom kembali terjadi di Kedubes Australia di Jakarta yang menyebabkan 5-11 orang meninggal dan ratusan orang lainnya luka-luka.
·         Pembunuhan aktivis HAM yang bernama Munir pda tanggal 7 September 2004  di pesawat Garuda dalam perjalanannya menuju Amsterdam.
17.  .
2005
·         Tiga siswa SMU di Poso yang sedang berjalan ke sekolah dipenggal kepalanya oleh sekelompok orang tidak dikenal. Kekerasan ini merupakan bagian dari konflik beragama yang melanda Poso.
·         Ledakan bom kembali terjadi di Kota Palu yang menyebabkan delapan orang meninggal dan melukai 45 orang lainnya.
·         Bom Bali II
Pengeboman Bali 2005 adalah sebuah seri pengeboman yang terjadi di Bali pada 1 Oktober 2005. Terjadi tiga pengeboman, satu di Kuta dan dua di Jimbaran dengan sedikitnya 23 orang tewas dan 196 lainnya luka-luka.
18.  .
2006
·         Insiden perbatasan Timor  Timur. Tiga penduduk Nusa Tenggara Timur meninggal ditembak oleh polisi perbatasan Timor Timur.
·         Aparat keamanan menembak mati seorang pelajar di Papua dan mencederai dua orang lainnya. Peristiwa ini diduga terkait dengan pengungsian 43 warga Papua ke Australia dua hari sebelumnya.
·         Bentrokan dan penembakan saat aparat TNI, polisi, dan satpam PT. Freeport Indonesia mengusir warga setempat yang melakukan pendulangan emas di Sungai Kabur Wanamon.
·         Tiga petugas polisi dan seorang intel TNI meninggal, serta puluhan orang terluka akibat bentrokan terkait demonstrasi penolakan PT. Freeport Indonesia di depan Universitas  Cenderawasih, Jayapura.
19.  .
2007
·         Insiden Alas Tlogo di Psuruan, Jwa Timur, akibat sengketa tanahantara militer dan petani.
20.  .
2009
·         Peledakan bom di Hotel Mariott Jakarta yang menyebabkan sedikitnya 9 orang meninggal dan beberapa orang lainnya luka-luka.
·         Prita Mulyasari konsumen Rumah Sakit Omni Internasional yang dituduh mencemarkan nama baik melalui media elektronik oleh pihak rumah sakit.
21.  .
2010
·         Penyerangan kantaor HMI di Makassar.
·         Bentrokan terjadi di makam Mbah Priok di kawasan Tanjung Priok, Jakarta. Bentrokan tersebut berujung pada meninggalnya tiga anggota Satpol PP dan ratusan orang lainnya mengalami luka-luka.
·         Kematian Syaifullah, kepala biro Kompas wilayah Kalimantan yang diduga berhubungan dengan pelanggaran hak asasi  karena profesinya di media massa.


Reaksi:

0 komentar: